Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG untuk Si Kecil

Tomoyo Rin

Updated on:

kumpulan resep masakan sehat

Sebagai seorang ibu menyediakan resep masakan sehat tanpa MSG atau micin untuk buah hati sangatlah penting. Karena, konsumsi micin yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Walaupun Food and Drug Administration (FDA) menyatakan bahwa MSG aman untuk konsumsi.

Sayangnya terdapat beberapa laporan terhadap dampak dari penggunaan zat aditif satu ini. Sehingga penggunaan micin perlu dibatasi, khususnya bagi anak-anak.

Contents

Tentang MSG

Seperti yang diketahui bahwa micin merupakan salah satu penyedap rasa yang menciptakan rasa umami. Umami sendiri merupakan rasa dasar kelima yang membuat makanan menjadi lebih gurih.

Itulah mengapa selama bertahun-tahun micin sudah digunakan untuk menghasilkan makanan yang lebih lezat. Tidak heran jika hampir semua makanan mengandung MSG atau micin.

MSG terbuat dari asam amino glutamate yang persediaannya paling melimpah di alam. Bahkan tubuh manusia dapat memproduksi asam amino karena sifatnya yang tidak esensial.

Berdasarkan laporan yang diterima FDA bahwa efek samping penggunaan MSG dapat menyebabkan sakit kepala, kesemutan atau mati rasa, mual, sesak, dan nyeri dada. Akan tetapi tidak ada penelitian yang menyatakan kolerasi antara MSG dengan gejala tersebut.

Sebagai antisipasi tidak ada salahnya untuk mengurangi penggunaan MSG. Terlebih untuk anak-anak akan lebih baik menyediakan masakan sehat tanpa MSG.

Memang bisa?

Tentu saja! Di bawah aku mau berbagi resep masakan sehat tanpa MSG yang pasti aman untuk di konsumsi buah hati dan anggota keluarga lainnya di rumah.

3 Resep Masakan Sehat Tanpa MSG

Dilansir dari website dapurkobe.co.id bahwa Ibu dapat menyediakan makanan sehat tanpa MSG dengan rasa yang tetap lezat dan pastinya bakalan disukai anak-anak. Untuk itu, dalam postingan kali ini aku mau berbagi Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG.

Ayam Goreng Non MSG

Daging ayam yang diolah menjadi Kentucky atau chicken merupakan jenis makanan yang paling anak sukai. Akan tetapi, saat beli di luar seringkali merasa khawatir karena ditakutkan mengandung micin dan tidak tahu kualitas minyak maupun daging yang digunakan.

Sekarang tidak perlu khawatir lagi untuk menyediakan ayam goreng Kentucky non MSG karena Ibu bisa membuatnya dengan mudah dan praktis. Rahasianya dengan menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium Non MSG.

Berikut ini bahan dan cara masaknya.

Bahan:

  • 1/2 ekor ayam dipotong menjadi 4 bagian
  • 100 ml air
  • 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200gr)
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak:

  1. Cuci bersih potongan ayam dan rendam dalam air.
  2. Panaskan minyak. Sambil menunggu minyak panas, ambil ayam yang sebelumnya direndam lalu lumuri dengan tepung serbaguna.
  3. Sebelum dimasak cubit-cubit ringan agar setelah digoreng membentuk Kentucky pada umumnya.
  4. Goreng ayam sampai berwarna kuning kecoklatan.
  5. Angkat dan tiriskan.

Selesai Ayam Goreng Non MSG siap disajikan untuk menu makanan sehat buah hati.

Ayam Dadu Crispy Non MSG

Jika setiap hari menyediakan ayam goreng tentunya anak bosan juga ya, Bu. Untuk itu sediakan sajian yang berbeda walau masih menggunakan daging ayam sebagai bahan utama. Yang mana Ibu dapat membuat Ayam Dadu Crispy Non MSG.

