Perkuat Finansial Keluarga Bersama Media Ekonomi dan Bisnis Fortune Indonesia

Tomoyo Rin

cara mengatur finansial keluarga

Pandemi Covid-19 mengajarkan aku hal yang sangat berharga dalam memperkuat finansial keluarga. Di mana sangat penting untuk mengatur keuangan dengan baik, agar ada tabungan yang lebih dari cukup ketika dihadapkan pada kondisi yang sangat sulit. Seperti melandanya wabah corona virus sejak akhir tahun 2019.

Pandemi saat ini telah memporak-porandakan perekonomian yang memengaruhi berbagai bidang lainnya serta aktivitas sehari-hari. Dalam penanganan pencegahan penularan Covid-19 beberapa negara menerapkan lockdown dan Indonesia sendiri dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Maret 2020 membuat aktivitas sehari-hari dan pekerjaan menjadi sangat terbatas.

krisis ekonomi finansial keluarga

Dari kebijakan tersebut tidak sedikit yang kena PHK dan para pedagang tidak dapat berjualan di lapak seperti biasanya. Yang terjadi adalah finansial keluarga semakin hari semakin menipis. Terlebih jika ada anak yang tengah sekolah, pengeluaran membengkak karena harus beli kuota internet. Sehingga mau tidak mau harus memutar otak untuk tetap mendapatkan penghasilan, karena bantuan dari pemerintah tidak semua kalangan dapat merasakannya.

Contents

Cara Mengatur Finansial Keluarga

Mengatur keuangan keluarga agar kebutuhan hari ini dan masa depan terpenuhi dengan baik maka perlu manajemen finansial keluarga yang tepat saat mengalokasikan pemasukan untuk berbagai jenis kebutuhan. Dari kebutuhan untuk makan sehari-hari, listrik, menabung, dana darurat, serta investasi harus mendapatkan jatah sesuai pemasukan.

Dalam menghitung pembagian gaji agar kebutuhan pokok dan kebutuhan lain terpenuhi maka bisa menggunakan rumus 50 : 30 : 20. Di mana 50% untuk kebutuhan pokok (makan, listrik, air, gas, transportasi, dan kebutuhan poko lainnya), 30% untuk keinginan (maka di luar, liburan, belanja, dan lainnya), dan 20% untuk menabung/investasi.

alokasi penghasilan finansial keluarga

Pembagian tersebut bisa kita sesuaikan juga dengan mencatat pengeluaran pokok lebih detail. Seperti adanya pengeluaran untuk sewa/cicilan rumah maka bisa pangkas kebutuhan keinginan dari 30% menjadi 20% misalnya. Terpenting pembagian untuk menabung dan investasi porsinya di 20%. Hal ini agar keuangan di masa depan terjaga dengan baik.

Adapun langkah cerdas mengatur keuangan keluarga, adalah:

1. Mencatat Kebutuhan Pokok

Usahakan kita selalu mencatat kebutuhan pokok sehari-hari secara detail. Misalnya berapa ribu yang kita butuhkan untuk makan dalam satu bulan, berapa biaya listrik dan gas yang dikeluarkan. Tujuan dari pencatatan ini adalah untuk memprioritaskan kebutuhan pokok setelah menerima gaji. Jangan sampai di pertengahan bulan kita sudah kehabisan uang karena kesalahan dalam pengeluaran di awal.

2. Memahami Konsep Ingin dan Butuh

Apa yang kita inginkan belum tentu apa yang kita butuhkan. Jika yang diinginkan bukan sesuatu yang mendesak alangkah baiknya kita pertimbangkan dengan matang untuk tidak membelanjakan keuangan tersebut hanya rasa ingin belaka. Sebaliknya, belanjakan keuangan untuk hal yang kita butuhkan. Dengan memahami konsep ini kita bisa menekan gaya hidup yang berlebihan dan membantu finansial keluarga dari minus pengeluaran.

3. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat sangat penting karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari esok. Misalkan ban motor pecah dan mau tidak mau harus ganti yang baru. Dengan dana darurat kita tidak perlu memangkas uang untuk pengeluaran pokok atau untuk menabung. Besarnya dana darurat bisa ambil 10% dari pemasukan.

4. Wajib Menabung

Sisihkan penghasilan untuk menabung setiap bulannya. Tabungan ini akan sangat membantu masalah finansial keluarga di masa mendatang. Di mana kita punya pegangan jika terjadi resesi keuangan. Sehingga selalu pastikan untuk menabung.

