Rahasia Resep Kentang Pop Renyah dengan Tepung Jagung

Tomoyo Rin

resep olahan tepung jagung kentang pop krispi

Penasaran tidak sih kalau kentang goreng di luaran itu rasanya lebih enak dengan tekstur renyah. Usut punya usut rahasianya itu menggunakan tepung jaguang, termasuk dalam resep kentang pop renyah favorit si kecil.

Anak pertamaku si Bule hobi banget makan kentang goreng, sehingga aku cukup sering bikin olahan resep kentang yang beragam. Awalnya sering gagal, contohnya kentang cepat lembek.

Contents

Manfaat Tepung Jagung dalam Olahan Resep Kentang Pop

tepung jagung maizenaku

Membuat cemilan dari kentang memang terdengar mudah, apalagi untuk membuat kentang goreng. Cukup ambil beberapa butir kentang, kupas kulit, bersihkan, dan potong dengan pisau khusus pemotong kentang. Selanjutnya, tinggal goreng.

Langkah-langkah tersebut sangat simpel. Akan tetapi, untuk membuat kentang bisa renyah tahan lama harus menambahkan tepung jagung sebagai bahan rahasia olahan kentang goreng.

Tepung jagung adalah jenis tepung yang terbuat dari buah jagung utuh yang dihaluskan. Memiliki tekstur yang lembut, namun sedikit lebih kasar dan umumnya cenderung berwarna kuning.

Jenis tepung jagung terdiri atas warna kuning metalik, putih, dan biru. Setiap jenis memiliki fungsi berbeda, misalnya warna biru memiliki kandungan protein lebih tinggi sehingga cocok untuk bahan campuran membuat roti atau cake.

Sayangnya untuk tepung dengan warna biru sulit ditemukan, berbeda dengan jenis tepung jagung warna kuning metalik yang tersebar luas di pasaran. Selain itu, lebih tahan lama hingga 12 bulan dan memiliki kandungan gizi lebih tinggi dibandingkan tepung jagung warna putih. 

Adapun manfaat tepung jagung untuk berbagai olahan makanan, yaitu:

1. Makanan Terasa Manis dan Renyah

Saat kamu mencicipi tepung jagung pasti terasa hambar. Berbeda setelah melewati proses akhir resep olahan tepung jagung maka akan keluar rasa manisnya.

Selain itu, untuk membuat cemilan dari kentang akan terasa lebih renyah. Penggunaannya bisa sebagai tepung biasa atau sekedar taburan atau lapisan terhadap makanan yang digoreng.

2. Untuk Olahan Roti yang Bebas Gluten

Gluten banyak ditemukan pada makanan seperti roti gandum. Umumnya tepung yang dapat dipakai untuk  berbagai olahan makanan mengandung gluten.

Sayangnya pada beberapa orang gluten dapat menyebabkan dampak negatif terhadap konsumsi gluten. Salah satunya penderita celiac yang mana konsumsi gluten berlebih menyebabkan masalah pada usus.

Saat usus bermasalah maka dapat menimbulkan penyakit lainnya. Untuk itu, agar bisa konsumsi makanan yang bebas gluten maka bisa menggunakan tepung jagung atau maizena.

3. Bahan Pengental Saus

Tentu tidak asing untuk mengentalkan saus maka menggunakan tepung jagung. Ini karena, sifat tepung yang setelah tercampur air dan matang menjadi kenyal.

Makanan dengan olahan tepung jagung, seperti resep kentang pop dapat memberikan tekstur renyah dan sensasi manis. Begitu juga untuk membuat potato chip, sebelum digoreng taburkan sedikit tepung jagung atau maizena terlebih dahulu.

Sebagai informasi saja sebetulnya tepung jagung tidak sama dengan maizena. Perbedaan tepung jagung dan tepung maizena terletak pada tekstur, warna, kandungan protein, hingga cara penggunaannya.

Resep Kentang Pop Renyah dengan Maizenaku

resep kentang pop renyah untuk cemilan keluarga

Setelah memahami manfaat tepung jagung pada olahan makanan, selanjutnya kalian bisa eksekusi untuk membuat resep kentang pop krispi. Teman-teman Silahkan mengikuti langkah-langkah di bawah:

Siapkan Bahan

  • Kentang 250 gram
  • 5 sdm tepung jagung Maizenaku
  • 50 gr keju cheddar
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada atau penyedap rasa (jika tidak suka pedas)

Cara Membuat

  • Kupas kulit kentang, kupas menjadi beberapa bagian, dan bersihkan
  • Rebus kentang sampai matang, angkat, lalu tiriskan.
  • Pada kondisi kentang masih hangat haluskan hingga rata. Bisa tumbuk menggunakan ulekan yang dilapisi plastik. 
  • Jika kentang sudah halus, tambahkan semua bahan dan aduk hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang siap untuk dibentuk.
  • Ambil sekitar 1 sdt adonan, lalu bulatkan hingga adonan tidak tersisa.
  • Langkah terakhir goreng pada minyak panas dengan kondisi api cenderung kecil hingga berwarna kuning kecoklatan.

