Cara Membuat Desain di Aplikasi Canva untuk Pemula

membuat desain canva

Dalam mempercantik blog dan media sosial, aku sering membuat desain dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Penggunaan yang mudah dengan fitur-fitur yang lengkap dan keren membuat desain jadi menyenangkan dan bisa mengeksplor ide-ide tanpa batas.

Ya. Saat ini Canva memang menjadi pilihan banyak orang untuk menghasilkan desain yang menarik. Terutama para influencer media sosial, kebutuhan desain adalah hal yang penting dan bisa terbilang wajib untuk menghasilkan konten menarik.

Seluk-Beluk Aplikasi Canva

Apa itu Canva?

Canva merupakan aplikasi desain grafis yang menyediakan berbagai fitur untuk kebutuhan desain yang kita inginkan. Canva dapat diakses melalui website maupun download aplikasinya di smartphone. Selain itu terdapat canva gratis dan premium.

Perbedaan Canva gratis dan berbayar adalah Canva berbayar untuk akses yang lebih luas. Untuk kamu yang hendak mengeksplor penggunaan fitur Canva lebih luas lagi sebaiknya menggunakan yang berbayar. Walau begitu yang gratis juga lumayan lengkap untuk kebutuhan desain media sosial dan lainnya.

Baik Canva pro maupun gratis, fitur dalam aplikasi ini bisa menunjang kebutuhan aktivitas desain para pengguna. Sebelum membahas mengenai fitur canva, lebih baik jika mengetahui sejarahnya terlebih dahulu.

Canva didirikan oleh Melanie Parkins dan Cliff Obrecht pada tahun 2007. Awalnya Melanie dan Cliff membuat tool online untuk buku tahunan sekolah yaitu Fusion Book yang hingga sekarang masih popular. Bahkan tidak hanya di Australia, kini merambah ke Prancis dan Selandia Baru.

Kesuksesan Fusion Book tidak membuat keduanya puas dengan satu hal itu. Melainkan mereka memiliki visi yang besar. Hingga waktu mempertemukan mereka dengan karyawan google yaitu Cameron Adams. Lalu terciptalah aplikasi Canva. Saat ini Cameron Adam menjadi Chief Product Officer Canva.

Manfaat Canva

Sebagai aplikasi desain grafis yang memudahkan penggunanya, Canva dapat digunakan untuk berbagai jenis kebutuhan. Seperti komersial, tugas sekolah dan percantik postingan blog.

Membuat Desain Logo di Canva

Membuat desain logo perusahaan, produk dan lainnya agar terlihat profesional dapat menggunakan aplikasi canva. Ada berbagai jenis desain logo yang tersedia. Bisa juga membuat sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan.

Kebutuhan Pembuatan Dokumen

Membuat sertifikat, kop surat, buletin, presentasi dan resume, dapat memanfaatkan aplikasi desain Canva. Penggunaannya yang mudah cocok untuk keperluan formal dan informal.

Kebutuhan Edukasi

Jika kamu seorang guru, dalam aplikasi Canva terdapat fitur untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mudah dan template yang keren. Desain yang tersedia pun akan membuat RPP teman-teman guru dapat mencapai sasaran dan tujuan kelas dengan baik.

Selain itu canva juga menyediakan template untuk membuat banner atau flyer untuk keperluan edukasi.

Membuat Jurnal Harian

Ada yang masiih rajin membuat jurnal harian atau bulanan? Coba deh menggunakan fitur di aplikasi canva untuk membuat kebutuhan rencana atau jadwal sehari-hari kamu. Membuat rencana mingguan di Canva juga akan lebih praktis karena hasil desain bisa kita simpan di handphone.

Kebutuhan Komersial

Memiliki usaha atau bisnis perlu penunjang foto atau video produk yang menarik. Jika dulu mungkin kesulitan mencari desain produk yang bagus, sekarang pengusaha bisa membuat kebutuhan promosi pemasaran dengan aplikasi canva.

Mengenal Fitur Desain Canva

Template

Canva menyediakan berbagai jenis template untuk kebutuhan banner blog, posting media sosial, infografis, dan lainnya. Ada template yang gratis dan berbayar. Silahkan gunakan template sesuai kebutuhan.

