Tips Mudah Belajar Gitar Untuk Pemula

tips belajar gitar untuk pemula

Gitar adalah salah satu alat musik yang popular dikalangan anak muda, sehingga tidak heran jika banyak pemula bermunculan untuk belajar alat musik petik ini. Baik untuk sekedar hobi untuk dimainkan sendiri maupun dalam grup band. Gitar memberikan warna tersendiri bagi sebuah lagu.

Sama halnya seperti piano, bernyanyi dengan alunan gitar saja membuat lagu hidup. Bahkan untuk sekedar bersenandung dengan teman saat berkumpul, gitar membuat suasana menjadi hidup. Tidak peduli suara jelek sekalipun hanya kebahagiaan yang tercipta.

Jadi, jika kamu tertarik dengan alat musik gitar dan ingin mahir memainkannya bisa loh belajar secara otodidak. Dengan mengikuti langkah-langkan belajar gitar untuk pemula di bawah ini kamu bisa leluasa berdendang menyanyikan lagu favorit dengan alunan irama gitar.

Baca Juga: Lagu Jepang Romantis

7 Cara Belajar Gitar untuk Pemula

chord bermain gitar untuk pemula

Memilih Gitar

Bagi pemula sebaiknya memulai belajar gitar dari jeni gitar akustik. Sehingga jika nanti ingin memainkan gitar elektirk sudah memahami dasarrnya dari gitar akustik. Ya, walau gitar akustik dan elektrik berbeda, bukan berarti tidak sama 100%.

Memahami Bagian Gitar

Sebagai pemula yang hendak belajar gitar perlu memahami bagian-bagian gitar untuk memudahkan dalam penggunaannya. Memahami fungsi dari head atau kepala gitar yang terdiri dari kenop penyetop, leher gitar yang berfungsi menandai nada-nada, dan body gitar dengan lubang di tengah yang berfungsi meresonasi suara.

Jika sudah memahami bagian-bagian pada gitar maka kita tidak kesulitan dalam menyetel nada. Atau saat nada sumbang kita bisa mengatur kekencangan senar.

Posisikan Gitar dengan Benar

Memainkan gitar agar mudah dan tidak kesulitan saat memetiknya adalah dengan menempatkan gitar pada posisi yang benar. Selain itu letakan juga gitar dengan nyaman yaitu memegang gitar secara horizontal dengan bagian belakang gitar menyentuh perut dan dada.

Bagi pemula saat pertama kali belajar gitar akan kesulitan dalam menempatkan posisi gitar dengan nyaman. Walau begitu, dengan sering berlatih maka kita bisa menemukan posisi yang tepat dan nyaman.

Memahami Chord Dasar untuk Pemula Belajar Gitar

Memahami chord dasar sangat penting untuk pemula yang mau belajar gitar. Dengan memahami dasar dari chord maka akan memudahkan kita untuk naik ke tahap selanjutnya.

Ada pun chord dasar yang harus teman-teman pahami saat belajar alat musik petik ini, yaitu:

  • Senar paling bawah atau bagian 1 adalah kunci Eā€™
  • Bagian atas dari senar 1 adalah Senar 2 sebagai kunci B
  • Senar 3 yang ada di atas senar 2 adalah kunci G
  • Senar 4 yang ada di atas bagian yaitu kunci D
  • Bagian senar atas baris kedua yaitu senar 5 sebagai kunci A
  • Senar 6 yang paling atas adalah kunci E

Untuk kunci gitar dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu kunci gitar biasa dan mayor. Adapun kunci utama mayor yang sering digunakan yaitu C mayor, G mayor, A mayor, E mayor dan D mayor.

Mencoba Lagu Sederhana

Sudah memahami dan hafal kunci gitar dasar? Saatnya memulai untuk memainkan gitar dari sebuah lagu. Pilihlah lagu dengan chord nada sederhana terlebih dahulu hingga mahir dan lihai memetik gitar.

Mencari lagu dengan nada sederhana dan ringan saat belajar gitar untuk pemula sangat mudah. Kita bisa dengan berselancar di dunia maya maka akan banyak pilihan lagu yang kita inginkan.

Banyak Berlatih

Kesuksesan datangnya tidak singkat. Tentunya ada proses yang harus kita jalani. Pun, dengan belajar gitar agar bisa dan menjadi mahir perlu latihan yang banyak. Terutama melatih kekuatan jari-jari tangan saat menekan senar dari nada satu ke nada lainnya.

Dari pengalaman pertama kali belajar jari-jari tangan terasa sakit, memerah dan menjadi keras. Namun setelah terbiasa rasa sakit itu terbayarkan dengan hasil yang memuaskan. Buat kamu yang masi pemula belajar gitar jangan menyerah.

Meminta Bantuan Teman atau Kursus

Jika belajar bermain gitar secara otodidak masih kesulitan, tidak ada salahnya meminta bantuan teman yang mahir bermain gitar. Bisa juga belajar di tempat kursus musik hingga mahir memainkannya.

Kesimpulan

Belajar main gitar untuk pemula secara otodidak tidak begitu sulit. Jika memiliki niat yang besar maka proses belajar akan berjalan lancar. Posisikan diri dengan menikmati setiap proses yang dijalani saat belajar gitar. Memahami satu per satu bagian gitar, mempelajari nadanya hingga memainkan satu lagu penuh sampai mahir.

Buat kamu yang baru belajar gitar jangan pantang menyerah. Biasa itu karena terbiasa.

Previous Post Next Post

One Comment

  1. Reply Azizahnet April 12, 2021 at 09:38

    Saya akan coba Praktikan. Saya kelemahannya masih kaku jari untuk mencet senar Gitar. Masih pemula. Satu lagu aja lama baru bisa dikuasai.

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.