5. Investasi

Selain menabung, kita juga bisa membagi penghasilan untuk investasi. Saat ini untuk investasi sangat mudah, bahkan untuk orang awam sekalipun. Banyak hal yang bisa kita pelajari tentang investasi melalui media masa internet seperti Media Ekonomi dan Bisnis Fortune Indonesia.

Finansial Keluarga Semakin Kuat Bersama Media Fortune Indonesia

media ekonomi fortune indonesia

Dalam mengatur keuangan keluarga sangat diperlukan untuk selalu update berita mengenai kondisi perekonomian saat ini. Terlebih dengan akses yang mudah dengan internet yang memadai saat ini, tidak ada alasan untuk kita mengetahui informasi seputar ekonomi dan bisnis.

Siapa tahu dari update informasi mengenai dunia ekonomi dan bisnis kita bisa membuka usaha sampingan dan bisa belajar banyak mengenai investasi. Investasi bisa membantu finansial keuarga di masa mendatang layaknya tabungan.

Fortune Indonesia Media Online Terpercaya

Salah satu media yang saat ini menjadi favoritku dalam mencari berita ekonomi dan bisnis yaitu Fortune Indonesia. Di mana Fortune sudah hadir di New York sejak tahun 1929. Saat itu tengah terjadi “Great Depression” yang merupakan sejarah kelam dunia dengan anjloknya harga saham Amerika. Pun, dengan hadirnya Fortune Indonesia pada Agustus 2021 bermaksud memberikan nafas baru di tengah Pandemi Covid-19.

Selain itu, Fortune Indonesia memiliki harapan yang sama sepertiku yaitu untuk hari esok yang lebih baik. Tamparan keras Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai membuatku sebagai seorang ibu, selau berusaha agar keuangan keluarga hari ini, esok maupun di masa mendatang selalu berada pada kurva hijau. Jangan sampai manajamen finansial keluarga yang buruk membuat keuangan keluarga berada di garis hitam.

Cukup Pandemi Covid-19 membuat kalang-kabut keuangan keluarga. Langkah cerdas yang bisa aku lakukan saat ini selain mengatur keuangan keluarga dengan baik adalah dengan selalu update informasi mengenai ekonomi dan bisnis. Karenanya aku bersyukur dengan hadirnya Fortune Indonesia yang terintegrasi dengan IDN Media.

Fortune Indonesia selain menyuguhkan berita-berita terpercaya, juga akan menghadirkan fortune rankings. Diantaranya Fortune 100, Fortune 40 Under 40, Fortune’s Greatest Leaders, dan lainnya. Sedangkan untuk berita yang bisa kita nikmati saat ini tentang Ekonomi, Bisnis, Keuangan, Teknologi, Syariah, dan informasi lainnya. Menariknya Fortune Indonesia membuka kesempatan untuk kamu yang mau berkarir dengan media ekonomi dan bisnis satu ini.

Alasan Mencari Informasi Finansial Keluarga di Fortune Indonesia

Kenapa harus Fortune Indonesia?

Seperti yang aku sampaikan di atas selain memiliki harapan yang sama dan dapat membantuku dalam mengatur finansial keluarga, berikut ini alasan lain yang membuatku asyik berselancar di Majalah Fortune Indonesia.

kelebihan media fortune indonesia

Aku paling malas jika saat mengunjung media online berita yang muncul hanya sebagian saja dan harus klik dari untuk tahu informasi selanjutnya. Terlebih jika banyak iklan dan mengganggu langsung aku tutup. Visual tayangan artikel di Fortune Indonesia ini hanya satu slide dan iklan yang tidak mengganggu. Membuatku merasa nyaman membaca berita di media yang terintegrasi dengan IDN Media.

Kesimpulan

Mengatur finansial keluarga bukanlah perkara yang mudah. Karena, antara keinginan dan kebutuhan terkadang sulit memisahkannya. Walau begitu, untuk keuangan keluarga yang lebih baik bukan berarti tidak berusaha untuk mulai mengolah manajemen keuanagan dengan baik.

Cara yang aku lakukan saat ini adalah dengan membagi penghasilan sesuai pos-pos dan update informasi mengenai finansial dengan rutin. Terlebih untuk investasi, jadi bisa tahu apa yang sedang trend dan memiliki pasar menjanjikan.

