ZnP Cibodas Kuningan, Tempat Liburan Seru di Perbatasan

Tomoyo Rin

Updated on:

znp cibodas kuningan

ZnP Cibodas Kuningan merupakan sebuah wahana taman bermain yang sangat cocok untuk wisata keluarga. Terutama untuk teman-teman yang berada sekitaran daerah Cibingbin-Cibeureum. Wisata yang ternyata sudah ada sejak 2017 ini menjadi salah satu destinasi wisata terdekat yang sayang untuk dilewatkan.

Belakangan ini karena memang musim libur sekolah dan kekuatan share di sosial media, ZnP Cibodas menjadi daya tarik warga sekitar hingga ke perkotaan.

Bukan hal yang aneh jika banyak orang yang penasaran dengan salah satu wisata di ujung timur kota Kuningan ini. Karena ZnP Cibodas menyuguhkan tempat wisata yang instagramable untuk berswafoto, melahap ikan bakar lezat bersama orang tercinta, dan aktifitas lainnya seperti berenang. Lalu, menikmati seluncuran berwarna pelangi.

Daya Tarik Taman Wisata ZnP Cibodas Kuningan

wahana znp cibodas kuningan

Memasuki kawasan taman ZnP Cibodas akan disambut oleh burung kakak tua berwarna putih. Melihat ke sekeliling ada kolam renang khusus untuk balita, gajebo untuk bersantai, spot untuk narsis, tempat makan, kolam renang dan seluncuran.

Spot di sana sangat menarik hati. Membuat jemari tidak berhenti untuk selfie ria. Dengan suasana sekitar yang menyegarkan dengan menikmati pemandangan pegunungan membuat kaki tidak ingin beranjak dari tempat wisata. Seharian di ZnP Cibodas tidak akan bosan.

Apalagi tiket masuk ZnP Cibodas Kuningan murah-meriah, lho. Dengan Rp. 15.000 dapat menikmati semua fasilitas yang ada di sana. Kecuali pengeluaran pribadi.

Terutama untuk urusan mengenyangkan cacing dalam perut. Tsah. Yes, murah kan! Dengan budget pas-pasan bisa menyegarkan otak yang tengah memanas karena pekerjaan atau karena si pujaan hati membuat pusing kepala.

Baca Juga : Tahu Gejrot Kuningan selalu Jadi Favorite

Akses Menuju ZnP Cibodas Kuningan

Jika selalu ada jalan menuju Roma, maka menuju ZnP pun dapat pengunjung lalui dari beberapa rute. Namun, aku akan berbagi akses menuju ke sana yang lebih mudah.

Jalannya dapat dilalui kendaraan ronda dua dan ronda empat dengan kontur jalan yang lumayan baik. Namun, karena tidak ada angkutan umum yang menuju wisata ZnP Cibodas Kuningan harus membawa kendaraan pribadi.

Adapun rutenya adalah:

Dari Masjid Sindang Jawa ambil arah ke Desa Ciangir hingga menemui pertigaan. Ambil kiri melewati jembatan yang tidak begitu panjang. Selanjutnya lurus hingga menemukan tulisan ZnP Cibodas di sebelah kanan jalan. Masuk sekitar 50 m, tiba deh di lokasi wisata Znp Cibodas Kuningan.

Atau bisa mengikuti arahan mbah google di alamat ini:

Jl. Cipondok Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan Jawa Barat 45587.

Baca Juga : Makanan Khas Kuningan, Wajib Dicoba!

Btw, yang penasaran berkunjung ke ZnP Cibodas Kuningan bisa memilih waktu sesuai jadwal libur. Karena ZnP Cibodas buka setiap hari dari pukul tujuh pagi hingga pukul enam petang.

Perlu teman-teman ketahui untuk libur panjang dan weekend, wisata air satu ini padat ramai oleh pengunjung. Silahkan sesuaikan dengan jadawal libur. Dan berikut ini sedikit wejangan untuk para pengunjung.

Pengunjung adalah Tamu, Jangan Lakukan Hal Ini!

Sebagai pengunjung harus sadar diri untuk menjaga kebersihan lingkungan di wahana taman bermain. Jangan membuang sampah sembarangan.

Seperti saat aku berkunjung ke sana di kamar mandi berserakan sampah plastik yang menyumbat pembuangan air. Sehingga air menggenang yang membuatku merasa tidak nyaman membersihkan diri setelah berenang.

Membuang sampah sebetulnya hal yang mudah, namun kebanyakan orang sulit melakukannya.

Jangan pernah juga untuk mencoret-coret fasilitas yang ada di sana. Walau masuk ke sana tidak gratis, namun bukan bearti memiliki hak untuk merusak keindahan fasilitas. Melainkan sebagai pengunjung yang baik harus ikut andil dalam memelihara dan menjaganya.

30 pemikiran pada “ZnP Cibodas Kuningan, Tempat Liburan Seru di Perbatasan”

  1. Saya belum pernah kesana mbak.. tapi semua suatu saat bisa berkempatan main kesana. Setuju sekali mbak kalau tempat wisata penug pasti sampahnya jg penuh, huhu. Kesadaran membuang sampah memang harus terus digaungkan.

    Balas
  2. Harga segitu dengan fasilitas komplit yg didapat tentu membuat ingin terus ke sana saat liburan. Terlebih anak2…wahana bermainnya sungguh menyenangkan mereka. Coba ajah kalau dekat rumah saya…pasti ke sana tiap minggu

    Balas
  3. Toket masuknya cukup terjangkau ya. Meskipun sangat terjangkau, seloga kebersihannya bisa selalu terjaga ya. Suka gemes aja gituu mentang-mentang tiket masuknya relatif terjangkau, orang-orang yang datang asal buang sampah sembarangan. Kita sendiri yg harus mulai merubah image tempat wiasata murah enggak selalu kotor.

    Balas
  4. tarifnya sama seperti wisata di kota kecil ini, hanya 15 ribu. murah meriah. namun masalah fasilitas, lebih bagus di sana. area bermain anaknya banyak, pasti bakal betah deh menghabiskan waktu di cibodas

    Balas
  5. Soal sampah ini. Kayaknya di Indonesia tu harus ditindak tegas pelakunya. Soalnya kadang malah ada yang sengaja buang di situ padahal ada papan peringatan, “dilarang buang sampah di sini”

    Balas
  6. Wahh..kalo deket udah tak samperin mbaa, tiap hari kali ke sana yaa HTMnya murah fasilitasnya banyak, anak-anak senang orang tua pun senang hehhe… Semoga ada kesempatan mampir ke sukabumi..

    Balas
  7. Wah Cibinggin mah tempat nenek dari bokap, deket atuh kali ya, saya juga baru tau ada kolam wisata menarik begini. Kadang ada aja ya orang iseng yang coret-coret tembok, entah maksudnya apaan.

    Tiket masuknya juga murah banget, semoga selalu dijaga kebersihan dan fasilitas yang ada, sehingga tetap memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung yang datang.

    Balas
  8. Baru tahu bahwa ada nama Cibodas di wilayah lain. Selama ini tahunya Cibodas itu kawasan wisata di kawasan Puncak yang berada antara Cianjur/Bogor. Rupanya di Kuningan ada juga nama Cibodas.

    Pesan yang bagus tentang tamu = pengunjung. Sesuatu yang memang kerap tidak disadari banyak orang karena mereka beranggapan pengunjung=raja yang bisa melakukan apapun seenaknya saja. Padahal, raja saja tidak seharusnya begitu. Memang susah ya Mbak soal sampah.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.