Kentang Pop renyah siap dihidangkan sebagai cemilan favorit keluarga di rumah. Resep ini sangat simpel, bahkan tidak perlu telur dapat menghasilkan olahan yang lezat.

Cukup kentang dan tepung Maizenaku dari Egafood, serta tambahan bumbu penyedap rasa sudah terasa nikmat. Lebih nikmat lagi jika dihidangkan dalam kondisi hangat. 

Untuk resep olahan tepung jagung atau maizena pilihanku pasti Maizenaku. Tentu teman-teman tidak asing dengan merk tepung maizena satu ini karena sudah terjual di berbagai toko kue, supermarket, hingga ritel kecil. 

Terlebih Maizenaku merupakan tepung maizena satu-satunya di Indonesia yang sudah mendapatkan sertifikat halal MUI. Paling penting kualitas makanan pasti terjamin.

Hal ini karena Maizenaku memiliki kekuatan mengentalkan 2x lebih baik. Begitu juga sebagai pelapis makanan menjadikan lebih crispy, warna lebih cerah, permukaan halus, dan kental.

Dalam hal kandungan gizi juga cukup bervariasi. Walau perbedaan tepung jagung dan tepung maizena terletak pada kandungan protein yang lebih rendah, Maizenaku mengandung vitamin B komplex, vitamin D, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan lainnya.

Oleh sebab itu, pilihanku untuk tepung jagung pasti Maizenaku. Ini juga menjadi salah satu rahasia untuk resep kentang pop renyah.

18 pemikiran pada “Rahasia Resep Kentang Pop Renyah dengan Tepung Jagung”

    • Iya bener banget kenapa ya resep olahan kentang di luaran sana rasanya lebih enak. Hoalah ternyata pakai tepung meizenaku. Aku biasanya selalu buat makanan yang manis kalau pakai meizenaku. Coba ah resep kentang popnya mbak anak pasti suka nih cemilan kaya gini

      Balas
  1. ini sudah pasti sedep… aku pikir cuman ayam aja yang bisa dibuat pop. ternyata kentang juga oke dijadikan pop. Cemilan gurih dan renyah dan sudah pasti diminati apalagi kalau sudah dicolek ama saus dan sambal

    Balas
  2. aku baru tahu kalau tepung jagung dan maizena itu beda ? makin penasaran juga pembahasan gluten , next bisa dibahas ya mbak. Ku tunggu. Dan resep ini simple ya, Memang Maizenaku paling enak , jika dibanding lainnya. itu yg aku tahu

    Balas
  3. Biasanya denger ayam pop, eh, ini ada kentang pop juga ternyata. Belum pernah buat nih kentang pop renyah. Sepertinya bikinnya mudah juga, layak dicoba nih di rumah dengan istri.

    Balas
  4. Saya pernah bikin kue pakai Maizenaku. Lha ternyata ada resep sederhana yang bisa banget jadi hidangan menarik, ya, Kak. Sebagai penyuka kentang, sepertinya saya ingin mencoba resep ini, nih.

    Balas
  5. Cara bikinnya simpel nih,
    Mau coba bikin di rumah buat stok cemilan, anak-anak pasti doyan juga nih. Kebetulan aku juga selalu stok maizenaku di rumah

    Balas
  6. saya kalau membuat kue kering juga menambahkan tepung maizena ini agar lebih renyah kuenya, ini resep turun temurun dari ibu saya, btw mau cobain resep jentang pop ini, mudah ya cara buatnya

    Balas
  7. tepung Maizenaku ini berguna banget deh, bisa buat apa saja, salah satu bahan yang wajib ada di dapur nih.
    hmm, jadi pengen buat kentang pop juga, apalagi udah dapat tips biar renyah gini, cusss ahh eksekusi juga, makasih ya Mbak resepnya 🙂

    Balas
  8. wah bisa nyobain niy di rumah buat sendiri, bahannya mudah dan cara buatnya juga kayaknya mudah ya Mba Erin, di rumah juga punya stok tepung ini buat memasak, bikin masakan semuanya renyah

    Balas
  9. Daku jadi membayangkan rasa renyah dan gurihnya itu kentang pop, hehe.
    Pas banget nih buat cemilan akhir pekan.
    Eh iya, kek nya juga bisa jadi hidangan pengisi toples buat lebaran ya jak

    Balas
  10. Ka Erinnn, ini salah satu cemilan favorite ku apalagi kalau dimakan pas lagi hujan-hujan dikasih saos pedes. Beuhhh, enak pisan.
    Eh tapi bener, tepung jagung itu punya kontribusi bikin makanan renyah, ga pernah Skip maizena kalau masak kentang pop

    Balas
  11. Wah! Ide bagus sekali. Terjawab pertanyaan yang kadang muncul ketika ingin membuat camilan harus nyetok tepung apa saja. Sudah ada 2 jenis tepung tapi yang saya maui belum ketemu. Ternyata Maizenaku. Saya mau beli besok, plus kentangnya juga. Mau coba pakai ketela dan singkong juga untuk bandingin rasa.
    Makasih ya

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.