7 Cara Ampuh Menghilangkan Panu dengan Cepat

Tomoyo Rin

cara ampuh menghilangkan panu

Menghilangkan panu di wajah, tangan atau anggota tubuh lainnya bisa dilakukan dengan cara mudah. Apalagi tersedia obat yang ampuh mengatasi panu dengan cepat.

Baik itu menggunakan obat alami atau salep khusus untuk membunuh jamur yang menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal. Panu memang membuat tidak nyaman jika tidak Anda obati dengan cepat. Selain rasa gatal, bercak putih karena panu memunculkan rasa tidak percaya diri.

Contents

Apa Itu Panu?

Panu adalah masalah kulit yang disebabkan oleh jamur Malassezia. Sebetulnya jamur Malassezia ada pada kulit yang sehat. Akan tetapi ketika pertumbuhannya menjadi abnormal maka akan menimbulkan bercak putih di kulit dengan sensasi gatal yang tidak tertahan.

Penyebabnya karena beberapa hal di bawah ini:

  • Keringat berlebih
  • Produksi minyak kulit secara berlebih
  • Memakai celana atau baju ketat
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh
  • Adanya perubahan hormon

Untuk itu, dianjurkan untuk tidak menggunakan handuk atau pakaian bersama. Hal ini akan menyebabkan penularan jamur kulit semakin mudah.

Walau begitu, panu bukanlah penyakit berbahaya. Begitu juga untuk mengatasi panu karena jamur malassezia ini, ada berbagai cara menghilangkan panu hingga ke akarnya dengan sangat mudah.

Baca Juga: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat

cara mengobati dan menghilangkan panu

Ketika menderita panu dan mengalami sensasi gatal yang tidak tertahankan segera atasi dengan tepat. Caranya bisa dengan obat alami atau obat panu rekomendasi dari dokter untuk mengatasi rasa yang mengganggu.

Berikut ini beberapa cara ampuh menghilangkan panu yang bisa dilakukan di rumah.

1. Lidah Buaya

Cara mengatasi panu kulit secara alami dengan memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk dalam mengatasi panu.

Lidah Buaya dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu. Sensasi dingin lidah buaya juga dapat memberikan sensasi dingin pada kulit yang gatal.

2. Salep Khusus Panu

Gunakan salep khusus panu yang dijual bebas dipasaran sebagai cara menghilangkan panu dengan cepat. Obat salep biasanya mengandung ketoconazole, fluconazole, dan miconazole yang dibuat khusus untuk membunuh jamur penyebab panu agar tidak semakin parah dan menyebar ke area tubuh lainnya.

3. Air dan Sabun

Agar infeksi jamur tidak menyebar maka basuhlah kulit yang mengalami panu dengan air dan sabur. Dengan menghambat pertumbuhan jamur maka panu tidak menjadi parah. Selanjutnya dapat menggunakan salep panu untuk mengobatinya.

4. Madu dan Minyak Zaitun

Madu dan minyak zaitun mengandung anti bakteri dan anti jamur. Untuk itu, campurkan kedua bahan ini dan oleskan pada bagian kulit yang mengalami panu.

5. Cuka Apel

Tidak hanya digunakan untuk masakan, cuka apel bisa untuk mengobati panu. Cuka Apel mengandung antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu maupun penyakit lainnya karena jamur kulit.

6. Kunyit

Rempah yang banyak ditemukan di Indonesia ini memiliki manfaat untuk mengatasi panu. Kunyit ampuh dalam mengatasi iritasi, rasa gatal maupun pigmentasi kulit.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Cukup dengan membuat pasta dari kunyit lalu tempelkan pada kulit yang mengalami panu.

7. Menggunakan Obat Topikal atau Oral

Cara menghilangkan panu yang sudah bertahun-tahun yaitu dengan menggunakan obat topikal atau obat. Obat topikal berupa salep, lotion, dan lainnya.

Sedangkan obat oral untuk diminum. Akan tetapi, obat oral harus berdasarkan anjuran dan resep dokter. Hal ini karena biasanya untuk panu yang tidak kunjung sembuh, sehingga konsumsi obat harus sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kutu Air di Kaki dengan Cepat

Atasi Panu dengan Canesten

canesten obat anti jamur terbaik

Canesten menjadi kepercayaan khalayak umum lebih dari 45 tahun dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit karena infeksi jamur. Seperti, panu, kadas/kurap,kutu air, hingga gatal-gatal karena jamur kulit.

Obat anti jamur Canesten dikemas dalam bentuk krim yang aman digunakan dan tidak menimbulkan gejala alergi. Canesten mengandung 1% Klotrimazol yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah akibat dari infeksi jamur.

Oleskan krim sebanyak 2-3 kali sehari pada bagian kulit yang mengalami gatal akibat panu. Gunakan secara rutin hingga panu hilang dan segera hubungi dokter jika tidak ada perubahan. Hal ini karena dalam beberapa kasus panu sulit sembuh jika sudah parah.

Oleh sebab itu, selalu jaga kebersihan dan kesehatan diri dan benda apa pun yang digunakan agar jamur penyebab panu, kadas/kurap, maupun kutu air tidak muncul. Begitu juga ketika mengalami panu, jangan biarkan infeksi jamur semakin menyebar ke seluruh tubuh.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.