Peran Kurikulum Internasional dalam Pendidikan Indonesia dan Cara Memilihnya

Tomoyo Rin

Updated on:

peran kurikulum internasional untuk mendukung kompetensi bekerja

Bukan hal yang baru jika dalam sistem pendidikan Indonesia ada yang menerapkan kurikulum internasional. Bahkan sah saja karena sudah ada UU yang mengatur yaitu PERMENDIKBUD No. 31/2014 tentang Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK).

Contents

Apa Itu Kurikulum Internasional?

Pada dasarnya setiap jenjang sekolah di Indonesia harus menggunakan kurikulum berdasarkan keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Walau begitu, bukan berarti Indonesia tidak terbuka dengan kurikulum asing.

Terpenting lembaga pendidikan internasional sudah mendapatkan izin dari lembaga yang bersangkutan. Bahkan, tidak hanya untuk sekolah khusus orang asing yang tinggal di Indonesia, sekolah lokal bertaraf internasional pun dapat menggunakan kurikulum luar negeri.

Kurikulum internasional adalah suatu acuan atau pedoman berdasarkan kurikulum yang digunakan dan diakui di luar negeri. Seperti kurikulum Cambridge, International Baccalaureate (IB) dan sebagainya.

Dalam kurikulum asing siswa bebas menentukan pelajaran yang akan dikuasai untuk pengembangan keterampilan. Karena, tujuan dari kurikulum asing agar anak lebih aktif dan kreatif, serta lebih mengedepankan proses daripada hasil.

Baca Juga: Melawan Keterbatasan dengan Belajar

Daftar International Curriculum

Berikut ini daftar kurikulum yang dapat digunakan dalam sistem pendidikan internasional di Indonesia.

Daftar pendidikan internasional yang digunakan di Indonesia

1. Kurikulum Cambridge

Kurikulum Cambridge Assessment International Education merupakan kurikulum yang berasal dari Inggris. Dalam kurikulum ini menekankan pada pemahaman konseptual dan keterampilan berpikir dengan cara yang baru dalam memahami maupun memecahkan suatu masalah.

2. International Baccalaureate (IB)

Kurikulum IB yang berasal dari Jenewa ini fokus pada sistem pembelajaran agar anak dapat lebih aktif dan kreatif. Anak juga dapat memiliki keterampilan intelektual dan emosional yang baik dan memiliki rasa peduli terhadap sesama maupun lingkungan.

3. Kurikulum Montessori

Montessori Curriculum dikhususkan untuk anak pra sekolah dan tingkat dasar. Dr. Maria Montessori sebagai pengembang kurikulum fokus pada pengembangan karakter anak.

Konsep dalam pembelajarannya agar anak dapat berpikir kritis, bekerjasama dalam tim, dan mampu bersosialisasi dengan baik sesama teman sebaya atau yang lebih tua.

4. Australian Curriculum

Kurikulum Australia adalah pembelajaran interaktif dalam mendorong siswa memiliki pola pikir yang kritis, memiliki komunikasi yang efektif dan percaya diri. Hal tersebut bertujuan agar kelak dapat mandiri, memiliki pemikiran yang luas dan kritis, serta dapat bekerjasama dalam tim.

5. Singaporean Primary School Curriculum (SPC)

Kurikulum yang diadaptasi dari sistem pembelajaran di Singapura ini bertujuan dalam mempersiapkan anak untuk siap bersaing di kancah internasional. Anak dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki hingga mencapai goals dalam mewujudkan cita-cita.

6. International Primary Curriculum (IPC)

Dalam menghadapi tantangan secara global, kurikulum IPC tidak hanya fokus pada kemampuan akademis saja. Melainkan fokus juga dalam membentuk dan mengembangkan karakter anak.

Peran Kurikulum Internasional

Adanya hubungan internasional dan teknologi digital membuat kita mau tidak mau harus siap bersaing secara global. Dalam hal sosial-ekonomi, kompetensi bekerja, maupun pendidikan. Dengan begitu tidak tertinggal jauh dengan negara asing yang lebih maju.

Misalnya dalam hal pendidikan. Bukan hal yang buruk jika Indonesia mengadopsi kurikulum internasional. Sebaliknya penerus bangsa bisa membuka pikiran lebih luas dan siap terjun di dunia internasional.

