3 + 1 Penyakit yang Menyerang Di Musim Hujan

penyakit saat musim hujan

Musim hujan sudah tiba dan kita harus lebih wasapada terhadap penyakit musiman. Terutama jika aktivitas kerja sepertiku yang lebih banyak dilakukan sambil duduk. Ya, mau ke costumer duduk di jok mobil. Tiba di sana, duduk juga.

Beda banget dengan waktu kuliah, di mana waktuku habis digunakan berjalan, berlari dan memanjat. Semenjak kerja dan salahnya jarang olahraga juga, aku jadi sering capek.

Padahal menjaga kesehatan itu penting. Banget! Beberapa tips tentang menjaga kesehatan untuk para karyawan sudah diulas oleh Mba Firda di sini.

Btw, bahas soal kesehatan saat musim penghujan, daya tahan tubuh kita jangan sampai ikutan kelabu seperti awan mendung. Kita harus memelihara dan menjaga imun tubuh karena kalau sudah sakit, mana enak?  

Tidak ada nikmat yang lebih nikmat selain sehat.

Baca Juga: Galau Karena Jerawat? Derma Angel Saja

Penyakit di Musim Hujan yang Sering Menyerang

Di musim hujan, daya tahan tubuh rentan menurun sehingga akan menimbulkan berbagai penyakit. Terlebih ada penyakit musiman yang sering banget menjadi permasalahan pelik. Terutama untuk para karyawan harus benar-benar diperhatikan. Apa saja si penyakitnya?

Sakit Kepala

Saat kehujanan akan rentan sekali terserang sakit kepala. Hal ini karena tubuh terlalu kaget menerima perubahan suhu secara mendadak. Saat suhu di kepala menjadi dingin, organ lainnya mengeluarkan energi besar untuk mengeluarkan suhu dingin tersebut.

Oleh karena itu saat kehujanan segerakan mandi dengan air hangat. Sebisa mungkin hindari kehujanan. Selalu sedia payung saat berpergian.

Terserang Flu

Kurangnya sinar matahari membuat virus tidak mudah mati. Salah satunya adalah virus Flu Influenza menjadi lebih mudah berkembang saat musim hujan. Terutama saat berdekatan dengan yang sedang mengidap flu, penularannya bisa lebih cepat. Tidak terkecuali bayi dan anak-anak yang daya tahan tubuhnya tidak seperti orang dewasa.  

Untuk pencegahannya, usahakan tangan tetap higienis. Terutama saat makan. Jangan menyentuh mulut dan hidung saat tangan dalam keadaan kotor. Sering makan sup hangat, agar suhu tubuh ikutan hangat. *kaya dipeluk kamu*

Demam Berdarah

Penyakit satu ini harus mendapat perhatian khusus menginjak musim penghujan. kembang biak nyamuk Aedes aegypti akan meningkat karena banyaknya genangan air yang ditimbulkan oleh hujan. Terutama saat lingkungan menjadi kotor akan memperburuk keadaan. 

Oleh sebab itu kebersihan lingkungan harus tetap dijaga. Jangan simpan benda-benda yang akan minumbulkan genangan air hujan. Jangan biarkan nyamuk Aedes aegypti bersorak ria dalam melancarkan aksinya.  

Berhubung penderita penyakit ini hanya bisa dideteksi saat periksa ke dokter, oleh karena itu waspadai tanda-tanda berikut ini, bintik merah ditangan tak kunjung hilang selama tiga hari disertai demam. Jika mengalami gejala tersebut, segera periksakan ke dokter.  

Baca Juga: Virus Flu Singapura

Penyakit Malas Saat Musim Hujan

Ketiga penyakit di atas tidak boleh diabaikan begitu saja. Jangan pernah menyepelekannya. Dalam kondisi apa pun harus tetap menjaga kesehatan. Sehat itu nikmat. Selain ketiga penyakit di atas, ada satu penyakit yang tak kalah berbahayanya.

Ya. Menurut aku si penyakit yang tak kalah mematikan dari penyakit jantung adalah malas. Karena malas akan menimbulkan penyakit lainnya, bahkan penyakit jantung itu sendiri. Malas menjaga pola makan dan berolahraga tentunya akan menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan.

