5 Software untuk Aktivitas Blogging yang Wajib Blogger Tahu

rekomendasi software untuk aktivitas blogging

Penggunaan perangkat komputer maupun handphone termasuk kebutuhan blogger yang sangat penting Terutama penggunaan software untuk aktivitas blogging agar berjalan dengan lancar.

Dari menulis artikel, edit gambar, membuat infografis, membuat video, dan lainnya. Semua itu membutuhkan perangkat lunak atau software untuk mempermudah dari awal membuat konten hingga siap publish di blog, lalu share ke media sosial.

Software sebagai salah satu komponen komputer memang memiliki peran penting bagi blogger. Bahkan beberapa software wajib blogger miliki agar konten blog lebih menarik dan bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung untuk meningkatkan trafik blog.

Perangkat Komputer yang Dibutuhkan Blogger

Berbicara mengenai komputer sebagai salah satu tools penunjang aktivitas blogging maka beberapa komponen perlu banget blogger ketahui. Memang komponen komputer apa aja yang dibutuhkan?

Pada umumnya terdapat dua jenis perangkat komputer yaitu hardware dan software, serta tambahannya ada brainware. Adapun penjelasan mengenai ketiganya, yaitu:

Perangkat Keras – Hardware

Hardware adalah perangkat keras komputer yang terlihat. Perangkat keras terbagi lagi menjadi beberapa komponen seperti Komponen Input Device yang meliputi keyboard, mouse, scanner dan webcam.

Berikutnya ada Output Device yaitu monitor, speaker, printer, dan mikrofon. Lalu, ada juga Processing Device yang didalamnya tremasuk RAM, ROM, mother board, dan hardisk. Serta, Storage Device yang berfungsi sebagai penyimpanan.

Perangkat Lunak – Software

Software adalah perangkat lunak yang memiliki fungsi berupa aplikasi untuk menjalankan perintah yang masuk maupun ke luar ke hardware. Untuk software terbagi menjadi tiga jenis yaitu software sistem, aplikasi dan bawaan.

Software sistem berupa software utama yaitu Microsoft, Linux, IOS, dan lain-lain. Sedangkan, software aplikasi yaitu perangkat lunak yang diinstal di perangkat komputer untuk mengolah data. Berbeda dengan software bawaan yang berupa Disk Defragmenter, Backup, Data recovery, Sceensaver, dan lain-lain.

Brainware

Untuk brainware ini yaitu sekumpulan orang yang menjalankan komputer itu sendiri. Karena, komputer tidak dapat bekerja sendiri tanpa ada manusia yang menjalankannya.

Itulah sedikit informasi mengenai perangkat komputer yang dapat menunjang aktivitas blogging. Selanjutnya aku mau berbagi software untuk menunjang aktivitas blogging yang wajib blogger miliki.

Software untuk Penunjang Aktivitas Blogging

software aplikasi edit foto untuk aktivitas blogging

Fungsi dari perangkat lunak untuk mempermudah dalam membuat dan menghasilkan konten terbaik untuk disuguhkan kepada pembaca. Karena, semakin menarik sebuah konten maka trafik blog pun akan semakin meningkat.

Khususnya untuk blogger yang sedang optimasi blog. Dari awalnya untuk iseng dengan membuat blog gratisan, lalu mulai optimasi dengan beralih ke domain .com atau Top Level Domain (TLD) lainnya.

Adapun rekomendasi software yang bisa digunakan blogger, yaitu:

1. Software untuk Menulis

Microsoft Word banyak digunakan blogger untuk menulis artikel. Tapi, terkadang ada ada beberapa kendala yang bisa dialami seperti terjadinya crash. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya menggunakan software menulis lainnya.

Ada Focus Writer yang tidak hanya bisa digunakan di OS Windows, tetapi bisa juga untuk OS lainnya. lalu, ada Write yang bisa blogger coba. Hanya saja untuk write berbayar dengan berlangganan setiap tahunnya.

Selain itu, kamu juga bisa menulis di Notepad, Typora, atau Write Monkey sesuai nyamannya saja.

2. Edit Gambar dan Membuat Infografis

Aplikasi edit gambar bawaan bisa blogger gunakan untuk membuat konten tulis lebih menarik. Bisa juga menggunakan aplikasi Canva yang saat ini popular dikalangan konten kreator. Karena tidak hanya untuk edit gambar, bisa juga membuat infografis dengan ribuan template gratis maupun berbayar yang siap pakai.

3. Article Checker

Penting untuk check plagiat artikel yang sudah dibuat. Salah satunya dengan menggunakan software Article Checker ini. Dengan begitu blogger bisa memastikan kontennya benar-benar uniq tanpa plagiat.

4. Mind Map: XMind

Untuk mendapatkan ide menarik melalui tema-tema menarik maka blogger bisa menggunakan software Mind Map. Yang mana software ini cocok untuk brainstorming dan menemukan banyak hal yang bisa ditulis.

5. Microsoft To-Do List

Writer block itu penyakit berbahaya bagi blogger. Karena, jika sudah mengalami penyakit ini ngeblog jadi malas dan akhirnya blog yang sudah lama disayang seperti anak sendiri jadi sarang laba-laba.

Oleh sebab itu, agar selalu konsisten ngeblog gunakan Microsoft To-Do List untuk membuat rencana setiap harinya hal apa saja yang harus dilakukan. Misalnya hari ini harus selesai membuat artikel A, edit gambar untuk artikel B, dan sebagainya.

Dari kelima software untuk aktivitas negblog di atas apakah ada yang sudah pakai? Boleh dong sharing di kolom komentar. Lebih baik jika bisa menambahkan software apa saja yang dibutuhkan blogger.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.