15 Cara Jitu Meningkatkan Trafik Website

meningkatkan trafik website secara organik

Meningkatkan trafik website itu layaknya taman yang dipenuhi dengan kupu-kupu. Jika ingin kupu-kupu berdatangan maka harus membuat taman yang indah dan menarik perhatian. Pun dengan website harus mampu menarik pengunjung agar terus berdatangan dan kembali lagi.

Ya, tidak hanya datang terus pergi. Akan tetapi, menarik minat pembaca untuk tidak sabar kembali ke website yang dikelola. Menelusuri setiap bagian-bagian website dengan mengunjungi satu artikel ke artikel lainnya.

Oleh sebab itu, penting untuk memahami hal-hal apa saja yang akan menarik perhatian pengunjung. Agar tidak bosan ketika berkunjung ke website atau blog. Berikut ini ada 15 tips dalam menaikkan trafik website agar view terus naik.

Tips Meningkatkan Trafik Website

Trafik website naik memiliki keuntungan yang sangat besar. Seperti meningkatkan penghasilan adsense, mendapat lebih banyak job dari sponsor karena kebanyakan pasti menanyakan page view dan website atau blog dapat dikenal banyak pembaca.

Adapun tips dalam meningkatkan trafik website, yaitu:

cara meningkatkan trafik website naik stabil

1. Menulis Konten yang Menarik

Konten is the king, bosan dengarnya? Jangan, deh. Bagaimanapun konten pada sebuah tulisan harus menarik minat pembaca agar tidak bosan saat berkunjung ke website atau blog kita. Membuat konten tulisan yang menarik dengan memerhatikan EYD, menambah gambar/infografis/video untuk memberikan nuansa hidup agar tidak monoton dan mampu menjawab pertanyaan pembaca terhadap tulisan yang dibacanya.

2. Menulis Artikel SEO

Menulis dengan teknik Search Engine Optimization(SEO) adalah salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi. Hal ini karena struktur SEO dalam penempatan H1, H2, H3 dan seterusnya dapat mempermudah saat menulis konten menarik. Selain itu adanya SEO offpage dan onpage dapat membantu artikel untuk berada di page one.

3. Riset Kata Kunci

Sebelum menulis sebuah konten, harus riset kata kunci terlebih dahulu. Seperti cek kata kunci apa saja yang biasanya pengunjung cari. Dalam riset kata kunci ini bisa menggunakan penelusuran google secara langsung, menggunakan tools Google Analitycs, Google Search Console, Ahrefs, Ubersuggest dan masih banyak lagi tools lainnya yang dapat dimanfaatkan.

Aku sendiri sering cek di google, lalu ke ubersuggest. Selain itu jangan lupa untuk memastikan volume pencarian di google dengan menggunakan allintitle:kata kunci.

4. Artikel Berada di Page One

Masih berhubungan dengan poin tiga, riset keyword yang benar akan membuat tulisan berada di page one. Hal ini karena berdasarkan hasil penelitian 75% pengguna internet hanya membuka artikel yang berada di page one. Hayo, kamu juga gitu, kan? Hehe

Dari sanalah membuat tulisan di page one pasti meningkatkan trafik website. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan long tail keyword dan perkuat SEO.

5. Membuat Judul yang Menarik

Judul sebuah artikel harus dibuat semenarik mungkin agar perhatian pembaca tertuju pada artikel yang dibuat. Hanya saja pastikan untuk tidak membuat judul yang click bait atau sekedar mencari sensasional belaka. Di mana judulnya apa, isinya ke mana. Sebagai blogger professional kita harus di garda depan untu ikut andil dalam mencegah penyebaran berita hoax.

6. Melakukan Audit Blog

Memperbaiki bagian dalam sebuah website sangat penting. Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari audit blog seperti kesehatan situs menjadi lebih baik, kecepatan loading tidak lemot dan bisa menaikkan page view.

Seperti yang aku lakukan setelah edit artikel lama dengan menggunakan struktur SEO page view yang tadinya sebulan hanya 600, sekarang stabil di angka 3000-4000. Selain itu aku juga melakukan audit blog melalui Moz dan Ahrefs.

7. Tema Website Mobile Friendly dan Responsive

Tema website akan memengaruhi kecepatan loading dan tampilan di perangkat elektronik. Oleh sebab itu gunakanlah tema yang responsive, mobile friendly, dan sederhana namun elegan. Sederhana di sini tidak menambahkan widget yang tidak penting dan hanya akan memperlambat loading blog.

