Peran Penting ISO Bagi Perusahaan

Tomoyo Rin

K3
iso perusahaan adalah

Banyak perusahaan yang menerapkan ISO sebagai salah satu standarisasi kualitas produk komersial, keamanan, maupun kesehatan. Ini menunjukan besarnya peran penting ISO bagi perusahaan.

Umumnya ISO merujuk pada standarisasi internasional yang terbagi atas beberapa jenis bidang industri. Maksudnya setiap industri memiliki standar yang berbeda, tidak jarang satu perusahaan bisa memiliki 2-3 lebih ISO.

Contents

Pengertian ISO

ISO adalah suatu organisasi atau lembaga standarisasi yang merupakan kepanjangan dari International Organization of Standardization. Ini merupakan organisasi Non Government Organization (NGO) yang hadir sebagai lembaga nirlaba untuk mendukung pengembangan standarisasi dan perdagangan internasional.

Berdiri sejak tahun 1947, ISO kumpulan dari lembaga standardisasi nasional dari berbagai negara. Untuk itu, dalam penerapan ISO harus melalui kesepakatan para wakil anggota dari 130 negara.

Penetapan ISO akan dibentuk dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC), dan kelompok kerja (WG). Oleh sebab itu, anggota ISO juga melibatkan perusahaan-perusahaan besar.

Dengan adanya standarisasi secara internasional maka setiap produk yang beredar di pasar dapat memenuhi kepatuhan kualitas, keamanan, dan efisiensi. Itulah mengapa terdapat beberapa jenis standarisasi yang meliputi ISO 9001, ISO 14001, ISO 2800, ISO 22000, dan lainnya.

Standarisasi tersebut memiliki fungsi dan tujuan berbeda sesuai dengan bidang masing-masing. Yang perlu dicatat yaitu bagaimana ISO memiliki peran penting bagi perusahaan.

Baca Juga: Contoh Keselamatan Kerja yang Harus Kamu Patuhi

Peran Penting ISO dalam Meningkatkan Kualitas Perusahaan

peran dan fungsi ISO pada perusahaan yang sangat penting

Tidak sedikit yang bertanya apa itu ISO dalam perusahaan dan bagaimana standarisasi dapat berpengaruh terhadap kualitas suatu produk? Tujuan adanya lembaga ISO memang untuk meningkatkan kualitas produk.
Walau begitu ISO tidak hanya berbicara mengenai kualitas dalam artian baik dan buruk. Lebih dari itu, kualitas yang baik dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Misalnya kartu debit perbankan, bentuk dan ukurannya sudah tercantum dalam ISO. Aturan ini untuk memudahkan pengguna saat melakukan transaksi atau mudah dibawa kemana saja karena ukurannya yang masuk di dompet, serta ringan.

Oleh sebab itu, baik bank maupun lembaga pencetak kartu harus memahami standarisasi yang berlaku. Ini juga akan menunjukan kredibilitas yang tinggi dari masyarakat.

Adapun peran dan fungsi ISO pada perusahaan, yaitu:

1. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Perusahaan

Pada hakikatnya perusahaan tidak wajib menerapkan ISO dengan melakukan pendaftaran khusus untuk memperoleh sertifikat ISO. Akan tetapi, jika ingin meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan maka ada peran ISO yang sangat penting.

Hal tersebut karena ISO memiliki ketentuan terhadap kualitas produk yang oleh perusahaan keluarkan dan menetapkan standar lainnya dalam suatu lingkup kerja. Dengan kata lain adanya jaminan mutu yang diakui secara internasional dengan memiliki sertifikat ISO.

2. Panduan Kerja Bagi Karyawan

ISO juga mengatur bagaimana karyawan dapat bekerja dengan baik. Terlebih jika ada pergantian karyawan baru menggantikan yang sudah habis kontrak kerja maupun pensiun.

Adanya peran dan fungsi ISO perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja karyawan, termasuk karyawan yang baru bekerja. Ini karena karyawan dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan sesuai standar yang berlaku.

3. Jaminan Kualitas Mutu

Produk yang dipasarkan memiliki jaminan kualitas mutu yang baik. Hal ini mencakup, bahan baku produksi, proses produksi, pengemasan, hingga pendistribusian memiliki standar tersendiri yang harus semua pihak patuhi.

4. Menghemat Biaya

Cash Flow sebuah perusahaan itu sangat penting agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Misalnya ketika ada produk yang gagal produksi dan harus segera membuat yang baru maka dengan ISO dapat menghemat biaya operasional.

Alasannya, ISO perusahaan sudah mencakup pengawasan dan penanganan jika ada hal yang tidak berjalan semestinya. Dengan kata lain sudah ada sistem untuk berbagai situasi dan kondisi.

5. Meningkatkan Efisiensi

Memang betul ada banyak faktor terhadap hasil produksi yang tidak sesuai standar, baik itu karena human error atau masalah pada peralatan produksi. Akan tetapi, penting untuk melakukan upaya dengan maksimal agar proses produksi berjalan dengan hasil yang maksimal.

Salah satu upaya yang dapat perusahaan lakukan dengan mendaftar ISO. ISO perusahaan menetapkan standarisasi yang hampir mendekati sempurna, sehingga dapat meningkatkan efisiensi berbagai aspek pekerjaan.

Baik itu dalam meningkatkan kualitas produk, sistem management karyawan, hingga memiliki pengaruh terhadap K3LK. Keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan kerja salah satu bagian dalam standarisasi ISO Perusahaan.

ISO Perusahaan ditandai dengan adanya sertifikat yang mana akan dikeluarkan oleh lembaga atau badan sertifikasi. Lembaga tersebutlah yang nantinya akan menilai layak tidaknya sebuah perusahaan diberikan sertifikat ISO.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.