10+ Tips Jualan Sukses di Marketplace untuk Bisnis Rumahan Makin Cuan

Tomoyo Rin

Updated on:

tips sukses memulai bisnis rumahan modal kecil di marketplace

Menjalankan bisnis rumahan memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya dalam meningkatkan omset penjualan, namun kamu bisa mulai jualan di marketplace agar bisnis semakin cuan.

Menjalankan usaha dari rumah cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Atau, untuk siapa saja yang ingin memiliki tambahan income dengan menjual produk atau jasa.

Terlebih di era digitalisasi saat ini, bisnis rumahan merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Kamu bisa memanfaatkan pemasaran online agar produk atau jasa cepat habis terjual.

Pemasaran online meliputi media sosial, Google Ads, hingga bergabung di marketplace. Dengan bergabung di marketplace membantu kamu untuk menjual produk dengan target yang lebih luas.

Contents

Tips Jualan Sukses di Marketplace

tips sukses memulai bisnis rumahan modal kecil di marketplace

Marketplace adalah sebuah wadah atau sarana yang mempertemukan penjual dan pembeli secara online. Di Indonesia banyak marketplace ternama, seperti Lazada yang membuka kesempatan kepada pemilik bisnis ibu rumah tangga untuk berjualan.

Daftar di marketplace memberikan keuntungan tersendiri. Namun, sebelum cari tahu cara daftar di marketplace, berikut ini tips jualan sukses bagi kamu yang usahanya sulit berkembang.

1. Lengkapi Profil Toko

Melengkapi profil toko membantu pembeli untuk mengetahui jenis usaha kamu. Ini juga dapat menciptakan kepercayaan bagi pembeli.

Hal tersebut karena, tidak sedikit pelanggan yang selalu memastikan bahwa toko trusted atau tidak. Tujuannya untuk menghindari penipuan online.

2. Mencantumkan Deskripsi Produk dengan Jelas

Pada setiap produk harus mencantumkan deskripsi produk dengan jelas. Mulai dari nama, warna, ukuran, jenis, bahan pembuatan, dan lainnya yang menggambarkan produk usaha kamu.

3. Menggunakan Gambar yang Sesuai

Gunakan gambar produk yang sesuai dengan produk aslinya. Hasil foto mungkin berbeda, tetapi tidak melenceng jauh dari visual aslinya.

4. Harga Produk Terjangkau dan Kompetitif

Penting untuk menentukan harga terbaik dan kompetitif. Kamu bisa melakukan riset untuk menentukan harga yang cocok dan tetap menguntungkan.

5. Sediakan Beragam Pilihan Jasa Pengiriman

Umumnya marketplace bekerjasama dengan banyak jasa pengiriman, untuk itu sebaiknya kamu juga menyediakan berbagai pilihan ekspedisi. Dengan begitu pelanggan bisa memilih ekspedisi yang mereka inginkan.

6. Menyediakan Berbagai Tipe Pembayaran

Di marketplace tersedia beragam jenis pembayaran yang sudah saling terintegrasi. Ini bisa kamu manfaatkan untuk pelanggan bisa menggunakan berbagai metode pembayaran sesuai dengan keinginan mereka.

7. Berikan Promo Secara Berkala

Salah satu strategi penjualan online yang efektif dalam meningkatkan penjualan yaitu memberikan promo. Kamu bisa memberikan diskon, atau jenis promo lainnya.

Berikan promo secara berkala agar pelanggan rutin berbelanja di toko kamu. Misalnya promo gajian, promo akhir tahun, promo 11.11, dan sebagainya.

8. Manfaatkan Fitur Marketplace

Setiap marketplace memiliki beragam fitur yang membantu penjual untuk melakukan promosi, meningkatkan branding toko, atau fitur untuk mendatangkan banyak pelanggan.

Seperti di Lazada yang memiliki berbagai fitur unggulan dan blog Yuk Jualan Online. Di sini pengguna dapat belajar tips dan trik untuk memulai bisnis rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan di Lazada.

9. Menampilkan Review Pelanggan

Berjualan online agar bisa mendapatkan banyak pelanggan maka jangan ragu menampilkan review pelanggan. Baik itu review positif atau negatif agar pelanggan semakin percaya dengan bisnis Anda.

10. Lakukan Promosi

Walau sudah bergabung di marketplace, kamu tetap harus melakukan promosi di platform media online lainnya. Seperti, promo toko marketplace kamu di sosial media.

11. Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan yang dimaksud yaitu membalas setiap pertanyaan yang masuk ke dm atau pada setiap produk. Sebaiknya kamu merespon cepat agar pelanggan tahu apa yang harus diputuskan selanjutnya. Apakah jadi beli produk atau tidak.

Baca Juga: Rekomendasi Jualan Online Produk Skincare

Yuk Jualan Online di Lazada

yuk jualan bisnis rumahan yang menjanjikan di Lazada

Sebelas tips jualan sukses di atas membantu bisnis rumahan yang menjanjikan semakin mendatangkan cuan dengan bergabung di marketplace. Kamu bisa mulai berjualan di Lazada sebagai platform eCommerce no.1 di Indonesia.

Apalagi terdapat blog khusus yang mebahas menegenai tips serta strategi jualan di Lazada yaitu Yuk Jualan Online. Blog ini membantu seller yang masih awam mengenai cara berjualan online yang tepat, misalnya dalam membantu mengembangkan bisnis ibu rumah tangga.

Dengan membaca dan belajar seputar tips di Yuk Jualan Online maka kamu akan memahami cara tepat dan efektif agar bisnis rumahan modal kecil bisa mendatangkan cuan yang banyak. Adapun keuntungan yang akan kamu peroleh dari Yuk Jualan Online yaitu:

  • Mendapatkan informasi valid mengenai tips jualan online yang tepat.
  • Mendapatkan informasi terupdate mengenai strategi jualan online di eCommerce.
  • Adanya informasi tentang ide bisnis rumahan untuk kamu yang bingung mau usaha apa.

Baca Juga: Cara Kirim Paket Makanan ke Luar Kota

Cara Jualan di Lazada

Cara Jualan di Lazada sangat mudah yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi website yukjualanonline.com dan pilih kategori Jualan di Lazada
  2. Selanjutnya, pilih belum jualan online. Kamu akan diarahkan untuk daftar di Lazada atau LazMall.
  3. Masukkan nomor handphone yang aktif untuk menerima OTP.
  4. Langkah selanjutnya, masukkan alamat email dan buat kata kunci untuk bisa masuk ke akun seller.
  5. Unggah ID dan masukkan rekening Bank.
  6. Unggah produk
  7. Dapatkan pesanan

Demikian cara daftar akun seller Lazada. Jika sudah punya akun kamu bisa jualan bisnis rumahan modal kecil dan dapatkan cuan tiada henti dari pesanan yang masuk.

Apalagi Lazada platform eCommerce di Asia Tenggara dan No. 1 di Indonesia. Lazada juga menjadi eCommerce utama Alibaba Group di Asia Tenggara. Itulah mengapa bisnis eCommerce Lazada di Indonesia meliputi LazMall, Lazada Indonesia, dan Lazada Global.

Kuntungan berjualan di Lazada, yaitu:

  • Komisi 0%
  • Adanya gratis ongkir maksimal : komisi 0% selama 60 hari
  • Akan dibantu oleh ahli khusus selama 90 hari
  • Menjangkau jutaan pelanggan di Asia Tenggara
  • Adanya program inkubasi penjual baru
  • Jualan online kapan saja dan dimana saja melalui smartphone

Penutup

Agar jualan sukses di marketplace untuk ide bisnis rumahan kamu makin cuan maka harus memperhatikan beberapa tips yang sudah dibahas sebelumnya. Paling penting memilih eCommerce yang bisa membantu kamu untuk mengembangkan usaha, seperti Lazada.

Platform eCommerce Lazada terbuka untuk siapa saja yang memiliki bisnis rumahan dan bisnis lainnya yang mau memasarkan produk di sini. Terutama dengan adanya blog khusus Yuk Jualan Online membantu seller untuk bisa meningkatkan penjualan.

10 pemikiran pada “10+ Tips Jualan Sukses di Marketplace untuk Bisnis Rumahan Makin Cuan”

  1. Kalau jualan di Lazada dibantu selama 90 hari auto happy sih, secara kapan lagi dapat bimbingan sampai bisa jadi cuan kek gini. Lazada kalo support bisnis rumahan nomer 1 yaa

    Balas
  2. Bisnis rumahan kalau ditekuni untungnya akan banyak juga. Apalagi kalau kita gabung di Lazada tentunya jangkauan pemasaran lebih luas lagi dan keuntungan juga akan meningkat

    Balas
  3. Dari dulu tuh aku selalu pengen jualan online, kayanya selain buat nambah cuan, juga seru aja gitu nerima pesenan dan bungkus-bungkusin barang. hihi. Mau coba terapin tips dari Kak Erin aaaah

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.