10 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

mencegah bau mulut saat puasa

Bulan suci ramadan sudah di depan mata dan harus mulai memerhatikan kesehatan gigi untuk mencegah bau mulut saat puasa. Saat menjalankan ibadah puasa melakukan aktivitas sehari-hari tetap harus berjalan sehingga perlu untuk mencegah segala hal yang membuat mood hilang.

Bau mulut biasanya disebabkan oleh bakteri yang bersarang di gigi. Bisa juga karena makanan dan minuman yang memiliki aroma tidak sedap dan bertahan lama menempel di mulut. Seperti jengkol, pete, durian dan masih banyak lagi.

Saat puasa aroma yang tidak sedap dapat mengganggu konsentrasi. Di tengah rasa lapar dan dahaga mencium bau-bau aneh malah membuat pusing dan mual. Tidak lucu deh jika puasa tidak berjalan lancar hanya karena bau mulut.

Bau mulut saat puasa selain membuat orang lain tidak nyaman. Bagi diri sendiri pun membuat tidak bisa bebas bergerak dan berkespresi. Akan muncul banyak kekhawatiran yang mengganggu mood dan kepercayaan diri.

Oleh sebab itu agar puasa tetap nyaman dan aktivitas tetap lancar penting sekali mencegah dan mengatasi bau mulut yang mengganggu.

Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

tips mencegah bau mulut saat puasa

Tidak hanya saat bulan ramadan saja, puasa senin-kamis dan puasa lainnya akan tetap berjalan lancar tanpa khawatir bau mulut jika kita dapat mengatasi dengan baik. Berikut ini 10 cara dalam mencegah bau mulut agar puasa tetap khusu dan aktivitas berjalan seperti biasanya.

Gosok Gigi Mencegah Bau Mulut

Menggosok gigi adalah kegiatan rutin yang wajib kita lakukan minimal dua kali sehari. Dengan gosok gigi akan membunuh bakteri yang bersarang di mulut dan menghilangkan bau dari makanan atau minuman.

Berkumur dengan Mouthwash

Menggosok gigi saja tekadang tidak cukup. Salah satu yang dapat kita lakukan adalah berkumur menggunakan mouthwash. Produk mouthwash mudah didapat di supermarket atau toko dekat rumah.

Berkumur dengan Cuka Apel

Jika tidak ada Mouthwash bisa memanfaatkan cuka apel. Cuka apel ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dari bisa menghilangkan jerawat hingga mencegah bau mulut.

Berkumur dengan Air Garam

Sebelum tidur berkumurlah dengan air garam. Caranya dengan melarutkan satu sendok garam ke dalam satu gelas air hangat. Larutan garam tersebut sebagai antiseptik yang mampu mencegah bau mulut karena bakteri.

Membersihkan Lidah

Mencegah bau mulut bisa dengan membersihkan permukaan lidah. Hal ini karena lidah yang kotor dapat menjadi salah satu penyebab bau mulut. Karenanya penting sekali membersihkan lidah secara rutin.

Menjaga Kesehatan Gigi

Penting sekali untuk menjaga kesehatan gigi dengan rutin membersihkan karang gigi dan rajin menggosok gigi seperti yang sudah tertulis di atas. Gigi sehat adalah yang bebas dari bakteri serta kuman.

Banyak Minum Air Putih

konsumsi air putih dapat mengatasi bau mulut. Air putih mampu meningkatan produksi air liur sehingga mulut terbebas dari bau tidak sedap.

Konsumsi Buah Yang Mengandung Banyak Air

Sama halnya dengan air putih, konsumsi buah-buahn yang mengandung air mampu meningkatan produktivitas air liur. Sehingga saat air liur tercukupi maka akan terbebas dari bau mulut, khususnya saat puasa.

Tidak Meroko

Meroko memang berbahaya untuk kesehatan organ tubuh bagian dalam. Faktanya rook juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Dari rokok dapat membuat mulut kering dan bahan kimia yang terkadung dalam roko dapat menyebabkan peradangan serta infeksi pada gigi dan gusi.

Mengurangi Konsumsi Makanan Manis

Tidak hanya manusia bakteri juga sangat menyukai tempat-tempat yang manis. Sehingga saat makan makanan manis, gula yang terkandung dalam makanan tersebut bisa menjadi sarang bakteri yang mengakibatkan bau mulut.

Kesimpulan

Dari cara mencegah bau mulut di atas, kini tidak perlu resah menjalani hari-hari di bulan suci yang penuh ampunan. Cukup dengan mengontrol asupan makanan yang masuk, mengurangi rokok dan lainnya maka akan terhindar dari bau mulut.

Selalu jaga kebersihan mulut karena tidak hanya untuk mengatasi bau mulut saja melainkan akan terhindar dari berbagai jenis penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri. Selain itu dalam islam menjaga suatu kebersihan adalah sebagian dari iman.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.