5 Cara Mengembangkan Startup dari Ide Sederhana

cara mengembangkan startup

Mengembangkan sebuah startup perlu memahami cara yang tepat agar bisnis yang tengah dijalani mampu berkembang pesat. Di mana harus mampu membaca peluang dengan baik dalam menghasilkan sebuah ide sederhana menjadi suatu hal yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang tengah dihadapi market. Baik itu untuk lingkup golongan tertentu atau untuk khalayak umum.

Membangun Startup dari Ide Sederhana

Di Era Industri 4.0 ini, banyak sekali bisnis startup yang bermunculan bahkan menjadi trend. Teknologi memang memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk membangun sebuah bisnis dari hal-hal sederhana yang tentunya memiliki dampak positif terhadap masyarakat.

Seperti kisah Gibran Huzaifah selaku Founder dan CEO eFishery dalam menciptakan sebuah alat pemberi pakan otomatis yang terhubung dengan teknologi. Alat tersebut mampu memberikan solusi bagi pembudidaya ikan. Di mana permasalahan tersebut adalah sulitnya memberikan pakan yang tepat, sehingga hasil panen merugi.

Dengan konsep from zero to hero, Gibran mampu memberikan solusi yang tepat bagi pembudidaya ikan. Bermula dari ide sederhana tersebutlah dan langsung memulainya dari hal kecil, kini menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Menurut Gibran sebuah ide harus mampu mempresentasikan solusi atau value terhadap peluang yang ada. Jadi, dalam membaca sebuah peluang adalah mencari sebuah solusi terhadap masalah yang ada dan seberapa besar market tersebut.

Peluang

Dalam membangun sebuah bisnis, terlebih memanfaatkan teknologi banyak sekali peluang yang dapat di explore. Menemukan sebuah peluang jangan melihat sesuatu yang terlalu jauh, tetapi lihatlah masalah yang ada di sekitar kita.

Masalah

Melihat sebuah masalah harus benar-benar jeli. Dan jangan fokus pada satu arah, terlebih dahulu cobalah bidik senyara menyeluruh. Hal ini juga yang aku dapatkan dari Direktur di kantor, ketika berkunjung ke customer, aku harus mampu melihat sekeliling dalam mencari produk yang mereka gunakan yang sejenis dengan produk yang perusahaanku jual. Jika sudah menemukan masalah, tahapan selanjutnya adalah market.

Market

Ide untuk solusi dari masalah tersebut setidaknya memiliki market yang besar dan tepat sasaran. Market yang besar akan membuat bisnis bertahan lama. Sehingga carilah market yang luas dan bukan untuk bisnis yang booming dalam kurun waktu tertentu saja.

Jika kita sudah membaca peluang-masalah-market, maka ide tersebut langsung eksekusi tanpa perlu lagi mempertimbangkan ini dan itu. Karena, membangun bisnis startup harus berani melakukan trial dan eror. Selain itu, jangan berhenti untuk selalu berinovasi dengan melakukan cara mengembangkan startup di bawah.

Baca Juga: 10 Tips Menjadi Marketing Profesional

Cara Mengembangkan Startup

cara mengembangkan bisnis startup

Menjalankan sebuah startup, khususnya memanfaatkan teknologi harus mampu melakukan perubahan dengan inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini akan membantu dalam bertahan dan mengembangkan suatu usaha.

Adapun cara mengembangkan bisnis stratup dengan melakukan 5 hal ini.

1. Mengembangkan Ide dengan Inovasi

Sebuah bisnis agar dapat berjalan lancar dan berkembang harus mampu menciptakan inovasi baru yang mampu menarik perhatian market. Entah dari segi produk maupun promosi. Inovasi harus sesuai dengan perkembangan zaman dan mampu menyesuaiakan diri dengan teknologi terbaru.

2. Validasi Learning

Cara mengembangkan startup adalah dengan memahami fungsi dari validated learning. Khususnya saat memulai bisnis online, target pasar memang luas akan tetapi selalu ada ketidakpastian sebelum produk dirilis. Dengan melakukan validasi learning akan membantu dalam mengembangkan startup lebih efektif dan terlepas dari segala asumsi.

3. Tim yang Solid

Hanya sebuah mitos jika dalam membangun dan mengembangkan startup tidak membutuhkan tim. Sebaliknya, setiap bisnis selalu memerlukan tim yang solid. Tim yang bekerja sesuai bidang dan keahliannya masing-masing. Dari ide satu orang memang bisa membangun sebuah startup, tetapi tanpa sebuah tim maka akan sulit untuk berkembang.

4. Networking yang Baik

Mengembangkan sebuah bisnis startup maka harus membangun dan menjaga kredibilitas yang baik. Seperti menjaga hubungan baik dengan tim dan pelanggan. Jika hal ini dapat dijaga sebaik mungkin, maka akan memudahkan dalam mengembangkan sebuah bisnis.

5. Mencari Investor

Mencari investor bisa menjadi salah satu cara dalam mengembangkan startup. Di mana harus mampu meyakinkan investor agar mau memberikan investasi kepada produk startup yang ada maupun yang tengah dikembangkan.

Baca Juga: Manajemen Pemasaran Perusahaan Jepang

Penutup

Membangun bisnis startup tidak harus dengan hal yang rumit, tetapi mulailah dari hal sederhana yang menghasilkan value. Setelah itu, mulai mengembangkan startup dengan cara di atas. Terpenting tetap fokus dan mulai dari sekarang juga.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.