Melestarikan Tradisi Hajatan Pernikahan Turun Temurun di Tengah Moderenisasi

melestarikan tradisi hajatan pernikahan

Indonesia kaya akan budaya dengan beragam tradisi di masing-masing daerah. Seperti, tradisi hajatan pernikahan yang masih dijaga hingga saat ini.

Bahkan, di tengah perubahan dan perkembangan zaman yang semakin maju. Adat dan tradisi turun temurun tetap dipelihara dengan baik.

Dalam tradisi hajatan pernikahan maupun khitanan ada sebuah kebiasaan yang sampai sekarang masih berlangsung. Misalnya dalam membuat makanan sajian untuk acara, maka kerabat dan tetangga akan membantu untuk menyiapkannya.

Persiapan hajatan bahkan bisa 1 sampai 2 bulan sebelum hari H. Karena, ada beberapa makanan yang memang harus disiapkan dari jauh hari. Khususnya untuk makanan khas di kampungku.

Lalu, apa saja tradisi hajatan pernikahan di kampung halamanku yaitu Kuningan Timur, Jawa Barat

Mengenal Tradisi Hajatan Pernikahan di Kuningan Timur

upacacara adat pernikahan

Teman-teman, aku sangat menyukai adat budaya di Indonesia. Selama hal tersebut berupa kebaikan dan untuk menjaga kelestarian, kenapa tidak?

Untuk itu, euforia saat ada yang mau menikah atau khitanan disambut dengan penuh kebahagiaan. Karena, tidak sekedar menyelenggarakan acara lalu bubar setelah selesai. Melainkan, hajatan menjadi momen berkumpulnya sanak saudara yang kini berada di perantauan atau tinggal di daerah yang berbeda.

Selain itu, sebuah bentuk gotong royong antar sesama warga untuk saling membantu dalam berbagai hal. Untuk itu, tradisi hajatan ini semoga selalu terjaga dengan baik. Walau zaman sekarang bisa sewa gedung dan menyerahkan semua persiapan kepada Event Organizer (EO) pernikahan.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku di kampung halamanku. Karena, EO atau penyelenggara yaitu pemilik hajat dan warga. Yang mana acara diselenggarakan di halaman depan rumah, sehingga biaya untuk sewa tempat dapat dialihkan ke hal lain.

Menarik, bukan?

Di kampung atau pelosok daerah tradisi hajatan seperti di kampung halamanku mungkin masih banyak. Biar tidak makin penasaran berikut ini tradisi hajatan pernikahan dan khitanan di kampung halamanku.

1. Membuat Makanan Tradisional

tradisi hajatan pernikahan menyediakan makanan tardisioal

Tentunya dalam setiap acara pasti ada sajian hidangan cemilan hingga berat. Semua hidangan makanan dibuat sendiri oleh kerabat dan tetangga yang membantu.

Untuk makanan tradisional ada yang harus dibuat dari jauh hari. Seperti opak, rempeyek, kue kering, dan makanan ringan lainnya. Lalu, beberapa hari menjelang acara maka akan membuat makanan tradisional Jawadah yang mirip dodol dan tape ketan, serta hidangan cemilan yang kemungkinan besar cepat basi.

Sedangkan, untuk makanan berat seperti nasi dan lauk pauk dimasak pada hari H. Jadi, satu hari sebelum acara akan sibuk memasak sampai acara selesai.

Jangan salah lho, tamu yang datang dari pagi sampe malam. Karena, satu kampung pasti hadir. Belum dari kampung sebelah yang masih memiliki hubungan kerabat atau pertemanan.

Baca Juga: Makanan Khas Kuningan, No. 2 Wajib Dicoba!

2. Seserahan

seserahan tradisi adat pernikahan

Dalam acara pernikahan pastinya ada seserahan. Uniknya di kampung halamanku, untuk pengantin pria harus membawa semua perlengkapan rumah.

