nasi kasreng kuningan
Indonesia Food

Menikmati Nasi Kasreng Kuningan Khas Luragung yang Sederhana Namun Lezat

Jika Jogja punya Nasi Kucing, di Kuningan Jawa Barat juga memiliki makanan khas yang tidak beda jauh penyajiannya yaitu Nasi Kasreng khas Luragung. Kasreng adalah hidangan sederhana yang sangat ekonomis.

Sebentar, Luragung? Yang punya armada bus antar provinsi, itu?

Yes, betul sekali. Luragung tidak hanya terkenal dengan bus-nya. Namun, salah satu daerah di ujung timur Kuningan JaBar ini memiliki ciri khas kuliner yang menjadi incaran banyak kalangan. Dari anak sekolah yang mengantongi uang saku pas-pasan, para petani, hingga konglomerat seperti para pejabat.

Selain memiliki rasa yang nikmat, harga nasi kasreng khas Luragung ini sangat murah meriah. Hal, inilah kenapa aku sebut gak beda jauh dengan Nasi Kucing. Dengan penyajian yang tidak jauh berbeda, meskipun banyak perbedaannya. Tsah.

Paduan Sederhana Nasi Kasreng Kuningan Khas Luragung   

Nasi Kasreng disajikan dengan beberapa menu lauk pauk yang dapat dipilih sesuai selera. Untuk nasinya pun ada yang menyediakan nasi merah dan hitam. Bahkan, jika warung kasrengnya lumayan besar tersaji sop ayam atau iga sapi.

sup iga sapi
Sop Iga Sapi

Untuk standar nasi kasreng itu nasi, rebon dan toge. Cukup itu doang nikmat banget loh. Kalau mau tambahan lauk lainnya bisa dengan ayam goreng atau lainnya yang tersedia. Bebas pilih, sesuka hati dan tentunya sesuai selera.

Warung kasreng hanya buka dari pagi hingga sore. Kalau malam jarang ada yang buka. Kecuali memang warungnya ada di dekat pemukiman warga. Seperti dekat ke alun-alun Luragung.

Sedangkan yang ada disekitaran persawahan tidak ada yang sampai malam. Walau lokasinya strategis yaitu ada di area jalan besar, jalur utama penghubung Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tetap saja, lewat dari jam enam sore sepi, sunyi dan senyap. Suasanan menjadi horor antara didatengin begal atau makhluk tak kasat mata. Hihi.

Mencicipi Nasi Kasreng Sambil Menikmati Pemandangan Alam Sekitar

Yang lagi di Kuningan, boleh dong mampir dulu ke Luragung untuk mencicipi makanan khas Kuningan satu ini. Jarak dari pusat kota Kuningan, sekitar setengah jam.

Tempatnya juga nyaman, karena beberapa warung kasreng menyediakan fasilitas yang lumayan lengkap. Seperti tempat shalat, wc, gajebo, dan lahan parkir yang luas. Tambahan lainnya adalah view persawahan. Bikin tentram dan makan semakin nikmat. Tapi, mohon maaf tidak ada fotonya. Maklum datanya ada di hape yang dibawa maling. Hiks.

Buatku, menikmati Nasi Kasreng Kuningan dengan view persawahan terasa lebih nikmat. Sajian yang sederhana, berpadu dengan nuansa alam yang sederhana juga. Keseimbangan yang pas antara makanan dan suasana alam disekitarnya. Suasana khas pedesaan yang akan selalu dirindukan. 

Tidak, percaya? Silahkan berkunjung langsung!

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.