Kuliner

Bakso Populer di Kuningan Jawa Barat ini, Dijamin Bikin Nagih!

bakso populer di Kuningan Jawa Barat

Wahai Para Pencinta Bakso Merapat, dong! Aku mau berbagi tempat makan bakso populer di Kuningan Jawa Barat. Dan tentunya menjadi idola banyak orang.

Penjual bakso memang banyak, namun yang selalu dihati hanya satu-dua. Selama 8 tahun berkelana di dua kota. Aku belum menemukan bakso senikmat di Kuningan. Kalaupun ada, selalu saja ada kekurangan. Entah itu dari kuah yang kurang sedap, bakso yang terlalu banyak sahangnya, dan mie putih alias laksa yang keras walau sudah disiram kuah panas. Kalau mie kuning, hampir sama saja,  tidak begitu mencolok perbedaannya.

Untuk bakso aku memang jarang pakai mie kuning, karena lebih nikmat pakai  laksa dan sayuran seperti sawi atau toge. Terutama laksanya yang lembut saat disiram kuah bakso yang panas. Bukan yang keras sehingga membuat nikmat baksonya berkurang. 

Bakso Populer di Kuningan yang Wajib Dikunjungi

bakso solo terlezat di kuningan

Bakso popular di Kuningan ini lokasinya ada dipusat kota yaitu depan pusat perbelanjaan Surya dan Jogja Lama. Tempatnya selalu ramai loh, sampai ada 3 karyawan laki-laki yang menghidangkan, mengolah, dan mencuci mangkuk kotor.  Namanya Bakso Solo. Untuk orang Kuningan image Bakso lezat yang menjadi sebuah keharusan untuk dicicipi. Jadi pensaran makan bakso di Kota Solo langsung.

Yang masih jadi pertanyaan, kenapa yang jualan bakso itu selalu laki-laki? Ada yang bisa kasih jawaban?

Jika makan di tempat biasanya terhidang aneka kerupuk, lontong, dan ketupat. Sedangkan untuk minumannya ada yang dikemasan botol maupun di gelas biasa. Tergantung pesanan. 

Bakso yang ditawarkan ada bakso urat dan daging dengan penyajian yang tidak beda jauh dengan bakso di tempat lain. Untuk saus, kecap dan sambal dituangkan sendiri sesuai selera.

Untuk bakso yang di dekat Jogja lama, bersebrangan dengan pusat toko emas, tersedia menu mie ayam. So, makan rame-rame dengan pencinta mie ayam tidak perlu khawatir. Tempatnya juga luas, cocok deh buat ajak orang sekampung.

Jika sedang di kota kuda satu ini dan mencari tempat makan bakso populer di Kuningan yang enak dengan harga terjangkau yaitu lima belas ribu untuk satu porsi. Silahkan datang saja ke tempat yang aku sebutkan di atas. Dijamin tidak bakal kecewa, karena rasa kuah, bakso dan perpaduan bahan lainnya sangat lezat. Terutama, dilahap saat cuaca terik dengan sambal yang super pedas. Yuami. 

Ah, iya soal sambalnya yang tidak begitu suka pedas cukup satu sendok saja. Jika lebih siap-siap saja berderai air mata. lol. 

Karena lokasinya berada di pusat kota. Bersebrangan juga dengan taman kota Kuningan. Di mana kamu bisa mencicipi tahu gejrot Kuningan yang tidak berbau seperti tahu gejrot pada umumnya.

Btw, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Kuningan lainnya ya. Share juga dong, bakso populer yang ada di daerah masing-masing. Siapa tahu ada kesempatan untuk berkunjung ke daerah teman-teman. 

Tentang Penulis

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

(48) Komentar

  1. Baksooooo, jadi pengen ngebakso nanti sore.

    Kalau di sini ada bakso malang. Enaaak banget, kuahnya seger juga. Seporsi 12 ribu. Nagih kalau udah ngebakso di sana.

