Mengapa Reksadana Pasar Uang Banyak Dilirik? Ini Alasannya

Tomoyo Rin

memilih reksadana pasar uang

Ingin berinvestasi di Reksadana pasar uang? Reksadana sendiri adalah sebuah wadah dan pola pengelolaan dana maupun modal bagi para investor yang pengelolaannya dilakukan oleh Manajer Investasi.

Dana ini nantinya akan diinvestasikan ke dalam portofolio investasi yang telah terdaftar dan mendapat pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Melalui Reksadana, para investor ini dapat menginvestasikan uangnya di pasar saham, obligasi, pasar uang ataupun efek sekuriti lain seperti yang tertera di prospektus Reksadana.

Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mempertimbangkan aspek-aspek di dalamnya.
Berbicara tentang Reksadana, instrumen pasar uang menjadi salah satu yang banyak dipilih.

Banyak alasan dibaliknya, termasuk berkaitan dengan keuntungan menggunakan instrumen tersebut.

Contents

Alasan Reksadana Pasar Uang Banyak Dipilih

Dalam menginvestasikan uang di Reksadana, banyak orang memilih pasar uang dengan alasan berikut.

1. Pilihan Jangka Investasi

Berinvestasi di pasar uang, tersedia pilihan untuk investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Meski begitu, sangat penting untuk diperhatikan adalah bijak dalam memilih jangka waktu sesuai yang Anda butuhkan.

Sehingga disarankan untuk mempertimbangkan matang-matang terlebih dahulu sebelum memilih jangka waktu mana yang diinginkan.

2. Penawaran Suku Bunga

Memilih Reksadana Pasar Uang juga berkaitan dengan penawaran suku bunga yang diberikan. Berinvestasi pada jenis Reksadana ini cenderung menguntungkan karena penawaran suku bunganya relatif tinggi.

Selain itu, imbal hasil dari investasi pasar uang juga memiliki potensi yang lebih tinggi. Apalagi bila dibandingkan dengan penawaran produk deposito yang merupakan tawaran dari lembaga keuangan.

Hal ini dikarenakan keuntungan pasar uang berasal dari peningkatan aset-aset di dalamnya, di mana keuntungannya juga turut meningkat. Sementara pada suku bunga deposito, penentuannya adalah di awal. Sehingga kenaikan aset tidak akan mempengaruhi keuntungan dari deposito itu sendiri.

3. Minimal Investasi Reksadana Pasar Uang

Seperti pada pembahasan sebelumnya, Reksadana merupakan pilihan investasi yang menjadi wadah untuk menampung dana masyarakat yang bergabung sebagai investor.

Berdasarkan definisi ini maka Anda sebagai investor tidak perlu mengeluarkan modal yang besar ketika ingin memulai untuk berinvestasi. Bagi yang ingin berinvestasi dengan nominal kecil, pilihan ini tersedia di investasi pasar uang.

Melalui instrumen ini Anda bisa memulai berinvestasi dengan nominal Rp100.000,-. Meski menawarkan minimal investasi dalam nominal yang cukup ringan, akan tetapi tersedia pula bagi yang ingin berinvestasi dalam jumlah besar.

4. Pengembalian Dana

Ada satu keunggulan dari instrumen pasar uang yang tidak dimiliki oleh instrumen Reksadana lain. Di mana pasar uang menawarkan fleksibilitas dalam pengambilan uang, sehingga dana yang ada investasikan dapat diambil kapan saja.

Tentu saja untuk pengambilannya juga tidak perlu menunggu dalam jangka waktu tertentu. Prosesnya pun cukup mudah karena dapat Anda lakukan via online. Bahkan untuk penarikannya, Anda tidak akan dikenakan denda sedikitpun.

5. Biaya Pembelian dan Penjualan

Ketika ingin melakukan penambahan dana pada instrumen Reksadana Pasar Uang, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan sedikit pun. Lantaran instrumen investasi ini adalah investasi yang bebas biaya pembelian maupun penjualan.

Tetapi penting diperhatikan, yakni mengenai peraturan dan regulasi dari perusahaan maupun lembaga keuangan terkait. Yang mana tidak semuanya menerapkan aturan demikian. Ada juga beberapa yang menetapkan adanya biaya pembelian dan penjualan.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir lantaran biaya tersebut seringkali relatif rendah. Sebagai solusi untuk Anda yang ingin berinvestasi Reksadana minim risiko, memilih instrumen pasar uang di digibank by DBS bisa menjadi pilihan.

Pilihan Investasi Reksadana bersama digibank by DBS

Sumber gambar: https://unsplash.com/

Bagi investor yang tertarik untuk berinvestasi di pasar uang, digibank by DBS hadir untuk memenuhi investasi Anda. Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan berinvestasi di sini.

Seperti halnya tingkat risiko yang lebih rendah, serta Anda pun dapat memilih pengelolaan dana 100% melalui instrumen pasar uang dengan tingkat risiko yang minim. Beragam jenis pasar uang cenderung menguntungkan, mulai dari Sertifikat Bank Indonesia (SBI), obligasi, serta deposito.

Ditambah lagi, keuntungannya juga cukup stabil karena tidak terguncang oleh ekonomi global. Terbaru, kini hadir Aplikasi digibank by DBS untuk memudahkan melakukan aktivitas keuangan pada instrumen pilihan Anda.

Berbagai keuntungan menggunakan aplikasi Reksadana Pasar Uang ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Semua Transaksi Cukup di 1 Aplikasi

Single Investor Identification (SID) atau Nomor ID investasi merupakan nomor bukti bahwa seseorang telah secara resmi terdaftar sebagai investor di pasar modal. Nomor Single Investor Identification ini juga turut menjadi salah satu syarat utama bagi Anda yang menjalankan investasi Surat Berharga Negara.

Pendaftaran ini dalam prosesnya melibatkan pihak luar selain Bank, sehingga membutuhkan waktu sedikit lama. Sehingga penting untuk memastikan bahwa Anda telah memiliki nomor Single Investor Identification sebelum masa penawaran tersebut dimulai.

Dengan Aplikasi digibank by DBS registrasi Single Investor Identification, beli, jual dan switch account bisa melalui satu aplikasi.

2. Mulai dari 100rb

Modal minimal mulai dari 100rb, memungkinkan Anda bisa berinvestasi dengan dana yang ringan. Sehingga berinvestasi lebih minim risiko dan bisa menyesuaikan dengan kondisi finansial. Namun bila ingin menginvestasikan dana yang lebih besar, aplikasi investasi keuangan ini juga bisa Anda manfaatkan.

3. Berbagai Pilihan Produk Reksadana

Terdapat hingga lebih dari 50 pilihan produk Reksadana untuk investasi Anda. Tentu saja hal ini akan memudahkan Anda memilih produk mana yang sesuai dengan finansial dan sesuai kebutuhan.

4. 3 Pilihan Reksadana

Investasi digibank by DBS memiliki 3 pilihan Reksadana dengan kategori kinerja terbaik, scoring terbaik, serta yang terpopuler.

5. Pembelian Berkala dan Fleksibel

Pembelian Reksadana mudah dan praktis dengan melalui aplikasi. Untuk jangka waktunya sendiri cenderung fleksibel, yang artinya dapat Anda pilih untuk jangka waktu pendek maupun jangka waktu panjang.

Banyak keuntungan dengan berinvestasi melalui Aplikasi digibank by DBS! Investasikan dana Anda disini!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.