Sesuai nama resep daging ayam akan dipotong kecil atau sesuai selera. Berikut ini cara membuat Ayam Dadu Crsipy Non MSG yang dapat disajikan sebagai menu sehat sehari-hari.

Bahan:

  • Dada ayam fillet 300gr
  • 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium ukuran 200gr
  • 350 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Potong dadu fillet dada ayam dan bersihkan.
  2. Buat adonan dengan menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium dengan 350 ml air.
  3. Masukkan satu per satu daging ayam yang sudah dibersihkan ke dalam adonan.
  4. Panaskan minyak. Lalu goreng ayam hingga berwarna kecokelatan.
  5. Angkat dan sajikan untuk menu sarapan, makan siang atau makan malam.

Curcuma Fried Chicken

Sesekali boleh juga nih membuat chicken yang memiliki rasa rempah yaitu temulawak. Untuk membuat Curcuma Fried Chicken ini jangan lupa menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium tanpa pengawet.

Berikut cara membuat Curcuma Fried Chicken.

Bahan:

  • 500gr ayam (potong menjadi 6)
  • 350 ml air
  • 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium
  • 1/3 sendok makan bubuk temulawak.
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Bersihkan ayam yang sudah dipotong dan rendam dalam air.
  2. Pada wadah campurkan tepung serbaguna dengan bubuk temulawak dan aduk rata.
  3. Masukkan ayam pada tepung dan cubit-cubit menggunakan ujung jari.
  4. Panaskan minyak dan goreng ayam hingga kecokelatan. Gunakan api sedang untuk hasil yang maksimal.
  5. Angkat, tiriskan dan sajikan Curcuma Fried Chicken.

Bagaimana, Bu? Mudah sekali bukan menyediakan berbagai olahan ayam non MSG yang pastinya aman sebagai hidangan makanan sehat buah hati. Asalkan menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium.

Kenapa Harus Kobe Tepung Serbaguna Premium?

Kobe adalah brand untuk tepung serbaguna yang tidak sekedar menyediakan tepung siap saji. Melainkan selalu berinovasi untuk menghasilkan produk yang sehat dan aman dikonsumsi berbagai kalangan.

Seperti hadirnya Kobe Tepung Serbaguna Premium Non MSG mengandung vitamin yang baik untuk memenuhi dan melengkapi nutrisi dalam tubuh. Kandungan yang terdapat dalam tepung serbaguna satu ini, diantaranya Zat besi, serat pangan, Vitamin B2, Vitamin B9, mineral zink.

Selain itu, Non MSG, tanpa pengawet maupun pewarna buatan. Walau tanpa micin, jangan khawatir untuk kualitas rasa karena terbuat dari rempah pilihan yang menghasilkan cita rasa gurih khas bawang putih.

Dengan begitu tidak hanya digunakan untuk membuat olahan daging ayam, melainkan dapat membuat berbagai macam gorengan. Misalnya tempe, udang, tahu, seafood, dan lain-lain.

Saat ini Kobe Tepung Bumbu Serbaguna Premium mudah didapatkan karena sudah tersedia di toko atau supermarket terdekat. Atau bisa juga belanja secara online di Official Store Shopee dan Tokopedia dengan harga yang sangat terjangkau.

Demikian kumpulan resep masakan sehat tanpa MSG yang bisa Ibu buat di rumah. Pastikan selalu menyajikan menu sehat untuk tumbuh kembang anak yang lebih baik.

8 pemikiran pada “Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG untuk Si Kecil”

  1. Bukan cuma buat si kecil, di rumah kami memang tidak dianjurkan masak pake msg. Karena kalo jajan di luaran sudah pasti susah menghindari msg ini.
    Alternatif ya pake bumbu kaldu alami dari jamur. Nah kalo anak-anak di rumah paling suka makan ayam goreng tepung. Tentu saja pake Kobe bumbunya. Semuanya di tepungin Kobe. Ayam, tahu dan tempe. Nikmat..

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.