Terutama bagi anak-anak yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi di universitas ternama dunia maka harus siap dalam banyak hal. Umumnya harus memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, memahami sistem pembelajaran yang digunakan dan memiliki karakter kuat, percaya diri serta mandiri.

Disinilah peran pendidikan internasional akan membawa dampak yang lebih positif agar memiliki peluang besar untuk masuk ke perguruan tinggi favorit. Bukan berarti Kurikulum Indonesia tidak bisa mengantarkan anak sukses di luar negeri, tetapi tidak ada salahnya mempersiapkan lebih matang di tengah persaingan yang ketat.

Berikut peran penting kurikulum internasional dalam sistem pendidikan Indonesia.

peran kurikulum internasional sebagai bright future

Cara Memilih Kurikulum Internasional yang Tepat

Dengan banyaknya kurikulum asing yang digunakan di Indonesia, mungkin membuat sedikit bingung dalam memilihnya. Terlebih sekolah bertaraf internasional tersedia dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi.

Hal ini juga yang sempat membuatku galau karena si kecil ingin masuk sekolah dasar bertaraf internasional. Agar tidak salah pilih, berikut cara memilih kurikulum internasional yang tepat.

1. Mencari Tahu Sistem Pembelajaran

Sebelum memilih sekolah bertaraf internasional alangkah baiknya mencari tahu terlebih dahulu kurikulum yang digunakan. Apakah menggunakan Cambridge Curriculum, IB, IPC, atau lainnya.

Lalu, cari tahu sistem pembelajarannya agar bisa menyesuaikan dengan tujuan dalam memilih sekolah internasional. Misalnya dalam mempersiapkan anak masuk ke universitas di Amerika maka dapat memilih kurikulum Cambridge.

2. Mempertimbangkan Kemampuan Bahasa Inggris

Sekolah internasional tidak lepas dari penggunaan bahasa Inggris. Untuk itu, pahami kemampuan bahasa Inggris anak apakah sudah sesuai dengan kurikulum asing yang sekolah gunakan.

Jika anak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik tidak ada salahnya memasukkan ke sekolah dengan Kurikulum IB. Pasalnya penggunaan bahasa Inggris di IB cukup sering dalam tulisan, pembuatan esai, dan proyek kecil lainnya.

3. Mempertimbangkan Sekolah

Selain kurikulum, memilih international school yang tepat juga penting. Dari cari tahu program ekstra kurikuler, kualifikasi guru, dan lainnya.

Wujudkan Masa Depan Cemerlang Bersama Sampoerna University

Dalam mempersiapkan masa depan yang cemerlang maka harus siap bersaing baik secara global maupun internasional. Khususnya dalam bidang pekerjaan, yang mana saat ini saingannya tidak hanya dengan lokal, tetapi dengan pekerja asing.

Hal ini aku rasakan selama bekerja di perusahaan asing. Bagaimana kedepannya? Untuk itu, sebagai orang tua aku harus menyiapkan pendidikan anak yang lebih baik. Agar kelak memiliki kemampuan mumpuni dalam mempersiapkan kompetensi bekerja dengan pemikiran internasional.

Salah satu persiapan yang dapat orang tua lakukan yaitu dengan mempersiapkan anak untuk bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bertaraf internasional. Seperti Sampoerna University.

Sampoerna University adalah salah satu institusi pendidikan internasional di Indonesia dibawah naungan Putera Sampoerna Foundation. Sebagai universitas internasional memiliki komitmen dalam menciptakan pengetahuan baru dan membina generasi muda Indonesia dengan sistem pendidikan internasional berkualitas tinggi.

Sampoerna University menggunakan Cambridge Curriculum dengan beberapa keunggulan.

keunggulan kurikulum cambrdige Sampoerna University

Dari keunggulan di atas Sampoerna University mampu memberikan standar pendidikan tinggi. Tidak heran jika faktanya dapat mencetak 94% alumni langsung bekerja dalam kurun waktu 6 bulan setelah lulus dan 75% member fakultas memiliki gelar doktor.