Kalau kamu bagaimana dalam mengatur finansial keluarga setelah dihantam habis-habisan dengan Pandemi Covid-19?

27 pemikiran pada “Perkuat Finansial Keluarga Bersama Media Ekonomi dan Bisnis Fortune Indonesia”

  1. Betul banget tidak mudah mengatur keuangan keluarga, dibutuhkan konsisten dan bisa membedakan mana yg bener2 di butuhkan mana yg hanya karena nafsu pengen atau tergiur diskon

    Balas
  2. Penting banget atur finansial keluarga dari pos-pos rumah tangga ya mbak, Fortune Indonesia sangat membantu buat cari infonya

    Balas
  3. Fortune Indonesia membantu banget buat kita semakin menambah wawasan dan informasi yang berhubungan dengan bisnis dan finansial. Dan, artikel yang disajikan juga akurat dan dapat dipercaya.

    Balas
  4. Pengelolaan keuangan secara baik emang dibutuhkan banget ya supaya pas kita tua nanti bsa hidup nyaman makanya harus rajin2 nih baca informasi sputar keuangan di Fortune Indonesia agar kita tambah pinter lagi dalam manajemen keuangan keluarga kita

    Balas
  5. setuju banget ya Mbak untuk selalu mencatat juga memisahkan mana kebutuhan dan keinginan, bisa-bisa nanti semua dimasukin ke kebutuhan ya padahal ingat aja.
    Syukurnya sekarang udah ada tempat update berita ekonomi dan bisnis dari Fortune Indonesia ini jadi sumber referensi terpercaya ya Mbak, biar finansial kita makin kuat.

    Balas
  6. Cerdak keuangan harus kalau enggak bisa tekor deh. Perempuan sangat dekat dengan ekonomi keuangan ini, makanya harus selektif pilih info dan nambah wawasan dengan bacaan bermutu.

    Balas
  7. mba erin aku juga pake metode 50.30.20 untuk mengatur keuangan keluarga, metode ini bekerja dengan baik di aku sih mba jadi masih terus pake metodenya sampai sekarang sejak menikah 10 tahun lalu.

    nah untuk informasi investasi paling tepat yah mencari informasi di fortune karena selain terpercaya juga update informasinya, senang sekali ada penyegaran media online khusus bisnis dan keuangan di indonesia.

    Balas
  8. Kalau aku mengatasi keadaan sulit di masa pandemi ini dengan cara investasi leher ke atas yang bisa digunakan untuk cari peluang kerja baru mba. Luar biasa ketat banget persaingannya. Tapi yakin rezeki dari Allah akan terus ada selama nafas masih dikandung badan.
    Oh ya ngomong-ngomong soal Fortune IDN, setuju sih aku kalau artikelnya ringkas dan kita nggak perlu bertele-tele klik tombol selanjutnya untuk baca keseluruhan artikel. Nyaman banget bagi aku si ibu rumah tangga yang butuh segalanya serba ringkas dan cepat.

    Balas
  9. Ibu itu juga bisa dikatakan penanggung jawab keuangan keluarga, cem kaya bendahara negara rumah tangga kan ye, mbak…hahaha. Kudu pinter mengelola keuangan dunk tentu saja. Nah agar melek juga berita ekonomi dan bisnis ya Fortune Indonesia bisa jadi andalannya dunk ya, menurutku bahasa ringan gak berat cem kaya bawa beras 20 kg sih, mbak

    Balas
  10. Wah… makasih banyak mbauntuk tips tips memperkuat finansial keluarga. Pandemi ini memang menjadi salah satu “ujian” kita untuk terus bertahan ya. Dan mengatur Finansial Keluarga itu sangat penting banget.

    Balas
    • Waduh soal pengaturan keuangan keluarga ini nih saya masih harus banyak belajar. Masih kurang disiplin. Apalagi soal pencatatan pengeluaran sering loss tak terkontrol.

      Balas
  11. Nah, iya mbak… Informasi terkait bisnis dan ekonomi harus diperoleh dari sumber yang terpercaya. Salah satunya dari Fortune Indonesia ini.. Agar kita selalu bisa update informasi terkini

    Balas
  12. Sepakat Mbak. Harus banget bisa dan sadar untuk mengatur keuangan dengan baik. Terlebih, harus bisa berhemat, memilih apa saja yang menjadi kebutuhan atau hanya sekadar keinginan.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.