Dari tempat tidur, sofa, lemari, peralatan dapur dan perlengkapan rumah. Jadi, biayanya gak beda jauh dengan hajatan di kota.

3. Nyembah

Nyembah seperti sungkeman kepada orang tua. Dalam melakukan nyembah pengantin wanita dan pria harus mengunjungi rumah keluarga inti pengantin pria sambil membawa makanan. Nantinya, pengantin akan menerima pulang sembah berupa uang.

4. Kecrok

Untuk anak bungsu atau terakhir, ada tradisi unik yaitu kecrok. Acara ini biasanya diadakan di malam hari. Yang mana akan ada uang koin dan kelapa kecil yang dimasukkan dalam kantung. Nantinya pengantin akan rebutan untuk mendapatkan isi dalam kantung.

Siapa yang mendapatkannya, maka menjadi hak milik salah satu pengantin. Misal si istri yang dapat maka semua harta tersebut milik istri. Suami tidak punya hak untuk memintanya.

5. Hiburan

Hiburan ini sifatnya opsional. Untuk kalangan menengah ke atas, saat hajatan pasti ada acara hiburan juga. Seperti dangdutan dan pertunjukan wayang golek.

Biasanya kalau ada acara hiburan bakalan lebih rame. Selain itu, banyak juga pedagang yang berjualan. Bisa dikatakan hajatan itu membawa berkah untuk yang lain.

Baca Juga: Biaya Pernikahan Membuatmu Stres? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini!

Mengenalkan Tradisi ke Khalayak Banyak

Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, bahwa adat dan budaya itu penting untuk dilestarikan. Akan lebih baik jika dikenal juga oleh masyarakat luas.

Untungnya mengenalkan budaya di Era teknologi inetrnet saat ini sangat mudah. Karena, manfaat internet bisa untuk membuat konten di media sosial atau youtube.

Aku sendiri punya projek mengenalkan kehidupan anak-anak desa di channel Youtube pribadiku. Salah satunya, saat mengenalkan objek wisata yang masih dalam tahap pembangunan pada video di bawah.

Next, ada beberapa yang mau aku angkat. Termasuk tradisi hajatan ini agar dunia bisa mengenal bahwa seperti itulah resepsi pernikahan dan khitanan di kampung halamanku.

Internet Tanpa Batas dengan IndiHome

Berbicara mengenai konten, tentunya aku memerlukan internet untuk upload di Youtube. Karena, durasinya yang cukup panjang aku membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil.

Dari pengalaman, upload video ke Youtube kalau jaringan lambat bisa makan waktu berjam-jam. Beda banget saat jaringan internet kencang.

Lebih baik lagi kalau tanpa batas seperti IndiHome. Layanan internet satu ini sudah tersedia di seluruh wilayah Indonesia.

Yang mana untuk akses internet broadband mencapai kecepatan 300 Mbps. Produk lain dari IndiHome tersedia layanan telepon dan TV Berlangganan.

Produk dari IndiHome

layanan produk IndiHome dari Telkom Indonesia

Untuk tv berlangganan terdapat fitur menarik berupa Pause dan Rewind, VoD, dan masih banyak lagi. Jadi, lumayan seru juga nih bisa pause dulu kalau lagi nonton dan ke distract karena suatu hal.

Layanan Add-on

Adapun keunggulan dari layanan internetnya Indonesia ini berupa layanan Add-on yang terdiri dari WiFi.id Seamless, Speed on Demand, Upgrade Speed, dan Minipack IndiHome TV.

layanan add on indihome internetnya Indonesia

Beragam Pilihan Paket IndiHome

IndiHome menyediakan beragam paket internet dari Paket Promo, Paket 2P Internet + Phone, Paket 3P+TV+Phone, dan ada juga Paket Gamer.