Untuk pilihan akademik terdapat Fakultas Bisnis, Fakultas Teknik dan Teknologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Faculty of Arts & Science. Terdapat juga program double degree yang bermitra dengan Arizona University Amerika Serikat.

Penutup

Menyiapkan pendidikan anak untuk masa depan yang baik maka tidak ada salahnya memilih sekolah bertaraf internasional. Apalagi peran penting kurikulum internasional mampu mengembangkan kemampuan dalam bidang akademis sesuai bidang yang anak minati dan mengembangkan karakter kuat dengan pemikiran luas.

24 pemikiran pada “Peran Kurikulum Internasional dalam Pendidikan Indonesia dan Cara Memilihnya”

  1. Pilihan kurikulum internasional banyak juga ya mak.. Setiap kurikulum ada kelebihannya.. Kita juga jadi pinter-pinter milih sesuai kebutuhan yak.. Kalo digabung kira-kira bakal rumit gak ya..apa malah enak ya..

    Balas
  2. Waah ternyata international curriculum cukup banyak ya mba, sy cm tahu yg kurikulum montessori sama cambridge. Tp emang biasanya yang pakai kurikulum ini cukup costly ya mba. waktu anak2 usia asekolah dasar, sy pingin bgt bs menyekolahkan mrk di sekolah dg program montessori krn kayaknya bagus, tp cari ya dekat rumah susah dan ternyata biayanya juga lumayan. Nah kmrn si sulung masuk MAN dan ada program cambrige, jd meskipun negeri tp berbayar layaknya swasta utk biaya program cambridge itu. Tp termasuk mungkin yg paling murah jg kali dg sekolah lain yg mengggunakan program cambridge, dan alhamdulillah so far kelihatannya programnya berjalan dg baik sih.

    Balas
  3. wah aku baru tahunya yg montessori… soalnya suka baca iklan sekolah swasta yg pakai kurikulum itu. ternyata ada banyak ya macamnya kurikulum internasional. bagus banget ini untuk persiapan anak menuntut ilmu di luar negeri nanti

    Balas
    • Mengadopsi Kurikulum Internasional itu gak ada salahnya buat Indonesia. Bukan plek ketiplek sama persis, tapi cari mana yang sesuai. Misalnya Kurikulum Montessori ini. Aku baru mau baca-baca bukunya

      Balas
  4. Kebetulan banget Sampoerna University ada di BSD City nih mbak kampusnya. Dekat dari rumahku. Dulu pas awal ada sering bertanya-tanya kayak apa sekolahnya. Ternyata mulai dari PG, Kindergarten, SD, SMP sampai SMA ada. Mereka pakai kurikulum Cambridge ya. Dan untuk mengukur standar mereka melalui pencapaian siswa dalam tes benchmarking internasional. Menarik banget memang. Sayangnya waktu itu anakku udah bersekolah di sekolah berbasis pendidikan agama Islam. Anakku udah lengket ga mau pindah Ada beberapa anak teman sekolah di sini.

    Balas
  5. Sampoerna University ini kampusnya dimana, mak? Kurikulum internasional menarik ya. Aku sempat ngulik sedikit waktu cari sekolah utk anak. Tp karena berbagai pertimbangan akhirnya kami memutuskan HS.

    Balas
  6. Sekolah swasta ini cukup beragam memang kurikulumnya terutama yang berbasis internasional ya, biasanya orangtua kebanyakan pilih Cambridge atau IB, kalau dulu anakku pas TK sekolahnya dengan basic montessori dan memang beda banget sih hasilnya dengan anak lainnya pas masuk SD kemarin.

    Sampoerna ini aku pernah diundang pas tahun ajaran baru, kurikulumnya untuk yang SD itu bagus banget. Kita dikasih lihat juga apa-apa yang sudah dikerjakan oleh siswanya. Tapi karena sekolahnya rada jauh dari rumah jadi ku eleminasi kemarin itu.

    Balas
  7. Jadi ingat dulu putriku pernah lho lolos masuk SMA boarding (mondok) di Yayasan Sampoerna ini.

    Cuma dahulu terbentur biaya, karena kudu ada semacam pinjaman lunak gitu.
    Nominalnya lumayan gede bikin sesak nafas.
    Hahaha.