    1. Wah… jadi pengin mba. Bakso malangnya.

  2. Aduh segernya dan bikin ngiler ini Mba hahaha
    kebayang kuahnya, tambah lontong juga kalau belum bikin kenyang
    baksonya yang gede dan sambelnya aduh bikin kemecer lidah

    1. Hehe… sama lontong atau ketupat memang enak.

  3. Mba Erin ini orang Kuningan ? Saya juga loh..
    Sering dengar juga bakso yg depan Surya itu katanya enak, pernah sekali doang makan di sana saat mudik..
    Yg di depan SMA 1 juga katanya enak, beberapa kali kesana.. tp lupa nama warungnya apa

    1. Iyah mba aku asli Kuningan. Oh iya ada yang depan SMA 1, di sana juga kalau lihat suka rame.

  4. Siang gini bacain bakso, wah wah wah asli bikin kepengen. Bakso itu jajanan yang jadi favorit banyak orang dan susah tergantikan ya mbak meski jaman sekarang makin banyak jajanan modern. Saya juga sudah ngedraft tulisan bakso terkenal di kota kelahiran nih cuma belom sempet ngedit.

    1. Ayu publish mba. Hehe… Barangkali lagi ada yang cari infonya.

  5. Saya bukan penggemar makanan bernama bakso atau mie ayam. Tapi, kalau sudah nemu bakso dan mie ayam yang wenak dan serasa dengan lidahku, bakalan belinya itu itu saja. Pernah ke Kuningan tapi lupa nama daerahnya saya, Mbak. Boleh nich kapan kapan kalau mampir Kuningan di cari dech baksonya. Oh iya, saya suka menikmati bakso tanpa campuran apa apa, jadi bakso, mie kuning dikit, seledri, bawang goreng dan kuah tanpa kecap dan tanpa saos. sambal bolehlah sesekali.

    1. Silahkan mba kalau ke Kuningan jangan lupa mampir ke Bakso Solo depan Surya.

  6. Bakso emang selalu menggiurkan ya, ini namanya kok kayak bahasa Jepang ya Mba, hehe. Mayan jadi nambah referensi bakso nih kalau pas berkunjung ke Kuningan 🙂

    1. Jangan lupa mampir ke Bakso Solo di Kuningan mba. hehe

  7. Megha menulis:

    Sayang sekali aku penggemar bakso malang saja mbak. Kalo mie baso seperti ini aku suka ashma. Ntah kenapa tiap makan bakso begini ashma ku kambuh langsung sesak. Jadi aku kapok ga pernah makan lg meskipun menggiurkan

    1. Wah… baru dengar loh mba kalau bakso biasa bikin asma kambuh. Bakso malang aku juga suka.

  8. masalah bakso gak ada matinya. apalagi yg urat begitu. huuummm yummy. dicocol saos , woah… 1 ajah gak cukup. tapi semangkok udah kenyang banget

    1. Iyah mba. Semangkok udah kenyang. Biasanya gak akan nasi lagi.

  9. Baso salah satu makanan kegemaranku. Heran deh gak pernah ada bosannya. Makanya warung baso seperti Bakso Populer ini terus saja menggoda pelanggannya ya Mbak.

    Mudah-mudahan suatu saat aku juga sampai di Kuningan dan mampir ke sini

    1. Iyah mba bakso gak ada matinya. populer terus.

  10. Kerja di restoran itu berat Mbak..kwkwkw
    Termasuk tukang bakso gitu. Butuh stamina prima. Makanya kebanyakan laki-laki yang dipilih. Kecuali bagian kasir atau cuma pelayan saja. Karena biasanya mereka harus bisa semua ..nyuci piring, beres-beres, angkat-angkat.
    Pengalaman saya masuk Management Trainee McD jaman dulu kala, dari 20 orang yang diterima perempuannya cuma 4. Karena kerja shift(kalau resto buka 24 jam bisa dapat tengah malam) belum lagi berdiri keliling resto sepanjang hari – sesekali saja ngerjain administrasi..)
    Lah malah dongeng..hihihi

    1. Iyah ya mba. Di restoran malah tenaga lelaki yang banyak dibutuhkan. Eh, tapi aku juga pernah si mba kerja di warung padang. Cuci piring doang memang pegal.

