Waspada Demam Berdara, Begini Cara Menaikkan Trombosit dalam Tubuh

cara menaikkan trombosit dengan cepat

Demam berdarah adalah salah satu penyakit menular berbahaya yang dapat menurunkan kadar trombosit dalam tubuh. Trombosit sendiri bagian dari sel darah yang memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah.

Sehingga kadar trombosit harus diawasi dengan ketat, karena jika dibiarkan nyawa bisa menjadi taruhannya. Umumnya gejala kekurangan trombosit ditandai dengan rasa lelah berlebih, gusi berdarah, dan mudah merah.

Ketika mengalami gejala tersebut segera lakukan cara menaikkan trombosit dengan cepat secara alami. Bisa dengan konsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan kadar trombosit kembali naik atau bisa juga menghubungi dokter jika kadar trombosit tidak kunjung normal.

3 Cara Menaikkan Trombosit

Terdapat Cara menaikkan trombosit dalam tubuh baik secara alami maupun melalui konsumsi obat dan prosedur medis. Akan tetapi untuk konsumsi obat dan prosedur medis hanya bisa dilakukan setelah konsultasi dengan dokter.

Adapun cara menaikkan kadar trombosit yang turun ketika mengalami demam berdarah, yaitu:

1. Konsumsi Makanan Sehat

cara menaikkan trombosit secara alami

Dengan konsumsi makanan sehat akan membantu kita untuk menaikkan kadar trombosit. Makanan yang dapat dipilih yaitu mengandung asam folat, zat besi, vitamin C, vitamin, D, vitamin K, dan Vitamin B12.
Adapun daftar makanan yang bisa dikonsumsi yaitu:

  • Asam folat terdapat pada kacang polong, sayuran hijau, hati sapi, nasi dan lainnya.
  • Zat besi bisa didapatkan dari hati ayam, sapi, dan bayam.
  • Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan seperti kiwi dan jeruk, serta sayuran brokoli dan paprika.
  • Vitamin D terdapat pada makanan seperti susu, kuning telur, dan minyak ikan.
  • Vitamin K ada pada sayuran hijau dan kacang-kacangan.
  • Vitamin B12 bisa kita dapat dengan konsumsi ikan salmon, hati sapi, dan kerang.

2. Minum Obat Penambah Trombosit

Ada beberpa kondisi yang membuat kadar trombosit sering mengalami penurunan, sehingga mau tidak mau harus konsumsi obat sesuai resep dokter. Untuk jenis obat yang dapat dikonsumsi, yaitu:

Kortikosteroid

Obat kortikosteroid diresepkan untuk penderita gangguan imun yang menyebabkan kadar trombosit menurun.

Suntikan Romiplostim

Pada penderitaan gangguan sistem imun kemungkinan besar akan mengalami trombositopenia. Yang mana cara menaikkan trombosit dengan melakukan suntik atau injeksi romiplostim.

Suntik romiplostin bertujuan untuk memicu sel pada sumsum tulang belakang dapat memproduksi lebih banyak trombosit.

Doptelet

Saat berbagai pengobatan gagal dilakukan dalam menaikkan trombosit maka obat Doptelet bisa digunakan untuk menaikkan kadar trombosit. Penggunaan obat ini untuk penderita trombositopenia karena penyakit hati kronis.

3. Prosedur Medis dalam Menaikkan Trombosit

Menaikkan trombosit bisa juga dengan prosedur medis seperti transfusi darah dan splenektomi. Untuk transfusi darah hanya bersifat sementara dan kemungkinan hanya bertahan selama 3 hari saja.

Sedangkan splenektomi berupa operasi pengangkatan limpa jika seluruh cara menaikkan kadar trombosit tidak ada yang berhasil. Tujuan dari operasi ini untuk mengatasi gangguan darah karena purpura trombositopenik idiopatik.

Baca Juga: Penyakit yang Menyerang di Musim Hujan

Jaga daya Tahan Tubuh Agar Trombosit Tetap Normal

Selain demam berdarah dan beberapa penyakit kronis, turunnya trombosit juga dapat dipengaruhi oleh gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat. Sehingga, kekebalan tubuh menjadi menurun.

Tentunya dengan menurunnya daya imun, tubuh akan mudah terserang penyakit menular maupun penyakit tidak menular. Untuk itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

Hal tersebut karena trombosit dapat bertindak sebagai respon sistem imun saat terjadi infeksi yang memasuki saluran darah. Dengan begitu memperkuat imun tubuh ada cara terbaik menjaga trombosit tetap normal.

Jadi, jaga selalu kesehatan dengan konsumsi makanan sehat dan tidak luput untuk menjalankan pola hidup sehat. Seperti rutin berolahraga, tidak merokok dan hindari konsumsi minuman beralkohol.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.