Manfaat Vitamin C untuk Meningkatkan Imun Tubuh

manfaat vitamin c untuk imunitas

Salah satu upaya yang aku lakukan dalam menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan sehat dan vitamin C. Tentunya manfaat vitamin C sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Terutama di masa pandemi yang tidak kunjung usai ini, konsumsi vitamin C mampu menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah tertular virus mematikan yang sedang kita hadapi. 3 tahun berjuang melawan covid-19 membuat kita harus proteksi diri dalam menjaga kesehatan fisik maupun mental.

Oleh sebab itu, aku rutin konsumsi vitamin C, baik dari buah dan sayur maupun suplemen khusus. Karena, manfaat vitamin C membuat kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

3 Manfaat Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh

Sebelum pandemi pun aku rutin konsumsi Vitamin C, karena saat ini bekerja di ruangan ber-AC. Dimana tubuhku yang dari kecil dipeluk oleh dinginnya alam, kini beralih ke dingin buatan. Alhasil tubuh sering merasa lelah dan masuk angin.

Untuk mengatasi hal tersebut aku memilih untuk penuhi asupan Vitamn C setiap harinya. Jumlah vitamin C yang diperlukan oleh setiap orang-orang berbeda-beda, tergantung dari usia, berat badan, tinggi badan dan lainnya.

Walau begitu, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Permenkes RI No. 28 Tahun 2019 ditentukan kebutuhan asupan vitamin C berdasarkan usia, jenis kelamin, dan ibu hamil atau menyeusui.

Misalnya usia anak 0-45 bulan cukup konsumsi 40 miligram, untuk orang dewasa laki-laki usia16 tahun ke atas 90 mligram, dan untuk orang dewasa perempuan usia 16 tahun ke atas cukup konsumsi 75 miligram. Berbeda untuk ibu hamil trimester 1-3 bulan dengan menambahkan 10 miligram per hari.

Dari takaran tersebut, tentunya memudahkan kita dalam konsumsi Vitamin C per harinya. Adapun manfaat vitamin C, yaitu:

dampak kekurangan dan manfaat vitamin c

1. Sebagai Antioksidan

Vitamin C mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu tubuh tidak akan mudah terserang penyakit, karena daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

2. Membentuk Sel Darah Merah

Salah satu cara dalam menjaga imunitas tubuh yaitu produksi sel darah merah dalam tubuh yang harus terpenuhi. Manfaat vitamin C mampu memaksimalkan penyerapan zat besi, sehingga sel darah merah akan terbentuk dengan optimal.

3. Membantu Penyembuhan Luka

Ketika konsumsi vitamin C maka secara otomatis akan membentuk kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri merupakan protein yang memiliki peran penting dalam menjaga jaringan otot dan membantu proses penyembuhan pada luka.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Kekurangan dan Kelebihan Vitamin C

Penasaran tidak, bagaimana jika kita kekurangan atau kelebihan vitamin C? Kira-kira apa dampaknya, ya?

Teman-teman, konsumsi vitamin C memang harus seimbang dan sesuai takaran per hari, karena akan ada efek samping ketika kekurangan bahkan saat kelebihan vitamin asam askorbat ini. Berikut ini dampak yang perlu kita ketahui.

Kekurangan Vitamin C

Vitamin C merupakan asam askorbat yang mudah larut dalam air sehingga dapat terbuang melalui urine. Dengan begitu kita bisa saja kekurangan vitamin C walau takaran sudah sesuai.

Sebetulnya tidak ada gejala khusus, akan tetapi jika kita biarkan begitu saja tubuh akan mulai mengalami gejala berikut ini:

  • Badan jadi mudah letih dan lesu
  • Mimisan
  • Muncul memar di tubuh
  • Nyeri otot dan sendi
  • Gusi bengkak
  • Sariawan
  • Luka menjadi sulit sembuh

Kelebihan Vitamin C

Saat konsumsi vitamin C terlalu berlebihan akan menimbulkan gejala, seperti:

  • Mual
  • Diare
  • Sakit Perut
  • Insomnia
  • Sakit Kepala

Dampak dari kekurangan dan kelebihan vitamin C di atas membuat kita harus lebih bijak dalam konsumsi vitamin C, nih. Karena, berlebihan memang tidak bagus, kan. Terpenting penuhi asupan vitamin C setiap harinya sesuai kebutuhan agar imun tubuh tetap kuat.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.