    Dari 6 total kurikulum internasional di atas Cambridge, Montessari dan Australian Curriculum yang familiar bagiku.

    Balas
  8. Primary Curriculum (IPC) bagus ya mikirnya
    menghadapi tantangan secara global, kurikulum IPC tidak hanya fokus pada kemampuan akademis saja. Melainkan fokus juga dalam membentuk dan mengembangkan karakter anak.

    Wooow banget mbak!

    Balas
  9. Akuu cocok sih mak menyekolahkan anak sejak sebelum TK sampai TK di montessory lanjut ke sekolah inter.
    Era skrg anak hrs kreatif berani tampil kedepan dan terbiasa presentasi nah smua itu dibiasakan di sekolah inter sekaligus bhs english jd bahasa sehari hari

    Balas
  10. Sempat cari-cari info tentang kurikulum ketika anak-anak HS. Memang ya, kurikulum akan sangat berpengaruh pada belajar anak (meski tergantung anaknya juga memang). Kalau baca-baca cerita orang-orang yang anaknya sekolah yang menggunakan kurikulum internasional, memang ada gap lumayan jauh dengan kurnas. Thanks infonya mbak..

    Balas
  11. Ada baiknya untuk mengambil ancang-ancang ingin diarahkan kemana pendidikan anak-anak sedari dini ya..
    Karena pastinya beda banget kalau sudah sedari kecil bersekolah menggunakan kurikulum internasional. Dan saat perguruan tinggi, bisa lanjut ke Sampoerna UNiversity yang terintegrasi dengan kampus beken di Amerika.

    Balas
  12. Sampoerna University, masya Allah kerennya ya. Dan karena keponakan aku dari kindergarten hingga kini sudah SMP masuk ke sekolah yang kurikulumnya internasional gitu. Ternyata memang harus paham basic-basic seperti paham sistem pembelajaran dan kemampuan berbahasa asing juga ya

    Balas
  13. Sampoerna University menggunakan kurikulum Cambridge ya, aku baru tahu tentang ini. Kampus keren kalo diliat di foto foto yang ada di media sosial. Kampusku dulu kurikulum Australia karena dosennya dulunya belajar di negara ini. Sekarang gak tahu apa masih menggunakan kurikulum yang sama dengan angkatan ku dulu.

    Balas
  14. Kualitas pendidikan dari sebuah universitas memang menentukan nasib anak kemudian hari dalam pekerjaan. Apalagi sudah menggunakan kurikulum international seperti Sampoerna University tentunya memberikan nilai plus ketika melamar pekerjaan

    Balas
  15. Sampoerna ini lumayan bagus mba kurikulumnya. Muridku banyak yang kuliah disana dan hasilnya memang bagus2. Bahkan ada yg dapat beasiswanya. Di Indonesia ini setahu saya yang banyak digunakan di sekolah2 bertaraf internasional adalah kurikulum cambrige dan montesori. Kedua kurikulum itu masih masuk danmudah diterapkan disini. Yang saya belum ketemu.. Mgkn udah ada tapi sayanya yang belum nemuin.. Sekolah islam dengan kurikulum internasional. Ada ga ya?

    Balas
  16. selama ini aku hanya tahu kurikulum internasional itu IB dan Cambridge. Ternyata di luar itu banyak macamnya ya, termasuk montessori. Nah malah kupikir Montessori itu metode.

    senangnya di Indonesia mengakomodir kurikulum yang mengedepankan karakter dan minat bakat anak jadi pendidikan lebih optimal.

    Balas
  17. Selama ini kalau bicarain kurikulum internasional, tahunya cuma Cambridge dan IB saja, ternyata masih ada lagi yang lainnya ya.

    Bagus nih ada perguruan tinggi yang sudah mengadopsi kurikulum cambridge untuk kegiatan pembelajarannya, dengan demikian para mahasiswa di Sampoerna University lebih siap bersaing di kancah global

    Balas
  18. Kurikulum internasional ada bermacam-macam ya. Kalau di kelas anakku yang merupakan International class program, mereka pakai kurikulum Cambridge. Ya memang penting sih untuk mempersiapkan anak-anak di dunia global. Tapi menyesuaikan kemampuan anak juga..

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.