Memang tak langsung terasa saat itu juga, karena mungkin membutuhkan waktu lima tahun lebih efek dari pola hidup yang sembarangan. Mengingat hal tersebut aku sendiri mau mulai untuk menjadwalkan olahraga, minimal seminggu sekali.

Di musim penghujan, cuaca dingin, membuat kita malas melakukan aktifitas. Betul gak? Pasti pengennya selimutan di kasur. Terutama kalau hujannya di pagi hari, pergi sekolah, kerja, berolahraga, pasti kurang semangat. Karena aku sering mengalaminya.

Udah dandan cantik, saat mau berangkat hujan malah turun. Gimana mau semangat kerja, baru mau berangkat saja udah malas.  

Duh, bahaya sekali kalau penyakit malas dipelihara. Aku makan apa kalau gak kerja? Gimana bayar kosan, uang kuliah, pulsa internet? Mending kalau semuanya ada yang nanggung si enak. Jangan sampai deh terlena sama si malas.

Satu, dua, kali si wajar asal jangan keterusan. Gak asyik loh bermalas-malasan. Lama-lama malah bosan sendiri. Untuk melawan si malas ini yuk kencangkan niat lagi untuk tetap melakukan aktifitas seperti biasanya walau hujan menemani. Syukur kalau aktifitas malah nambah, asal tetap jaga kesehatan.

Baca Juga: Terserang Anyang-Anyangan Saat Traveling

Kesimpulan

Berhubung kekebalan tubuh menurun di musim hujan, jangan lupa untuk tetap makan-makanan yang sehat dan bergizi, konsumsi  vitamin C dan usahakan berolahraga, minimal lari-lari kecil keliling komplek. Udara pagi di musim hujan itu segar loh.  

__________________

Artikel ini sebagai tanggapan untuk post trigger Lima Cara Menjaga Kesehatan BagiKaryawan oleh Mba Firda Winandini  #KEBBloggingCollab Kelompok Dian Sastro

Previous Post Next Post

10 Comments

  1. Reply Rin Herlina Oktober 31, 2017 at 09:54

    Anakku juga sama mba, suka batuk-batuk gitu, kayanya ketularan teman mainnya. Tapi kalu dilarang main bareng kan gak enak. Mudah-mudahan saja gak sampai flu parah dan cepat sembuh mba buat anaknya.

  2. Reply Ella fitria Oktober 31, 2017 at 13:19

    Sekarang aku lagi ada tanda2 mau flu nih, aduh

  3. Reply Putu Ayu Winayasari Oktober 31, 2017 at 06:22

    Flu. iya betul banget…. ini anak2 udah mulai bersin2 karena alergi dingin, hiks

  4. Reply Riski Fitriasari Oktober 31, 2017 at 17:54

    Aku malah kemarin kena cacar air Mba.. ^_^. memang bener harus menjaga kondisi badan biar fit terus, jadi enggak gampang sakit.

  5. Reply Rin Herlina November 1, 2017 at 01:11

    Segera minum obat mba, biasanya aku kaya gitu kalau tanda-tandanya sudah kerasa.

  6. Reply Rin Herlina November 1, 2017 at 01:13

    Benar mba harus jaga kesehatan. Musim hujan juga bisa nimbulin berbagai jenis penyakit kulit, terutama di daerah yang rawan banjir.

  7. Reply Rin Herlina November 6, 2017 at 04:07

    Aku juga kadang gitu mba, kalau ada waktu luang malasnya gak bisa ditahan, walau udah dilist mau ngapain aja buat ngisi waktu luang, tetap saja pengennya berleha-leha santai.

  8. Reply Rin Herlina November 6, 2017 at 09:39

    Wah… lagi hamil mba, Alhamdulillah.
    Semoga sehat terus mba sama debaynya, vitamin C emang disaranin untuk bumil.

  9. Reply herva yulyanti November 6, 2017 at 09:03

    berhubung naik motor aku selalu kehujanan dan pasti langsung flu mba :/ biasanya aku sih minum vitamin c gitu terus banyakin tidur apalagi kondisi hamil hehhe alhamdulilah lgsg mendingan

  10. Reply Firsty Ukhti Molyndi Desember 8, 2017 at 12:45

    Aku sering banget fluu. Rasanya gak nyaman banget. Apalagi kalo karena alergi udara pagi dan debu, pasti hakcim hakcim melulu 🙁

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.