Rekening Online: Pengertian dan Langkah Pembuatannya

Tomoyo Rin

buka rekening online

Membuka tabungan saat ini sudah bisa dilakukan secara online. Hadirnya fasilitas rekening online telah memberikan kemudahan untuk para nasabah. Proses untuk mendaftarnya pun mudah hanya melalui aplikasi m-banking.

Rekening ini merupakan sebuah layanan pembukaan rekening secara online/daring (dalam jaringan). Persyaratannya sendiri masih tetap sama hanya saja prosesnya yang berbeda.

Contents

Kelebihan Rekening Online

buka rekening tabungan online

Tabungan online menyediakan fasilitas untuk mempermudah proses pembukaan rekening. Namun disisi lain juga memiliki sejumlah kelebihan seperti berikut:

1. Mengefisiensi Waktu

Tidak semua orang memiliki waktu untuk pergi ke bank membuka tabungan. Contohnya seperti para karyawan yang sehari-hari harus bekerja dari pagi hingga sore hari.

Hadirnya rekening online menjadi solusi untuk kamu yang tidak punya waktu luang. Kamu bisa membuka rekening di mana saja, baik itu di rumah maupun di tempat kerja saat beristirahat.

2. Tidak Perlu Mengantri Lama

Selain menghemat waktu, kamu juga bisa menghemat tenaga. Pasalnya kamu tidak perlu mengantri. Sebagian besar proses membuka tabungan online dilakukan secara daring via aplikasi m-banking.

3. Tanpa Setoran Awal

Beberapa bank menyediakan layanan pembukaan rekening secara online tanpa harus menyetor uang. Itu artinya kamu bisa langsung menikmati semua fiturnya langsung, termasuk layanan transfer dari rekening lain.

Akan tetapi peraturan ini berbeda-beda untuk setiap bank. Jadi ketahui terlebih dahulu apakah bank yang kamu pilih harus menyetor sejumlah uang terlebih dahulu atau tidak?

4. Banyak Promo Menarik

Rekening online sangat cocok untuk berbagai kalangan, khususnya kaum milenial. Pasalnya ada banyak promo yang bisa kamu dapatkan untuk menghemat pengeluaran.

Terkait jenis promonya bisa kamu cek di aplikasi maupun melalui website official bank atau produk tabungan terkait.

Manfaat Memiliki Rekening Online

Selain punya banyak kelebihan, juga memiliki sejumlah manfaat yang bisa langsung kamu rasakan. Berikut apa saja manfaatnya.

1. Menghemat Pengeluaran

Ada sejumlah biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap nasabah yang memiliki sebuah rekening. Salah satunya seperti biaya admin. Pemilik rekening kini tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tersebut.

Beberapa bank juga saat ini telah memberikan fasilitas gratis tarik tunai di seluruh ATM berlogo VISA/PLUS dengan syarat dan ketentuan tertentu.

2. Transaksi Lebih Mudah

Ada banyak fasilitas yang tersedia pada tabungan daring yang bisa kamu akses pada aplikasi m-banking. Contohnya seperti kemudahan melakukan pembayaran transaksi belanja, transportasi online, dan lainnya.

3. Praktis

Kamu bisa mengecek saldo, transfer uang, melakukan pembayaran iuran bulanan dan lainnya melalui aplikasi. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi pergi ke ATM untuk mengecek informasi maupun melakukan beberapa aktivitas perbankan.

Baca Juga : 4 Cara Cek Rekening Bank

Langkah-langkah Membuka Rekening Online

Secara garis besar proses membuka rekening secara daring sama. Berikut sudah kami rangkum langkah-langkahnya untuk kamu yang ingin membuatnya.

1. Download Aplikasi M-Banking

Pertama-tama silahkan kamu cari bank yang menyediakan fasilitas rekening online. Setelah itu silahkan kamu download aplikasinya.

Aplikasi m-banking biasanya tersedia di Play Store maupun App Store. Artinya bagi pengguna HP berbasis sistem operasi Android maupun iOS bisa menggunakannya.

2. Menyiapkan Dokumen

Sama seperti membuka rekening secara offline, di sini kamu juga harus mempersiapkan dokumen yang menjadi syarat untuk registrasi. Adapun dokumennya biasanya hanya e-KTP saja.

Namun cek kembali persyaratan dokumen karena bisa jadi setiap bank punya syarat yang berbeda-beda. Contohnya seperti harus menambah dokumen lain seperti NPWP.

3. Mengisi Formulir

Yang berbeda dari membuka rekening secara online yaitu pada saat proses pengisian formulir. Kini kamu bisa mengisinya secara online karena formulir sudah tersedia pada aplikasi. Jadi kamu bisa langsung mengisinya tanpa harus ke kantor cabang.

4. Upload Dokumen

Selanjutnya ambil dokumen yang sudah kamu siapkan tadi, yaitu e-KTP. Ambil gambar lalu kemudian upload pada aplikasi. Pastikan kamu mengambil gambar di ruangan yang memiliki cahaya cukup.

Buka Rekening Online Mudah dan Cepat di PermataME

Tertarik untuk membuka rekening secara online? PermataME adalah produk tabungan yang sangat direkomendasikan. Selain menawarkan sistem pendaftaran yang mudah, juga banyak promo menarik yang menanti kamu.

Produk tabungan PermataME cocok untuk kaum milenial yang suka nongkrong maupun nonton. Selain banyak promo, kamu juga bisa mendapatkan cashback menarik untuk menghemat pengeluaran.

Proses membuka rekening pun mudah hanya melalui aplikasi PermataMobile X. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di Play Store maupun App Store.

Kelebihan PermataME

Apa sih yang membuat tabungan online, PermataME begitu istimewa? Berikut sudah kami rangkum apa saja kelebihan-kelebihannya:

Pengajuan Mudah dan Cepat

Proses membuat rekening di sini sama seperti langkah-langkah yang sudah kami paparkan sebelumnya. Kamu bisa membuka rekening langsung melalui aplikasi PermataMobile X.

Cashback

Kamu bisa menikmati cashback 30% untuk ngopi & nonton, 20% untuk belanja online dan 10% untuk setiap transaksi transportasi online.

Gratis Biaya Tarik Tunai

Nikmati gratis biaya tarik tunai di seluruh ATM berlogo VISA/PLUS di dalam maupun luar negeri. Syarat dan ketentuannya yaitu minimal saldo sebelum transaksi kamu yaitu Rp1.000.000.

Kartu Debit Eksklusif

Setiap nasabah yang memiliki rekening online PermataME bisa mendapatkan kartu debit eksklusif yang berdesain khusus.

Promo Eksklusif

Tidak hanya cashback saja, kamu juga bisa mendapatkan berbagai promo eksklusif. Promo ini berlaku untuk semua pemegang PermataME debit card.

Gratis Biaya Transfer

Kamu bisa menggunakan fasilitas gratis transfer online via PermataMobile X, PermataNet serta PermataATM juga biaya administrasi.

Bagaimana, tertarik untuk membuka rekening online PermataME? Yuk, unduh terlebih dahulu aplikasi PermataMobile X untuk memulai mengisi formulir.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.