#ODOP Pendidikan

Wisata Industri Cikarang, Mengenal Lebih Dekat Proses Produksi 

wisata industri

Cikarang memang minim wisata alam, karenanya pemerintah Kabupaten Bekasi menekankan pada wisata Industri. Tidak kalah seru dan asyiknya dibanding wisata alam. Mengunjungi pabrik-pabrik industri di Cikarang akan membuat kita lebih mengenal proses produksi produk yang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari.

Aku saja baru paham tentang pembuatan mobil semenjak menjadi marketing di tempat kerja sekarang. Harap dimaklum aku memang dari pelosok negeri. Rumah tepat banget di kaki gunung, susah kendaraan umum, yang bahkan kota tercintaku sedikit orang yang tahu. Jadi, tentang kehidupan di kota benar-benar “nol”.

Industri di Indonesia

pabrik

Semenjak SMA sering berpikir tentang pekerjaan orang kotaKalau Petani dapat uang dari hasil menjual panen. Produknya nyata ada. Orang-orang di kota yang kerja di gedung-gedung tinggi kok gajinya pada gede, mereka kerjanya ngapain? Kan tidak ada produksi? 

Jawaban itu aku dapat semenjak kerja. Jadi paham mereka yang kerja di gedung berlantai banyak tidak membutuhkan tempat produksi. Karena menghasilkan uang, banyak caranya. Dengan menjual produk jadi, menjual ide, menjual jasa. Workshop penjualan dan plan produksi memang berbeda. Tidak serta merta di tempat yang sama. Selain itu, menjadi paham bagaimana mobil bisa semegah itu. Di mana prosesnya memang panjang sekali.

Toyota, Honda, Suzuki, Mitsubishi dan meker automotive lainnya tidak dapat berdiri sendiri membuat satu buah kendaraan. Karena kalau dilakukan sendiri waktunya tidak cukup. Membuat satu mobil saja bisa makan waktu lebih dari setahun, tuh. Oleh karena itu perusahaan lainnya datang mendukung.

Perusahaan A membuat bumper. Di B membuat head lamp. Sedangkan si C membuat kunci. Dan masih banyak perusahaan lainnya di bidang yang berbeda. Entah itu manufakturing injection plastic, rubber, stamping, die casting, press. Inilah kenapa banyak sekali perusahaan di Indonesia, khususnya Cikarang, Karawang, Bekasi, Cikampek, Tangerang. Itu pun belum ditambah manufakturing produk elektronik, makanan dan minuman, kesehatan, obat-obatan dan garmen.

Banyak banget, loh. Cikarang salah satu kota industri yang mencakup bidang tersebut. Manufakturing yang bergerak di bidang injection plastik di Cikarang lebih dari 100 perusahaan. Di mana memberikan ribuan lowongan pekerjaan. Memberikan kehidupan pada mereka yang bekerja dari pagi hingga pagi lagi.

Wisata Industri Cikarang untuk Edukasi

Tidak dipungkiri memang hiruk-pikuk kehidupan aku rasakan saat tinggal di kota. Selalu merasa takjub kalau berkunjung ke suatu perusahaan dan mendapatkan ilmu baru. Seperti menciptakan satu mobil itu, part pelastik dan besi yang dibutuhkan banyak banget dan beragam. Dari yang ukurannya sebesar lingkar jari kelingking atau yang sebesar jarum itu dibutuhkan. Sungguh luar biasa dirakit satu persatu sehingga bimsalabim jadilah mobil yang diimpikan banyak orang.

Asyik loh dapat mengunjungi proses produksi itu. Dengan program wisata industri di Cikarang ini sudah ada beberapa perusahaan yang membuka lebar gerbang untuk dijadikan wisata edukasi.  Ada PT. Astra Honda Motor, PT. Unilever, PT. Aje Indonesia, PT. Mayora Indah TBK, PT. Danone Indonesia, PT. Coca Cola Amatil Indonesia, dan beberapa perusahaan lainnya bisa cek di wisataindustri.com.

Wisata Industri ini merupakan program yang sangat baik karena orang awam pun dapat mengetahui tentang perusahaan yang dikunjungi. Tentang merakit motor, proses pembuatan minuman dan makanan. Sebuah proses yang akan membuatmu terkaget-kaget akan kemajuan teknologi buatan manusia yang luar biasa kerennya.

Jalan-jalan tidak hanya ke tempat yang langsung menunjukan keindahan alam, namun dapat juga wisata ke tempat-tempat industri. Seperti wisata industri Cikarang. Yuk, kali-kali pelesirannya ke tempat yang tidak biasa. Barangkali kepincut untuk membuat perusahaan mobil sendiri.

