Step by Step Cara Pasang GA4 Di WordPress 

Tomoyo Rin

Updated on:

langkah-langkah cara pasang GA4 di WordPress

Per juli 2023 Google Analytic UA tidak akan lagi memproses data trafik blog. Sebagai penggantinya pemilik web harus beralih ke GA4.

Aku sendiri sudah pernah coba pasang di blog Melukis Senja, akan tetapi pas mau pasang code GA4 gagal terus. Akhirnya gak aku lanjutin karena pusing duluan.

Lalu, Mba Monica share di grup kalau ada Kelas BRT buat cara pasang GA4. Dengernya saja aku sudah antusias banget, dong. Akhirnya ada jalan buat belajar GA4 ini,  karena baru pasangnya saja sudah mumet. Apalagi baca datanya.

Jadi, saat ada kelas khusus tidak aku sia-siakan buat daftar. Karena aku pakai WordPress, pada artikel kali ini aku mau berbagi sedikit langkah-langkah memasang GA4 di WordPress.

Baca Juga: Software Penunjang Aktivitas Blogging

Contents

Cara Pasang GA4 di WordPress

Di Kelas BRT Network kali ini Mas Pewe bagi-bagi ilmu gratis dan menjelaskan langkah-langkah memasang GA4 untuk pengguna Blogspot dan WordPress. Kebetulan blog aku WP semua, jadi aku fokus sama cara pasang GA4 di WordPress. 

Jadi, teman-teman blogger pengguna Blogspot mohon maaf belum bisa bagi-bagi ilmunya. Karena, selama aku memperhatikan ada beberapa langkah yang kalau tidak dipraktekkan langsung ilmunya gak sampai di otakku. Hoho

Adapun step by step cara pasang GA4 di WP, yaitu:

1. Buka akun Google Analytics

Login ke Akun Google Analytics kamu yang sudah terhubung.

2. Buat Properti 

Pada setting atau pengaturan buat akun jika belum punya atau langsung buat properti jika sudah ada akunnya. Untuk satu akun bisa untuk banyak properti.

buat properti terlebih dahulu sebagai cara pasang GA4

3. Isi Properti Sesuai Blog Kamu 

4. Isi Rincian Bisnis

Masukkan sesuai data blog kamu. Seperti, blog kamu membahas apa dan ada berapa karyawan. 

5. Pilih Tujuan Bisnis

Berikut pilihan untuk tujuan bisnis.

pilihan tujuan bisnis insatl GA4

6. Pilih Pengumpulan Data

Pengumpulan sudah pasti pilih yang web ya, teman-teman. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk mengisi bagian aliran data yaitu dengan mencantumkan url blog pada kolom yang sudah ditentukan. 

Selanjutnya akan muncul pop up detail aliran data web dan ada peringatan bahwa harus memasukkan tag agar trafik blog bisa tersambung dengan GA4. 

7. Menghubungkan Aliran Data Blog dan GA4 

Dalam memasukkan tag ke blog bisa dengan dua cara yaitu Instal dengan pembuat situs atau CMS dan Instal Secara Manual. Di sini aku akan menggunakan cara manual menggunakan Google Tag Manager. 

Sebelum buat akun di google tag manager mohon untuk instal dan aktifkan plugin GTM4WP. Plugin ini untuk menyimpan kode Tag Manager. Jika sudah terinstal dan aktif, silahkan kunjungi tagmanager.google.com dan buat akun. 

Akan muncul opo persyaratan penggunaan Google Tag Manager di sini centang kolom paling bawah, lalu klik ya di pojok kanan atas. Selesai! Kode GTM akan muncul.

Kamu cukup cari kode kode “GTM-Mxxx” dan copas di plugin GTM4WP yang sudah di instal. Klik simpan perubahan dan kembali lagi ke akun google tag manager. Selanjutnya buat tag. 

8. Buat Tag

Buat tag baru dan isi tag tanpa judul dengan nama “GA4”. Klik konfigurasi dan pilih “Google Analytics: Konfigurasi GA4”. Selanjutnya isi ID Pengukuran sesuai data di Google Analytics. 

Selanjutnya klik pemicuan pilih “All Pages”. Lalu, simpan. Step selanjutnya klik pratinjau untuk memastikan GA4 dan blog sudah tersambung. Kamu cukup memasukkan url blog dan pilih connect. 

connect GA4 dengan blog

Setelah berhasil membuat Tag maka tunggu proses GA4 aktif selama kurang lebih 2 x 24 jam.

Baca Juga: 15 Cara Jitu Meningkatkan Trafik Website

Kesan Mengikuti Kelas BRT Network

Di kelas blogger dalam rangka pasang GA4 ini aku merasa terbantu. Jadi, sedikit paham kenapa waktu bikin GA4 sebelumnya tidak terhubung dengan blog karena ternyata oh ternyata ada step yang terlewat. 

Kenapa aku bilang sedikit paham? Jadi, memang masih perlu banyak belajar karenanya aku mau lanjut ikut kelas kedua, nih. Tentunya dengan persiapan yang lebih matang. 

Kemarin itu belajar dan langsung praktik, karena aku pakai hp banyak banget kendalanya. Dari ketinggalan sampai minta dijelasin ulang dari awal dan harus perbesar layar hp biar bisa mengikuti step by step cara pasang GA4 dengan benar. 

Lalu bagaimana cara cek view setiap artikel dari GA4. Ok! Nantikan artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.