Pahami Kekurangan dan Kelebihan Sumur Bor Air Bersih

membuat sumur bor air bersih

Suatu hari di perjalanan pulang meeting daru customer atasanku pernah bertanya perihal ada atau tidaknya sumur bor air bersih di Indonesia. Di luar jam kantor percakapan dengan atasan memang random banget. Termasuk membahas air bersih.

Bukan tanpa alasan juga karena saat itu air di apartemen atasanku berwarna putih. Biasanya dari pusat ada pembersihan rutin. Akan tetapi saat itu, air yang lebih sering ke luar itu putih susu, gitu. Biasanya setelah pembersihan kembali bening.

Memang sih, aku juga merasakan karena tinggal di satu wilayah yang sama. Dan, pengelola air bersih juga sama. Oleh sebab itu, aku tidak berani memakai air tersebut untuk memasak. Apalagi atsanku orang Jepang, beliau sensitif gitu dengan air di Indonesia.

Dari pembicaraan sumur bor air bersih tersebut aku hanya memberikan informasi kalau di Indonesia juga ada. Sayangnya sudah jarang, apalagi untuk di lingkungan perkotaan karena sekarang sudah ada PDAM atau yang dikelola khusus oleh swasta.

Selain itu, untuk wilayah kota perlu pertimbangan khusus juga mengenai kondisi air di dalam tanah. Bisa saja tanah sudah tercemar. Khususnya untuk wilayah yang terdapat Kawasan Industri.

Btw, memang tidak sembarangan membuat sumur bor karena ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Selain itu perlu juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya jika teman-teman hendak membuat Sumur Bor.

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Sumur Bor Air Bersih

manfaat sumur bor air bersih

Kelebihan Sumur Bor

Seperti yang sudah aku singgung di atas bahwa saat ini lebih banyak yang menggunakan PAM untuk air bersih. Akan tetapi tidak ada salahnya jika kamu ingin membuat sumber air bersih sendiri karena banyak manfaat dari sumur bor.

1. Gratis

Jika air dari perusahaan atau pengelola tentunya kita akan mendapat tagihan pemakaian bulanan. Berbeda jika memiliki sumur bor, kita hanya cukup mengeluarkan budget di awal untuk pembuatan sumur bor.

2. Tidak Khawatir Pemutusan Air Bersih

Bukan rahasia umum lagi jika air PAM terkadang me;lakukan pemutusan aliran air bersih karena berbagai faktor. Seperti pipa bocor dan masih banyak lagi. Berbeda dengan sumur bor karena yang menggunakan hanya kita saja, dan tentunya tidak perlu khawatir akan adanya pemutusan.

Seperti pengalamanku ketika tinggal di kontrakan. Ketika yang lain kesulitan air bersih karena ada pemutusan dari perusahaan air mineral, di tempat kontrakanku masih aman karena menggunakan air PAM dan sumur bor.

3. Air Bersih Sumur Bor Lebih Sehat

Ketika kondisi tanah baik da belum tercemar, lalu kita membuat sumur bor maka air yang dihasilkan lebih bersih dan sehat, lho. Catatannya hanya satu, air tanah tidak tercemar.

Kekurangan Sumur Bor Air Bersih

Dari kelebihan di atas, tentunya ada kekurangan yang perlu kita pahami.

1. Penggunaan Tenaga Listrik

Memang betul jika memiliki sumur bor sendiri tidak perlu resah akan adanya pemutusan. Akan tetapi karena sumur bor menggunakan tenaga listrik agar air dapat naik ke atas perlu perhatian khusus ketika listrik mati. Oleh sebab itu, kita harus menyediakan toran untuk menyimpan cadangan air bersih.

2. Masalah Lingkungan

Air bersih sumur bor gratis dan tidak perlu membayar kepada pengelola PAM. Walau begitu tetap harus bijak dalam menggunakannya. Ketika boros perlahan air akan habis, terlebih jika kita tinggal di pemukiman yang padat penduduk dan sedikitnya pohon-pohon yang berfungsi dalam menyerap air ketika hujan turun.

Hal ini juga, jika resapan air semakin sedikit sedangkan sumur bor semakin banya maka bahaya sumur bor akan membuat tanah rentan turun. Seperti yang terjadi di Jakarta.

Syarat Pembuatan Sumur Bor

Untuk membuat sumur bor perlu memahami beberapa syarat berikut ini.

1. Kedalaman Sumur

Membuat sumur bor ita harus memerhatikan lingkungan tepat tinggal. Jika lingkungan padat penduduk maka harus menggali lebih dalam lagi untuk menghindari tanah yang tercemar. Walau begitu batas kedalaman sumur bor di 50m.

2, Kualitas Tanah

Kondisi tanah selain tercemar atau masih alami harus perhatikan juga hal lain. Di mana lingkungan tempat tinggal kita termasuk tanah rawa atau bukan. Karena, jika dulunya tanah rawa maka air akan cenderung kotor.

3. Persiapan Budget

Sebelum membuat sumur bor perlu mencari tahu biaya yang kita butuhkan. Biaya sumur bor meliputi jasa, sewa alat, dan lainnya. Pastikan budget cukup. Termasuk untuk pemilihan pipa. Gunakan pipa yang kuat dan berkualitas baik.

Penutup

Setelah mengetahui, manfaat sumur bor, kekurangan dan syarat pembuatannya pastikan pembuatan sumur bor dengan keputusan yang bijak. Karena, kita tidak memikirkan hari ini saja, namun untuk kedepannya juga.

Jangan sampai kondisi tanah sudah tercemar yang akan membahayakan kesehatan diri kita dan keluarga. Atau melebihi batas kedalaman sumur bor. Dan, selalu ingat mau menggunakan air PAM atau sumur bor selalu bijak dalam menggunakan air bersih.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.