Cara Mengatasi Kutu Air Pada Kaki dengan Cepat

cara mengatasi kutu air

Mengatasi kutu air di kaki yang disebabkan oleh infeksi jamur bukanlah perkara sulit. Ada cara cepat agar kutu air tidak mengganggu dan aktivitas kembali normal.

Sebelum membahas cata mengobati kutu air, alangkah baiknya kita pahami dulu penyebab munculnya infekai jamur satu ini.

Penyebab Kutu Air

Kutu air muncul karena adanya infeksi jamur dermatofit. Biasanya kelompok jamur yang membuat munculnya selaput putih di kaki secara langsung yaitu Tricophyton rubrum, Epidermophyton floccosum, dan Trichophyton interdigitale.

Ada juga penularan kutu air melalui benda yang sudah terkontaminasi. Sehingga, kita juga harus lebih waspada terhadap barang-barang yang kita kenakan setiap harinya.

Penyebab kutu air di kaki memang berhubungan erat dengan keseharian kita. Di mana jamur yang menyebabkan masalah kulit kaki ini menyukai tempat yang hangat dan lembap. Tidak heran jika musim hujan perkembangan jamur dermatofit lebih intens.

penyebab kutu air di kaki

Adapun penyebab kutu air di kaki lainnya, yaitu:

  1. Memakai kaus kaki dan sepatu yang basah. Dan, kaus kaki maupun sepatu jarang dibersihkan. Jika kamu sering melakukan ini, segera hilangkan kebiasaan buruk ini karena jamur dermatofit akan berkembang biak di sana.
  2. Kaki yang mudah berkeringat.
  3. Berjalan tanpa alas kaki di fasilitas umum. Sebaiknya ini tidak kita lakukan karena selain jamur, bisa saja ada bakteri lain yang dapat menyebabkan penyakit kulit lainnya.
  4. Mempunyai riwayat diabetes dan mengidap penyakit HIV/AIDS.
  5. Menggunakan barang-barang orang lain seperti handuk.

Dari penyeban di atas, saat mengalami infeksi jamur, maka kita dapat mengatasi kutu air di telapak kaki dengan beberapa cara di bawah ini.

5 Cara Mengatasi Kutu Air Pada Kaki

Jamur dermatofit yang menyebabkan infeksi pada sela jari kaki bisa kita atasi dengan menggunakan obat kutu air langsung sembuh dari Canesten. Selain itu, mengatasi kutu air pada telapak kaki dengan mengubah kebiasaan buruk.

krim canesten anti jamur

Ketika kita tidak aware terhadap kesehatan dan kebersihan, maka infeksi jamur pada kaki akan mudah menyerang. Khususnya aktivitas yang banyak berhubungan dengan air. Oleh sebab itu, penting untuk merawat dan menjaga kebersihan tempat tinggal dan barang-barang yang kita gunakan.

Berikut ini hal yang dapat kita lakukan dalam mengatasi kutu ait pada kaki.

Kamar Mandi Tidak Lembap

Pastikan kamar mandi tidak dalam keadaan lembap. Caranya dengan rajin membersihkan kamar mandi dan kondisi lantai kering setelah kita gunakan.

Rajin Membersihkan Barang

Tidak menggunakan barang-barang dalam jangka waktu terlalu lama, karena jamur akan mudah bersarang di tempat yang lembap.

Tidak Menggunakan Barang Orang Lain

Sebaiknya tidak bergantian menggunakan barang yang memungkinkan bersarangnya jamur dermatofit. Seperti bergantian menggunakan handuk dan sepatu. Termasuk sesama anggota keluarga, sebaiknya masing-masing memiliki barang terpisah.

Mengenakan Alas Kaki di Fasilitas Umum

Ketika berada di fasilitas umum usahakan untuk selalu memakai sandal atau sepatu. Termasuk saat berada di kolam renang umum, harus lebih hati-hati ketika tidak mengenakan alas kaki.

Jaga Pola Hidup

Penderita diabetes dan HIV/AIDS mudah teserang infeksi jamur. Oleh karenanya, penting untuk menjaga pola dan gaya hidup agar kita terhindari dari penyakit tersebut.

Ketika kutu air terlanjur menyerang kaki maka kita bisa menggunakan krim canesten agar tidak semakin memburuk. Biasanya gejala kutu air adalah gatal-gatal dan munculnya selaput putih di sela jari kaki.

Penutup

Mengatasi kutu air di kaki ternyata cukup dengan mengubah kebiasaan sehari-hari. Dan, segera oleskan obat anti jamur saat mengalami infeksi pada kaki yang disebabkan oleh jamur dermatofit ini.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.