Tips Memilih Investasi yang Tepat untuk Pemula

Tomoyo Rin

Updated on:

tips investasi untuk pemula

Bagi seorang pemula seperti aku perlu banget tips memilih investasi yang tepat. Hal ini karena investasi ada beragam jenis. Salah satunya investasi saham yang tidak bisa asal pilih sebelum paham resiko apa saja yang akan diterima.

Karena ketidakpahaman itulah akhirnya tidak berani memulai investasi hingga sekarang. Padahal seperti yang kita ketahui salah satu cara dalam mengatur keuangan dengan investasi. Karena, ada hal yang tidak bisa kita hindari yaitu terjadinya inflasi.

Setiap tahun terjadi kenaikan bahan pokok makana dan lainnya. Dimana sepuluh tahun kedepan inflasi akan begitu terasa. Sebagai contoh harga Mie Ayam tahun 2002 yang hanya Rp. 10.000, di tahun 2022 menjadi Rp. 25.000/porsi.

Lalu, apa yang akan terjadi di tahun 2032?

Mungkin biaya kehidupan sehari-hari yang tadinya cukup 10 juta per bulan menjadi 30 juta per bulan. Untuk menghadapi inilah kita harus mulai menabung dan investasi agar di masa depan tidak pusing karena financial.

Tidak ada alasan lagi untuk mulai investasi dari sekarang, walau masih pemula, tetapi kita bisa belajar banyak dari internet, dari orang yang paham tentang investasi atau mengikuti webinar khusus tentang investasi.

Baca Juga: Sukses di Usia Muda

Contents

5 Tips Memilih Investasi untuk Pemula

Ada banyak faktor yang memengaruhi takutnya mulai investasi. Dari tidak tahu harus memilih investasi yang tepat itu seperti apa, apakah harus melakukan monitoring setiap waktu, apa yang akan terjadi ketika membutuhkan uang dalam jangka waktu dekat sedangkan uang sudah diinvestasikan, dan kekhawatiran lainnya.

Karena itu, pada webinar yang aku ikuti mengenai Cerdas Berinvestasi bersama InvestasiKu dan ISB bahwa kita jangan sampai tergerus oleh inflasi. Caranya dengan investasi dan melakukan perencanaan keuangan.

Dalam perencanaan keuangan kita bisa membuat list seperti dana masa pensiun, dana pendidikan anak dan sebagainya. Dana tersebut tentunya diambil dari pemasukan atau gaji. Sisihkan juga untuk investasi.

Adapun tips memilih investasi yang tepat bagi pemula, yaitu:

1. Pilih Investasi yang Sesuai Kemampuan

Memilih investasi tidak harus dengan modal besar, karena kita bisa mulai investasi dengan dana kecil sesuai kemampuan finansial masing-masing. Jangan memaksakan diri atau ikut-ikutan trend yang sedang booming sedangkan modal saja tidak ada.

Lebih baik cari informasi investasi apa saja yang bisa kita ambil. Karena, ada banyak jenis investasi yanng dapat menyesuaikan dengan penghasilan bulanan. Diantaranya Deposito, obligasi, Reksadana, dan saham.

2. Pelajari Produk Investasi

Sebelum membeli produk investasi sebaiknya mempelajari terlebih dahulu syarat dan ketentuannya. Serta, apakah ada resiko besar jika inevstasi di produk tersebut.

3. Hindari Investasi Bodong

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, banyak sekali jasa yang menawarkan berbagai jenis investasi. Oleh karena itu, kita harus lebih hati-hati terhadap investasi bodong. Biasanya investasi bodong menawarkan keuntungan yang lebih besar dalam jangka waktu singkat.

4. Pilih Tempat Investasi Aman

Memilih tempat investasi yang aman tidak sulit. Kita bisa cek legalitas perusahaannya, sudah terdaftar di OJK, Bursa Efek Indonesia, dan sebagainya.

5. Pilih Tempat Investasi yang Mudah

Sebagai pemula yang belum paham mengenai sistem kerja investasi, namun ingin mulai berinvestasi maka pilihan terbaik adalah mencari tempat investasi yang mudah dari segi pendaftaran, pembelian produk, mengontrol investasi, hingga penarikan.

Salah satu rekomendasi layanan investasi untuk pemula yaitu InvestasiKu.

InvestasiKu, Tempat Investasi yang Cocok untuk Pemula

investasi saham di investasiku

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang menawarkan produk investasi seperti Saham, Reksadana, Obligasi, dan Rencana di bawah naungan PT Mega Capital Sekuritas. Aplikasi InvestasiKu sudah legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebagai aplikasi finansial yang menawarkan beragam produk investasi dari satu aplikasi, buat pemula aplikasi InvestasiKu memang cocok menjadi pilihan tempat untuk mulai berinvestasi. Karena, terdapat juga program Akademi InvestasiKu untuk belajar mengenai investasi.

Dengan adanya Akademi InvestasiKu bagi pemula yang mau berinvestasi bisa belajar terlebih dahulu produk apa yang sekiranya cocok untuk dibeli.

Sedangkan untuk alasan penting kenapa harus memilih InvestasiKu sebagai platform untuk merencanakan keuangan di masa depan bisa cek di bawah.

Alasan Memilih InvestasiKu

Memilih aplikasi investasi memang tidak boeh sembarangan, ya. Jangan sampai niat kita untuk mendapatkan masa depan yang sejahtera malah buntung di awal. Oleh sebab itu, kita harusteliti dan berhati-hati ketika membeli produk investasi di sebuah platform/aplikasi.

Jika kamu masih bingung bisa coba aplikasi InvestasiKu yang memiliki banyak keuntungan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Adapun alasan memilih InvestasiKu dalam mengatur financial, yaitu:

  1. Pendaftaran yang mudah.
  2. Proses pembelian produk yang simpel.
  3. Aman sudah berizin OJK.
  4. Mendapatkan bonus poin bagi yang bertransaksi rutin. Poin ini bisa kita gunakan di merchant CT-Corp.
  5. Beragam pilihan produk yang cocok untuk pemula.

Cara Daftar InvestasiKu

Mendaftar akun di InvestasiKu sangat mudah, lho. Cara daftarnya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah, ya.

aplikasi investasiKu untuk pemula
  1. Download aplikasi InvestasiKu di melalui Google Playstoter untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna Iphone.
  2. Buka aplikasi dan daftar akun.
  3. Masukkan data pribadi seperti KTP dan NPWP.
  4. Verifikasi biometrik atau pengenalan wajah.
  5. Selesai. Kini, kamu siap untuk mulai investasi dengan produk-produk yang terdapat di InvestasiKu.

Kesimpulan

Demikian tips memilih investasi yang tepat untuk pemula. Semoga bermanfaat dan bersama-sama mari kita atur keuangan sebaik mungkin untuk masa depan yang lebih baik dan lebih sejahtera. Karena, jika tidak kita mulai sekarang maka kesulitan finansial di masa depan tidak terelakan lagi.

Perlu digaris bawahi bahwa inflasi akan terus terjadi dan kita harus siap dengan segala resiko yang ditimbulkannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.