Text

Text terdiri dari berbagai jenis font yang unik dan menarik. Layaknya Microsoft Word, pada Canva terdapat pilihan font sesuai kebutuhan. Bahkan tersedia text gabungan dari dua atau tiga font. Terdapat juga text yang mengandung effect.

Agar tampilan desain lebih menarik perhatikan warna huruf sesuai dengan dasar template atau background. Jangan sampai huruf atau tulisan terlalu terang atau terlalu gelap sehingga sulit dibaca.

Perlu teman-teman ingat untuk huruf sebaiknya tidak lebih dari 3 jenis font. Menurut Dr. Canva Mas Syam dalam KEBelajar Canva Design untuk penggunaan font 2 cukup 3 maksimal.

Element Desain Canva

Element pada desain canva terdiri dari garis, bentuk, bingkai, stiker, bagan, dan gradien. Jika ingin menggunakan icon ilustrasi maka bisa cari pada bagian fitur element ini.

Foto

Mau menambahkan foto di desain kita? Canva menyediakan stok foto gratis dan berbayar. Tinggal pilih foto yang diinginkan lalu drag ke template. Setelahnya kita bisa mengatur transparansi foto, filter tone atau mengoreksi warna.

Cara Membuat Desain Canva

membuat desain pertama canva

Membuat Akun Canva

Sebeleum menggunakan aplikasi Canva design harus sign-up terlebih dahulu. Biasanya ada di bagian pojok kanan atas. Jika belum memiliki akun silahkan daftar secara manual melalui e-mail. Bisa juga menghubungkan ke google dan facebook jika tidak ingin repot-repot daftar dengan e-mail.

Buat Desain Canva Sesuai Kebutuhan

Sudah bisa log in, dong. Saatnya eksplore pembuatan desain pertama di Canva dengan memilih template yang sudah tersedia atau membuat desain sendiri sesuai ukuran yang diinginkan.

Jika ingin membuat desain dengan ukuran tertentu pilih “create design” yang ada di kanan atas, lalu pilih “custome size”. Perhatikan juga untuk ukurannya mau px, in, mm, atau cm.

Edit Tempalte atau Background

Dalam mengedit tampilan desain hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan text. Penggunaan huruf harus memerhatikan garis batas aman. Jangan sampai menempatkan font menutupi gambar sehingga huruf tidak terbaca. Agar font sesuai dengan background maka kombinasikan warna dri objek.

Download atau Membagikan Desain Canva

Setelah selesai membuat desain ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk save hasil desain yaitu dengan unduh dan langsung membagikannya melalui email atau media sosial. Unduh hasil desain ada dibagian pojok atas kanan. Silahkan pilih jenis file unduhannya ada jpg atau png.

Penutup

Mempercantik postingan blog atau media sosial dan kebutuhan lainnya sangat terbantu dengan kehadiran aplikasi desain canva ini. Cara menggunakan yang mudah siapa pun dapat akses canva walau tidak memiliki keahlian khusus pada bidang desain.

Pengguna bisa mempelajari keselarasan text dan objek atau memadu-padankan gambar. Silahkan explore ide-ide dengan aplikasi Canva.

Previous Post Next Post

16 Comments

  1. Reply nchie hanie Februari 8, 2021 at 19:42

    Makasih penjelasannya, bhuaa aiya nih aku masih belajar oprek2 canva sesuai kebutuhan saja, kebanyakan buat di postingan ig jualan deh. Kalo di blog paling buat banner, itu pun sesekali.
    Butuh waktu oprek2m bikin mager dan anteng.

  2. Reply Suciarti Wahyuningtyas Februari 9, 2021 at 10:45

    Canva ini penyelamat sekali untukku, karena untuk membuat design media sosial, blog, logo dan lainnya aku pakai Canva, Kadang kalau iseng pun suka bikin ilustrasi dengan menggunakan Canva.