8. Kecepatan Loading Website

Kecepatan loading tentu saja memengaruhi reaksi pengunjung. Saat loading lambat maka tidak heran jika pengunjung langsung menutup browsernya dan lebih memilih mencari website lain. So, perhatikan untuk kecepatan loading website. Kecepatan yang baik adalah 1-2 detik karena lebih dari 3 detik kebanyakan langsung ke luar.

9. Perbanyak Konten dengan Menulis Rutin

Jangan puas dengan hanya menulis beberapa artikel saja, tetapi perbanyaklah karena kesempatan untuk pengunjung mendatangi website lebih tinggi. Lebih baik jika setiap tulisan bisa masuk page one view stabil sepanjang masa.

Seperti artikel ku tentang Lagu Romantis Bahasa Jepang setiap hari ada saja yang mengunjungi. Atau membuat artikel dengan tema khusus seperti Ramadan. Walau, lebih baik menulis konten Evergreen. Tidak harus setiap hari, terpenting rutin update. Misal seminggu 3 postingan atau sesuai kemampuan.

10. Menulis Konten Evergreen

Konten Evergreen adalah konten yang selalu dicari pengunjung kapan saja. Bukan karena sesuatu yang viral atau yang sedang trend pada masanya. Melainkan, entah hari ini, esok dan mungkin nanti. Eh jangan nyanyi, ya. Tsah. Intinya buat artikel yang dicari sepanjang waktu dalam meningkatkan trafik website. Konten-konten yang tengah viral juga bagus, akan tetapi kelemahannya jika sudah tidak dibicarakan tidak ada yang mencari lagi.

11. Share di Media Sosial

Setelah artikel publish di website, maka jangan sungkan untuk share di media sosial. Di kanal pribadi maupun share di komunitas agar pembaca blog kita tahu bahwa ada tulisan baru yang sudah tayang.

12. Membuat News Leater

Masih berhubung dengan share tulisan, memanfaatkan e-mail news leater juga bisa meningkatkan view website. Di mana jika pembaca berlangganan, notifikasi artikel baru akan langsung dikirim ke email. Hal ini karena tidak semua pengunjung website pengikut kita di media sosial.

13. Melakukan Blog Walking

Blog walking bisa menjadi cara dalam meningkatkan view blog. Saat ini banyak sekali WAG khusus untuk blog walking yang disediakan komunitas maupun personal. Hanya saja jangan heran jika nanti bounce rate blog menjadi tinggi.

14. Memasukan Internal Link

Dalam ilmu SEO perlu untuk memasukan internal link. Fungsinya untuk meningkatkan page authority (PA) website dan untuk menarik pengunjung agar lanjut membaca ke artikel yang lain.

15. Pasang iklan

Memanfaatkan ads google maupun media sosial seperti facebook dan Instagram dapat teman-teman coba agar trafik website meroket tajam. Hal ini karena jangkauan dari memasang iklan di Internet menjadi lebih luas, tidak terbatas pada circle pengikut di Media Sosial atau yang berlangganan news leter saja.

Demikian 15 cara dalam meningkatkan trafik website agar naik sepanjang masa. Akan banyak keuntungan dengan view blog yang tinggi. Seperti menghasilkan uang dari blog.

Previous Post Next Post

19 Comments

  1. Reply Hendra Suhendra Juli 12, 2021 at 13:04

    Traffic itu penting banget bagi sebuah website, apalagi jika website tersebut dimonetisasi, maka traffic menjadi hal yang wajib diperhatikan. Semua sepakat, jika konten berkualitas adalah poin yang paling penting. Makasih ya sudah diingatkan.

  2. Reply hallowulandari Juli 12, 2021 at 13:25

    nah ini, aku abis edit setting URL blog biar ga ada kalendarnya malah jadi makin lama loading nya nih, bahkan di awal muncul page not found, masih bingung memperbaikinya.

    btw bikin email news later tuh gimana mba?

  3. Reply Dian Juli 12, 2021 at 16:02

    wah wah lengkap banget ini tipsnya mbak
    harus pelan pelan biar bisa nerapin semua
    beberapa sudah aku lakukan sih, untuk pasang iklan memang belum

  4. Reply Dyah ummu AuRa Juli 12, 2021 at 17:37

    Bener banget nih mbak, cara-cara di atas. Terasa banget kalau artikel kita bisa berada di page 1 pencarian google, ngebantu banget buat dapatin trafik organik. Sayangnya belum banyak artikelku yang berhasil tembus page 1.

