Merawat Mesin Cuci Tidak Mudah Rusak. Lakukan 10 Hal Ini!

tips merawat mesin cuci

Layaknya pakaian, merawat mesin cuci adalah kewajiban yang tidak boleh kita abaikan begitu saja. Tentunya saat mesin cuci rusak kita sendiri yang menjadi repot. Masalah mencuci memang bisa dengan membilas manual, akan tetapi saat barang elektronik mulai rusak kinerja pasti menurun.

Teman-teman pasti paham betul mencegah lebih baik daripada memperbaiki. Sehingga agar terhindar dari masalah mesin cuci yang mendadak tidak dapat kita gunakan alangkah baiknya untuk memahami tips merawat mesin cuci.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Hidup dengan Self Awarenes

10 Tips Merawat Mesin Cuci Tetap Awet

merawat dan membersihkan mesin cuci

Merawat mesin cuci di rumah dengan memahami penggunaannya dan cara membersihkan mesin cuci itu sendiri. Adapun hal yang dapat kita lakukan agar mesin cuci tidak ngadat yang menyebabkan kerusakan cobalah melakukan sepuluh langkah merawat mesin cuci berikut ini.

Baca dengan Teliti Buku Panduan

Setelah membeli mesin cuci jangan lupa untuk membaca buku panduannya terlebih dahulu. Dengan memahami petunjuk dan cara penggunaan yang terdapat dalam buku panduan maka akan terhindar dari kerusakaan akibat dari salah penggunaan.

Mencuci Pakaian Sesuai Kapasitas

Kehadiran mesin cuci memang memudahkan aktivitas kita dalam membersihkan pakaian kotor. Cukup dengan menuang detergen pada mesin cuci dan memasukkan pakaian ke dalamnya proses menghilang kotoran langsung dikerjakan oleh mesin. Walau begitu jangan lupa untuk cek kapasitas mesin cuci.

Jangan sampai melebihi kapasitas misal batas maksimal 15kg tetapi baju yang dicuci 20kg. Nah, jangan heran jika mesin cuci bermasalah karena penyebab rusak bisa jadi berat pakaian yang dimasukkan melebihi kapasitas.

Menggunakan Banyak Detergen

Mungkin kita berpikir kalau semakin banyak detergen yang digunakan untuk membersihkan noda dan kotoran pada pakaian akan mempercepat proses pembilasan. Faktanya kualitas pakaian akan menjadi jelek dan menyebabkan kinerja mesin cuci menurun.

Rutin Membersihkan Filter

Membersihkan filter tabung mesin cuci sebaiknya dilakukan dua kali sehari untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk. Dengan membersihkan filter pun dapat menghindari kotoran atau bakteri menempel pada baju.

Tidak lucu kan, baju yang harusnya bersih total, malah masih ada bakteri dan kotoran yang menempel dari filter. Jadi lakukan membersihkan filter dalam merawat mesin cuci agar awet dan tahan lama.

Membersihkan Tabung Mesin Cuci

Selain filter membersihkan tabung mesin cuci adalah kegiatan rutin yang harus kita lakukan dalam merawat mesin pembersih baju ini. Berbeda dengan menghilangkan kotoran pada filter, membersihkan tabung mesin cuci cukup dilakukan seminggu sekali saja.

Cek Pakaian Sebelum Masuk Mesin Cuci

Sama halnya dengan mencuci pakaian secara manual, sebelum mencuci pakaian dengan mesin cuci pastikan tidak ada peniti, uang logam dan benda-benda lain yang dapat merusak mesin cuci. Hal yang mungkin terbilang sepele ini ternyata dapat merugikan mesin cuci di rumah.

Posisikan Selang ke Tempat Pengaitan

Setelah menggunakan mesin cuci jangan lupa untuk mengaitkan kembali selang ke tempatnya. Langkah merawat mesin cuci ini agar tidak ada tikus yang masuk ke dalam selang. Hal ini saat tikus masuk ke dalam mesin cuci dapat merusak motor di dalamnya.

Perhatikan Setting Mesin Cuci

Tidak semua jenis pakaian memiliki pengaturan yang sama saat mencuci menggunakan mesin cuci. Terdapat setting tertentu yang dapat kita cek di buku panduan. Seperti mengatur pembilasan cepat, temperature tinggi dan lainnya.

Meninggalkan Baju Terlalu Lama

Setelah proses mencuci dan membilas pakaian selesai sebaiknya segera mengeluarkannya. Jika terlalu lama meninggalkan baju di dalam mesin cuci maka baju akan apek dan membuat kita mau tidak mau mencuci ulang. Tentunya selain membuang waktu, mesin cuci harus kerja dua kali. Tidak baik jika hal ini sering terjadi.

Paham Karakteristik Mesin Cuci

Langkah penting merawat mesin cuci adalah dengan memahami karakteristik mesin cuci itu sendiri. Setiap jenis mesin cuci dari Top Loader, Front Loader, dan Twin Tube memiliki cara perawatannya sendiri. Oleh sebab itu pahami dengan baik mesin cuci di rumah.

Baca Juga: Tips Ampuh Hidup Sehat Bebas Kuman dan Virus

Kesimpulan

Merawat mesin cuci bisa dibilang gampang-gampang susah. Walau begitu jika kita memahami terlebih dahulu cara penggunaan dan karakteristik mesin cuci maka proses pemeliharaan mesin cuci akan mudah dan menjadi kebiasan yang menyenangkan.

Oleh sebab itu lakukan 10 hal di atas agar mesin cuci di rumah tetap awet, tahan lama dan pakian bersih total dari kotoran serta bakteri.

Previous Post Next Post

One Comment

  1. Reply Annisakih April 6, 2021 at 12:18

    hai Salam kenal.. Kalau saya, yang kadang suka lupa itu ngecek bagian kantong pakaian anggota keluarga. Padahal kalau ada benda kecil yang terlupa, bisa ngerusak mesin cuci juga.

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.