  3. Reply Andiyani Achmad Februari 9, 2021 at 11:00

    dan aku baru sadar kalo tampilan Canva di website dengan diaplikasi sekarang mirip deh, dari segi fitur-fiturnya 🙂

  4. Reply Evi Februari 9, 2021 at 12:03

    Sehar-hari saya banyak menggunakan Canva untuk keperluan media sosial. Memang sangat membantu banget. Apa lagi kalau eman-teman ikut berlangganan ya Pro, jutaan foto siap menunjang keperluan teman-teman 🙂

  5. Reply Ucig Februari 9, 2021 at 17:22

    Anak aku jg suka canva, dia demen ngoprek2nya. Yaampun kayak main game aja dia
    Canva asyik bgt ya mba, udah tinggal kita maksimalkan dari 1 app inii.. sharingnya cakeep bgt

  6. Reply Mugniar Februari 9, 2021 at 19:28

    Kalau sudah piawai menggunakan Canva, asyik pastinya ya bermain-main dengan Canva. Saya masih terbata-bata tapi bisa tenggelam kalau sudah ubek-ubek Canva.

  7. Reply Hani S. Februari 9, 2021 at 19:47

    Aku udah pakai Canva cukup lama, tapi sebatas untuk bikin header atau judul Blog, selebihnya paling bikin CV dan bahan presentasi. Tapi belakangan jadi tahu kalau bisa desain-desain gambar sesuka hati, akhirnya bayar deh biar jadi Pro. Sekarang yang sering pakai malah anakku yang baru mau masuk SD, keasikan bikin-bikin logo pula, wkwk

  8. Reply Dedew Februari 10, 2021 at 05:32

    Aku selalu pakai canva untuk bikin materi di IG kelas nulisku ternyata mudah banget ya cocok untuk aku yang kurang kreatif hehe..pengen coba yang premium deh…

  9. Reply April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com Februari 10, 2021 at 10:38

    Aku punya canva juga tapi masih pakai yang gratisan. Sebenarnya pengen beli tapi msh maju mundur, maunya beli yg asli bukan yg dijual ma org2 di timeline tiwtter hehe
    Canva ini jg andalanku kalau bikin infografis, tinggal modif aja soalnya hehe

  10. Reply Dian Restu Agustina Februari 10, 2021 at 15:45

    Yes, sejak kenal Canva aku full nyaris semua desain untuk blog dan sosmed pakai aplikasi ini. Banyak pilihan, praktis dan free..senangnya jadi bisa bebas berkreasi

  11. Reply Utie adnu Februari 10, 2021 at 16:42

    Dah punya akun canva mba cuna yaitu Blum berani bisa explore padahal keren ya klo bikin gambar bisa desain blog juga lewat canva.. penasaran mau bikin cover novel pakai canva jadinya

  12. Reply Febrianty Februari 10, 2021 at 17:05

    Asyiknya pakai canva adalah mudah diaplikasikan, mudah dibagikan, mudah didownload dan banyak pilihan yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan kita ya. Terus pilihannya mau desai apa saja ada banyak termasuk element nya. Makanya banyak pemula langsung bisa pakai canva ini

  13. Reply lendyagasshi Februari 10, 2021 at 19:52

    Uda paling nyaman design itu pakainya canva.
    Bahkan aku sekarang uda pakai yang premium, hehhee..kemarin sedang ada diskon akhir bulan Januari.
    Asiik ternyata, Canva kini semakin canggih.

  14. Reply indah nuria Februari 10, 2021 at 23:48

    aku suka bangeeet dengan canva nih mba.. soalnya memang banyak banget yang bisa kita kreasikan dengan platform ini. Asli menyenangkan

  15. Reply Adriana Dian Februari 11, 2021 at 00:13

    aku juga suka nih pake canvaaaa.. praktis dan mudah banget ya mak, tapi sekarang tampilan canva di hp agak beda ya mak, jadi nggak seenak dulu kalo mau ngedir di canva di hape. huhu

  16. Reply nyi Penengah Dewanti Februari 15, 2021 at 05:59

    Kalau bikin yang standar aku masih bisa mba hehehhe tapi kalau yang udah rumit nggak bisa
    semoga bisa belajar lagi desain pake canva jadi ciamik. Makasih tipsnya mbak

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.