pilihan promo paket indihome

Cara Berlangganan IndiHome

Buat teman-teman yang mau berlangganan IndiHome untuk menikmati layanan internet tanpa batas, silahkan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Kunjungi website resmi indihome.co.id.
  2. Klik menu berlangganan, lalu teman-teman akan diarahkan ke daftar paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
  3. Jika sudah memutuskan mau pakai paket IndiHome yang mana maka klik “Berlangganan”.
  4. Masukkan data diri.
  5. Jika berhasil maka sistem akan memberikan konfirmasi mengenai ketersediaan jaringan IndiHome di lokasi tempat tinggal teman-teman berdasarkan data diri yang sudah diinput sebelumnya.
  6. Lanjtkan proses pendaftaran dengan klik “Ya”, hingga muncul paket internet yang bisa dibeli. lalu, lanjutkan dengan klik “Beli”.
  7. Isi kembali nama lengkap teman-teman.
  8. Masukkan alamat email dan nomor handphone.
  9. Masuukan pasword.
  10. Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor handphone.

Langkah terakhir yaitu cukup menunggu kehadiran petugas IndiHome ke rumah teman-teman.

Penutup

Menjaga tradisi hajatan pernikahan turun temurun sudah menjadi kewajiban kita semua. Karena, pada dasarnya setiap tradisi memiliki nilai-nilai kehidupan untuk saling bahu membahu dalam kebaikan.

Selain itu, menjaga kehidupan bersosial di masyarakat agar tetap baik. Kalau kata ajaran leluhur itu harus ”Runtut Raut Sauyunan” yang memiliki arti hidup rukun bersama.

Soal internet, serahkan saja sama IndiHome yang punyanya Telkom Indonesia. Kalau tugas kita untuk menjaga dan melestarikannya hingga generasi berikutnya dan berikutnya lagi.

Previous Post Next Post

6 Comments

  1. Reply Hindun Uswatun Nisa Juli 30, 2022 at 09:28

    Baru tau ada adat kecrok di Kuningan Timur. Kalo hiburan, makanan khas hajatan dan seserahan sering ya meski berbeda tiap daerah

  2. Reply Diah Alsa Juli 30, 2022 at 12:59

    woow, seserahannya lengkap ya Mbaik, seisi rumah, pengantin nantinya gak perlu pusing lagi dong ya 🙂
    tradisi yang Kecrok itu unik banget ya, jadi anak bungsu bisa dapat banyak nih 😀
    Saya juga manfaatkan IndiHome untuk bisa bebas kerja di rumah, IndiHome internetnya Indonesia 🙂

  3. Reply Siska Dwyta Juli 31, 2022 at 22:35

    Setiap daerah pastinya punya tradisi pernikahan sendiri ya, tapi umumnya kalau seserahan itu dimana-mana ada deh, sungkeman juga. Cuma pasti ada keunikan tradisi lainnya juga seperti kecrok di Kuningan ini.

    Bersyukur pula dengan manfaat internet dan jaringan stabil dari IndiHome ya Mbak,kita jadi mudah untuk mengakses informasi mengenai tradisi atau budaya pernikahan di suatu daerah

  4. Reply Linda Puspita Juli 31, 2022 at 23:33

    Setiap daerah punya tradisi yang berbeda beda ya mbak. Nah, kalau kami pendatang biasanya menyesuaikan adat setempat yang digabung dengan adat kami sendiri Jawa. Ada undang undangnya kalau pagi atau pertama kali pakai adat setempat baru boleh pakai adat daerah asal

  5. Reply Allamandawi Agustus 1, 2022 at 08:04

    Unik unik ya tradisi pernikahan di indonesia, dulu pas nikahan acaranya sederhana aja cuma kesan tradisionalnya tetap ada

  6. Reply Maria Tanjung Sari Agustus 6, 2022 at 13:47

    Tradisi setiap daerah menarik banget ya mbak. Pastinya ada nilai-nilai positif yang bisa kita ambil. Kita bisa tahu tradisi tiap daerah itu dengan memanfaat jaringan internet dan IndiHome merupakan solusi internetan tanpa lemot

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.