Langkah-Langkah Meningkatkan Jualan Online

Tomoyo Rin

langkah langkah meningkatkan jualan online

Berawal dari sebuah hobi merangkai kertas quilling paper, aku coba peruntungan dengan jualan online. Sejak memulai, tahun 2019 banyak banget pasang surutnya. Walau begitu, aku tidak menyerah dan harapan besar agar bisnis cuan 2023 makin melejit.

Untuk mewujudkannya ada beberapa hal yang harus aku kaji ulang. Dari produk hingga memilih ekspedisi yang tepat. Oleh karena itu, aku mau berbagi langkah-langkah agar jualan online untuk pemula seperti aku bisa sukses.

Contents

Langkah-Langkah Meningkatkan Jualan Online

Berjualan online produk kerajinan itu ternyata tidak mudah. Perlu strategi marketing yang kuat dan harus mampu mengikuti arus trend dengan tetap fokus pada apa yang dijual.

Bukan sekedar produk yang viral sementara, lalu menghilang. Mengikuti trend di sini dengan meningkatkan kualitas produk dan mampu menarik konsumen lebih banyak.

Hal tersebut agar mampu bertahan di tengah persaingan yang terbilang ketat. Karena siapa saja bisa jualan online.

Oleh sebab itu, agar makin cuan di tahun 2023 ini ada beberapa hal yang harus aku tingkatkan. Diantaranya, adalah:

1. Inovasi Produk

Jualan produk kerajinan harus mampu menciptakan inovasi yang selalu segar dan menarik minat pelanggan. Dalam hal ini aku menyadari bahwa inovasi harus terus dilakukan.

Misalnya dalam membuat gift pernikahan. Jika dulu hanya membuat desain dari kertas saja, sekarang aku mau coba kombinasikan dengan logam emas dan sebagainya agar lebih menarik minat konsumen.

Inovasi juga dengan upgrade kemasan produk agar produk lebih aman. Karena, dari pengalaman pernah produknya rusak. Oleh sebab itu, kemasan menjadi salah satu hal penting yang harus aku kembangkan.

kemasan produk bisa meningkatkan jualan online

Baca Juga: Kreasi Paper Quilling, Kerajina Unik Menggulung Kertas

2. Membuat Konten Marketing Menarik

Selain produk yang unik dan menarik, berjualan online tidak lepas dari membuat konten untuk proses pemasaran. Baik itu dengan posting foto yang lebih menarik, membuat video, dan penting juga untuk menyapa customer secara langsung dengan live di media sosial.

3. Lebih Aktif di Media Sosial

Kalau sudah punya konten ngapain? Pastinya lebih aktif di media sosial dalam melakukan promosi. Selain itu, melakukan pendekatan dengan hal lain kepada followers di luar konten promosi.

Jujur aku masih kewalahan aktif di media sosial. Bukan gak niat jualan, tetapi karena dikerjakan sendiri agak sedikit kewalahan. Itulah, mengapa tahun ini harus benar-benar produktif aktif di media sosial.

4. Membuat Website

Membuat website khusus untuk jualan online sebetulnya sudah aku rencanakan dari jauh hari. Akan tetapi, belum terealisasi hingga saat ini.

Semoga saja rencana tahun 2023 bisa terwujud. Membuat website online menjadi salah satu cara untuk meningkatkan jualan dengan sistem SEO. Selain itu, bertujuan sebagai branding bisnis agar mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen.

5. Memilih Ekspedisi

Memilih ekspedisi yang tepat menjadi salah satu penunjang dalam meningkatkan jualan online agar makin cuan. Pastinya produk harus sampai dengan selamat hingga ke tangan pembeli.

Biaya ongkos kirim juga menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan. Biasanya aku menawarkan jasa ekspedisi yang akan digunakan karena memang selama ini pembelian ada yang direct langsung.

Kalau untuk e-commerce yang biasanya pembeli bisa langsung pilih ekspedisi sesuai yang tertera. Untuk e-commerce juga aku baru gabung di Tokopedia saja.

Btw, berbicara soal ekspedisi, bagi penjual juga sangat penting, lho. Yang mana sebaiknya memilih jasa pengiriman kargo dengan efisiensi harga lebih murah.

Perbedaan Express dan Kargo

Layanan logistik express dan kargo merupakan dua hal yang berbeda. Baik dalam hal kuantitas maupun tarif kiriman barang.