____________________

Postingan ini Diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community

 

 

Tentang Penulis

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

(52) Komentar

  1. jadi masyarakat juga bisa tahu apa itu industri ya

    1. Betul mba, dengan wisata industri masyarakat jadi paham dunia perindustrian itu bagaimana.

  2. Selama ini palingan nonton “wisata industri” di tv kabel semacam discovery channel gitu. kayaknya asyik juga ya kalau melihat langsung ke pabriknya

    1. Asyik mba. Apalagi ke industri makanan, siap2 lapar seharian. hehe

  3. Iya Cikarang sampe gede gitu banyak banget perusahaanya salah satu anak cabang kantor juga ada di Cikarang mba 🙂

    1. Oh, begitu mba. Ini saja masih banyak pembangunan PT baru.

  4. Cikarang itu luar biasa banget ya. Banyak sekali industri-industri yang dibangun di sana. Teman-teman sekolah saya juga ada yang kerja di salah satu industri Cikarang. Gajinya emang gede..

    1. Iyah mba, Industrinya maju. Sekarang saja masih banyak pabrik yang sedang dalam tahap pembangunan.

  5. Duh baca ini jadi inget sama kegiatan klien yang suka ngundang media untuk keliling pabriknya dan rata-rata klienku di CIkarang. Aku senang banget kalau sudah kunjungan pabrik, karena jadi tau proses produksi dari suatu produk itu sendiri.

    1. Betul mba, enak ya bisa keliling.

  6. Wah kayak Ungaran kotaku hihi kota industri jadi mainnya ke pabrik, tapi wisata alam juga banyak Alhamdulillah hihi

  7. Orang di kampungku, bahkan teman-teman SMPku banyaaak banget yang kerja di Cikarang Mba. Memang rata-rata kerja di pabrik. Pas masih single dulu aku sering main ke mess saat weekend. Kesan pertamaku itu kayak di manaaa gitu, gedung dan pabrik semua isinya 😀

    1. Hehe…. tidak kaya di kampung ya mba. Kadang mumet si ketemu pabrik lagi, pabrik lagi.

  8. Anak sekolah atau kuliah paling yang sering wisata industri. Kalo orang umum, biasanya ibu-ibu PKK, tapi kalo perorangan gitu apa bisa mba?

  9. Syarifani Mulyana menulis:

    Selama ini, cuma nonton di tipi.
    Perusahaan lokal nonton di Si Until, sedangkan perusahaan luar nonton di NatGeo.
    Seru sih ngeliat mesin yang bekerja, menggantikan tangan manusia.

    1. Iyah mba. Tapi, tenaga manusia juga masih banyak yang dibutuhkan.

  10. Pabrik di Cikarang ternyata banyak ya. Jadi lapangan kerjaan pun makin terbuka. Jepara juga sekarang makin byk pabrik. Ya semua ada positif negatifnya sih

  11. Juliastri Sn menulis:

    Cikarang memang terkenal sebagai kota industri ya. Segala macam pabrik ada disana.. 😀

    1. Betul mba, dari perusahaan masih abal-abal, masih berkembang sampai yang high level, banyak. hehe

  12. Pabrik-pabrik di Cikarang banyak yg open public. Waktu itu saya dan murid2 pernah ke nestle. Senang melihat anak2 semangat melihat proses produksi, apalagi humas pabriknya juga komunikatif banget

  13. Aku pernah ke sini, factory tour bareng teman-teman bllogger bekasi dan lainnya, zaman dulu kala sih, tahun 2012-an 🙂
    Seru dan nambah wawasan.

  14. Wah, iya, Cikarang tea atuh. tempatnya banyak pabrik. Tapi, aku kepengen deh jalan-jalan factory visit gitu. Pengen tahu kayak gimana proses produksi suatu produk. Tapinya gak kesampaian aja. Waktunya selalu gak pas. Wikdey terus. Heheheh…

  15. Ih Cikarang makin banyak aja inovasi spot apiknya buat dikunjungi. Duh masuk wishlist lagi tahun depan.

    1. Silahkan mba berkunjung ke Cikarang.

  16. Nah, wisata industri bagus juga ya untuk membuka wawasan anak-anak tentang aneka pekerjaan yang ada di sekitarnya. Selama ini taunya anak-anak wisata ke farm dan pembuatan kue-kue saja. Ternyata bisa ya kalau mau adakan wisata kerja sama dengan lokasi industri yang bersedia menerima kunjungan.