  5. Reply Dyah ummu AuRa Juli 12, 2021 at 17:39

    Bener banget nih mbak, cara-cara di atas. Terasa banget kalau artikel kita bisa berada di page 1 pencarian google, ngebantu banget buat dapatin trafik organik. Sayangnya belum banyak artikelku yang berhasil tembus page one

  6. Reply Lita Juli 12, 2021 at 21:41

    memasukkan internal link yang kadang bikin aku males padahal efeknya lumayan. Audit juga perlu waktu sih ya. Pelan2 yang penting bisa meningkatkan trafik

  7. Reply Diaz Bela Juli 13, 2021 at 10:36

    Wah terima kasih pembahasannya mba. Benar sekali, ada banyak hal yang harus diperhatikan ya untuk meningkatkan traffic web.

  8. Reply Akarui Cha Juli 13, 2021 at 10:48

    Sesi audit blog termasuk kegiatan yang nggak bisa diselesaikan dalam waktu sebentar. Makanya masih kuperjuangkan dilakukan paling nggak ya sebulan sekali. Termasuk membenahi artikel lama.

    Nah bikin news letter nih yang nggak pernah terpikirkan sebelumnya. Ok deh. Mari dicari tahu lebih lanjut caranya.

    Makasih banyak ya Kak Erin.

  9. Reply Ghina Juli 13, 2021 at 11:49

    hobiku setelh posting tulisan adalah mencari tulisanku di blog, kali aja dapat page one. wkwk ngarep

    tapi memang trafik website ini bakal naik kalau sering di pejwan dan temanya evergreen ya. makanya postingan seputar tips tuh pasti banyak dicari.

  10. Reply Yuni Bint Saniro Juli 13, 2021 at 12:29

    Menarik. Kadang kita bertanya-tanya gimana menaikkan traffic blog. Apalagi pada blog baru. Beberapa tips sudah mulai aku rutin kerjakan. Tinggal konsistensi kayaknya nih.

  11. Reply Jihan Juli 13, 2021 at 16:48

    yang berat mempercepat load website ini sihh. udah pernah instal amp juga tapi malah banyak yang kegeser artikelku dari page 1 hiksss. jadinya aku uninstal lagi. Mau ganti template eh telanjur sayang. gimana dongg :((

  12. Reply Fachrur Rozi Juli 13, 2021 at 21:44

    pastinya konten evergreen jadi langganan orang sih, karena banyak banget loh yang akan di cari cari hehe hingga bakalan meledeka trafik websitenya

  13. Reply Mei Daema Juli 13, 2021 at 22:32

    hua mba Erin ini penting banget niy buat aku yang trafic webnya masih cilik, bisa tak terapin ah nanti tipsnya

  14. Reply Nyk Juli 13, 2021 at 23:48

    PR banget nih naikin trafik. Jadi ada 15 cara ya…yg masih bingung tuh yg cek di moz dan ahref. Hihi kudu belajar lagi nih. Makasih infonya ya…

  15. Reply Nita Juwithafina Juli 14, 2021 at 02:05

    Wuwowowuwow..akhirnya menemukan artikel yg ku cari.. jadi bisa evaluasi artikel2 aku yang sudah di publish dan bisa perbaiki.. kayaknya ku kurang tambahkan internal link mih di artikel2 aku 🙁

  16. Reply Dian Farida Ismyama Juli 14, 2021 at 08:56

    Aku pingin banget ngelakuin audit blog. Tapi bingung setelah dicek harus benahi nya gimana. Secara aq ga familiar dengan istilah2 daleman blog. Ya intinya harus belajar lagi sih. Konten ever Green ini belum sempat pula nulis nya. Hiks

  17. Reply Aisyah Dian Juli 18, 2021 at 14:29

    Wah … Ilmu baru nih Saya biasanya habis post ya sudah… Jadi berasa banyak peer hehehe. Trims infonya mbak

  18. Reply Bunda Is Juli 21, 2021 at 15:53

    Setiap hari terus belajar ilmu baru soal blogging, dan cara terbaik untuk belajar, menurut saya, ya dengan praktik langsung. Sambil dipraktikkan, sambil diperhatiin juga, apa efeknya bagi trafik blog. Tapi, meski sudah bikin daftar lengkap “things to do before and after publishing a post”, terkadang masih ada beberapa poin yang kelewatan. Promosi di medsos, misalnya. Selesai baca tulisan ini, saya buru-buru share link ke Facebook dan WA, memanfaatkan semua medsos yang dipunya supaya peluang dikunjungi makin besar. Terima kasih sudah berbagi.

  19. Reply Nanie Juli 21, 2021 at 20:47

    Dari page view 600 jadi pv 3000-4000 itu butuh waktu berapa lama? Trafik blogku lg anjlok, hadeuh, lgsg down juga liatnya wkwkkw

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.