Adapun perbedaannya, yaitu:

  • Untuk express umumnya menerima layanan pengiriman barang dengan jumlah yang relatif kecil dalam sekali pengiriman. Berbeda dengan layanan kargo, pengiriman barang dalam jumlah besar dan minimum 10 kg ke atas.
  • Perbedaan yang mencolok yaitu dalam biaya pengiriman yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan layanan express. tarif ongkir kargo 50% lebih efisien.
  • Layanan kargo menerima kiriman paket besar dan berat, sedangkan express hanya terbatas untuk kiriman tertentu saja.

J&T Cargo Dukung Bisnis Online dalam Meningkatkan Penjualan

Salah satu jasa kiriman barang yang bisa digunakan dalam meningkatkan jualan online yaitu J&T Cargo. Yang mana ongkos kirim lebih efisien 50% dengan minimum berat barang mulai dari 5kg.

Pastinya teman-teman sudah tidak asing dengan jasa logistik J&T. Yang mana J&T sendiri terdapat layanan ekspedisi dan kargo. Bisa dikatakan J&T Cargo berbeda dengan express.

Salah satunya dalam hal biaya di atas. Tentunya hal tersebut akan membantu pelaku usaha kecil maupun menengah, karena konsumen juga pasti senang jika mendapatkan biaya ongkir murah.

Selain murah ada beberapa poin penting alasan aku memilih J&T Cargo. Penasaran? Yuk, kepoin ulasannya di bawah.

ekspedisi J&T Cargo

1. Layanan Pengiriman Luas

J&T Cargo memiliki layanan pengiriman dengan cakupan area luas hingga 98% ke seluruh wilayah Indonesia. Jadi, kirim barang kemana saja bisa banget.

2. Pengiriman Tepat Waktu

Saat belanja online, pastinya konsumen ingin barang yang dibeli bisa cepat sampai, minimal tepat waktu. Menggunakan layanan J&T Cargo menjamin pengiriman tepat waktu.

3. Layanan Jemput Paket

Terkadang tidak sempat untuk mendatangi kantor logistik sehingga pengiriman harus tertunda. Namun, tenang saja dengan layanan gratis jemput paket untuk pengiriman reguler membuat paket akan tiba di konsumen tanpa harus menunggu lama.

4. Terintegrasi dengan API

Di J&T Cargo terdapat layanan EzTrack yang mana dapat melakukan pemesanan, cek biaya kirim dan status kiriman dengan mudah karena terintegrasi dengan API.

Layanan EzTrack ini memberikan kemudahan dalam pengelolaan informasi yang lebih cepat dan akurat selama proses distribusi. Sehingga, bisa cek status kiriman secara berkala.

5. Menerima Layanan Kargo Kecil dan Besar

Mau paket teman-teman di bawah 50 Kg bisa menggunakan layanan J&T Cargo. Karena, tidak hanya tersedia layanan untuk kargo besar saja. Yang mana pelayanannya sama yaitu pengiriman tepat waktu, prioritas transit dan delivery ke konsumen.

Kesimpulan

Dari perjalanan mencoba jualan online ada banyak sekali hal yang harus terus dikembangkan. Selama ini usaha quilling paper sebagai usaha tambahan saja, akan tetapi kedepannya ingin menjadi usaha utama.

Walau harus menempuh jalan yang sulit, akan tetapi selama memiliki dan merancang strategi pemasaran dengan baik pastinya usaha tidak akan menghianati hasil. Apalagi J&T Cargo mendukung dengan adanya efisiensi harga untuk paket kiriman besar sehingga membantu jualan online makin cuan.

Seperti pengalaman akhir tahun 2022 aku membeli meja kerja untuk produktivitas bisnis kecilku ini beserta lemarinya secara online. Karena, lemari yang aku beli berbahan dasar kayu dan meja kerja dengan penyangga besi biaya kirimnya cukup mahal.

Dengan memilih jasa pengiriman kargo, seperti J&T Cargo jadi lebih tenang karena ongkos kirim jadi lebih murah. Barang juga sampai tanpa cacat dan tepat waktu. Itulah mengapa, beberapa orderan dari customer aku beri pilihan agar menggunakan J&T Cargo.

Begitu juga pengiriman wall decor dengan berat lebih dari 5 kg di bawah ini. Dengan begitu, bisa menghemat biaya pengiriman sebagai salah satu service untuk konsumen.

quilling paper coral sea

Jadi, buat teman-teman yang punya bisnis online dan kapasitas sekali kiriman cukup banyak bisa menggunakan J&T Cargo ini karena sesuai informasi yang sudah aku sebutkan di atas ada banyak sekali keuntungan yang akan diterima. Jadi, yuk sukses berjualan online sama-sama biar cuan terus.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.