    1. betul mba, sekarang bisa di Cikaarang.

  17. Dulu jamannya aku STM pernah kunjungan ke industri percetakan. Teman2ku juga ada yg praktik kerja di perusahaan2 otomotif. Itu jamannya sekolah.

    Dengan adanya wisata industri ini setiap orang bisa merasakan pengalaman berkunjung ke tempat2 yg disebutkan di atas.

    1. Iyes, mba. Barangkali dapat jodoh kerja di tempat yang dikunjungi.

  18. Oh ternyata ada wisata industri ya mba, baru tahu saya. Saya domislli bekasi utara tapi kerja di cikarang barat loh mba, tapi bukan di kawasan industri, di kementerian pertanian dan lokasinya dekat dengan kawasan MM2100. Tiap hari kadang bolak balik masuk kawasan indutri walau hanya untuk beli mie kering di pinggir jalan area kawasan… Wow, saya ga yangka ternyata ada perusahaan yang bisa dijadikan wisata industri yah, padahal kalau saya lihat dari luar bangunan perusahaan itu seperti menyeramkan yah mba makanya saya suka males masuknya, ada rasa gimana gitu, takut dan khawatir krn banyk alat besar-besar…. tapi setelah ini jadi tahu kalau ada wisata industri…. infonya baru banget nih buat saya, trims mba..

    1. Iyah mba sekarang dibuka wisata industri. Memang kalau image perusahaan dari luar agak seram. Apalagi kalau sudah berhadapan dengan security, takut diusir. Hehe

  19. Duh kalau aku pasti semangat banget diajak ke wisata industri begini. Jadi tahu proses pembuatan sebuah produk

    1. Sama mba aku juga paling senang saat berkunjung ke pabrik produksi.

  20. estelita zainal menulis:

    Wisata industri itu bagus banget. Saya ingat waktu SMP dan SMA pergi ke pabrik Aqua, pabrik indocement. Anak-anak juga pada seneng, nambah pengetahuan, terus disuruh bikin laporan hasil kunjungan. Apalagi buat anak SMK jurusan tertentu yang berhbngan sama industri (mesin, otomotif) pasti berguna banget.

    1. Betul mba, waktu sekolah aku pernah sekali ke pt yakult.

  21. Ratna menulis:

    Baru dengar kalau ada wisata industri, sepertinya cocok untuk diadakan di kampus” buat pengenalan kepada mereka ya mbak

    1. iyah, mba. Buat mahasiswa bagus nih mba, bisa jadi pengetahuan tambahan tentang dunia industri.

  22. Sandi menulis:

    Kotaku adalah kota industri, tetapi hanya beberapa perusahaan saja yang menerima dan mempunyai program wisata edukasi

    1. di Cikarang juga tidak semua. Hanya beberapa.

  23. Andai wisata industri ini ada di daerahku, alangkah menyenangkan dan bermanfaatnya bagi masyarakat terutama siswa sekolah. Belajar tidak lagi sekadar teori dan bayangan

    1. Sini mba ke Cikarang… hehe

  24. Menarik sekali, Mbak. Jadi pengen lihat-lihat. Dulu suami sempat mau pindahan ke Cikarang kerjanya. Tapi urung, dia milih ke Cibitung. Jauh banget dari rumah 🙁

    1. Sini mba ke kawasan Industrinya. hehe

  25. Nurul Fatikah menulis:

    Di Cikarang banyak banget wisata industri, ya, Mbak.. Musti reservasi dulu, gak, Mbak kalau mau berkunjung?

    1. bisa cek di wisataindustri.com. Mba. Biasanya reservasi dulu.

  26. Lelly menulis:

    Saya juga pernah ke Cikarang. Masuk ke pabriknya barbey dan hotwheels. Ternyata masih banyak menggunakan tenaga manusia. Even sudah mulai digantikan dengan robot sih

    1. PT. Mattel itu mba. Memang masih banyak tenaga manusianya.

  27. Belum pernah nih wisata industri. Jadi Cikarang bisa jadi salah satu destinasi ya. Bisa tahu banyak hal, tertarik mau ke sana

    1. Betul mba. Cikarang menjadi salah satu pilihan jika ingin berwisata industri.

  28. kalau anak usia SD bisa nih wisata edukasi ke pabrik di Cikarang.
    Seru tuh belajar langsung ke pabriknya

    1. Bisa Mba.
      Silahkan ajak. 😀

      1. Adi sandi menulis:

        Boleh minta wa mbak. Saya mau ngadain kunjungan industri mbak

        1. silahkan kirim e-mail terlebih dahulu mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.