  11. Duh, saya bacanya pas lg ujan nih… Kebayang enaknya mkn bakso panas & pedas… Beli yg deket aja deh, mudah2an kapan2 bisa coba baso solo di kuningan…

    1. Amin, mba. Jangan lupa kalau ke Kuningan cobain baksonya.

  12. Aseek enak nih hujan2 gini ngebakso
    Tempting banget tuh baksonya
    Kapan2 klo lg pulang ke Cirebon n main ke. Kuningan cobain ah

    1. Silahkan mba Ophi. Dijamin gak kecewa.

  13. Bakso ini favorit banget ya, siapa sih yang gak doyan sama bakso. Apalagi kalau makannya bisa sama-sama tambah enak lagi deh.

    1. Makin rame makin enak ya mba.

  14. Emang ya, kalau lagi makan di luar terus nggak ada ide atau nggak familiar sama menu yag disediakan. Bakso adalah penyelamat, karena biasanya seluruh keluarga doyan. Aku favorit banget sama bakso urat. Udah deh, kalau lagi makan bakso nggak kepikiran sama yang namanya kolesterol, hehe

    1. Iyah mba. AKu juga suka bakso urat. Haha…aduh kolestrol lupain dulu.

  15. Wiihh jadi ngiler makan bakso hahah, kayaknya saya udah sebulan gak makan bakso deh gegara kepincut sma makanan lan, tp liat ini jd pengen beli di warung dkt sini hahaha

    1. Hehe… aku walau lagi pengin makanan lain. Pasti dalam seminggu beli bakso.

  16. Wah, mantab tuh Bakso Solonya. Apalagi bisa ditambah dengan ketupat ya agar makin kenyang. Pas hujan, makan bakso panas gini. uwwwhh… bikin pengin nambah mulu. 😉

    1. Iyah mba saat dingin memang enaknya seruput yang dingin-dingin ya, mba.

  17. Saya juga paling sering pakai laksa dibandingkan pakai mie kuning. Memang lebih sedap pakai laksa ditambah sayuran hijau ya…
    Tapi kalau mamangnya gak menyediakan, ya, mau gak mau pakai mie kuning

    1. Kalau gak ada aku beli baksonya saja mba. Hehe..

  18. Bakso itu salah satu makanan favorit ku. Apalagi pas sakit kepala, makan bakso pedes2 gitu, biasanya jadi sembuh deh sakit kepalanya

    1. Ah, setuju mba. Aku juga suka gitu kalau pas lagi mumet pasti nyari bakso yang ada kuahnya dengan sambal super pedas.

  19. menulis:

    Alamakk pas lagi laper.. ujan… baca ini.. huhu serasa kudu pesen online baksonya langsung dari kuningan.. hehe

    1. Hehe…. dingin di jalan mba kuahnya.

  20. menulis:

    Bakso memang bikin nagih tapi menurutku kalo makan bakso langsung di Solo, rasanya manis. Aku lebih suka bakso khas Jawa Barat yang gurih dan pedas.

    1. Kok baksonya manis ya, mba? Jadi penasaran aku.

  21. Saya tadinya klo liat bakso tu dah pikiran kemana-mana. Gak mau banget lah malan bakso mah. Ini hamil anak kedua kok pinginnya makan bakso mulu.

    1. Kaya mertua saya ini mba. Yang gak doyan bakso jadi pecinta bakso semenjak hamil.

  22. Meski di Kuningan tetep nama baksonya Bakso Solo hehe.
    Itu sambelnya kyk ada sambel ijonya ya mbak?
    Hmmm knp yang jual bakso selalu laki? Krn yang modalin adalah perempuan haha 😛

    1. Iyah mba, banyaknya bakso di Kuningan ya bakso solo.
      Wkwkk… bisa saja mba April ini.

  23. hujan-hujan liat postingan ini makyosss banget jadi pengen mba sepertinya besok aku beli bakso hahahah

    1. Hehe… aku saja yang nulisnya langsung beli bakso mba besoknya.

  24. Oh iyaa…
    AKu jadi ingat, ada Jogja lama ada pula Jogja baru yaa…?
    Salah satu mall terbesar di Cirebon.
    Aku dulu sempat tinggal di Cirebon 3 tahun, kak…di Klayan.

    Tapi…
    Belom pernah makan bakso.
    Hiiks~
    Ibuku sukanya beli lauk diiii…dekat Hero ((apa namanya yaa…lupa aku))

    Rindu main ke Cirebon.

    1. Ini mah di Kuningannya mba. Hehe… memang sama si ada jogja lama sama baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.