Yuk Dukung Potensi Anak untuk Generasi Berkarakter Kuat Bersama Biskuat Academy

Tomoyo Rin

Updated on:

dukung potensi anak berkarakter kuat

Sadar tidak sih, Bun kalau kita sering mengaitkan potensi anak dengan bidang akademik. Padahal dukung potensi anak itu berkaitan juga dengan inner strength.

Inner strength sendiri dalam dunia psikologi merupakan sebuah kekuatan dari dalam yang bersumber pada mental dan emosional. Berupa rasa percaya diri, tekad, keyakinan, empati, tanggung jawab, dan sebagainya.

Yang mana inner strength berperan penting dalam menunjang potensi anak dalam mewujudkan mimpi dan harapannya. Baik akademik maupun non akademik inner strength penting bagi si kecil.

Contents

Mengenal Kekuatan Mental dan Emosional Inner Strength

munculkan inner strength pada anak

Pada dasarnya kekuatan dari dalam sudah tertanam dalam diri setiap orang termasuk anak-anak. Hanya saja usia yang masih dini perlu dukungan besar dari orang tua dalam menggali karakternya agar tumbuh menjadi generasi maju dan kuat.

Agar sedari kecil anak bisa belajar bagaimana caranya memunculkan kekuatan dari dalam yang baik untuk kehidupannya. Supaya nantinya bisa bangkit dan terus berjuang, karena hidup tidak selamanya seperti yang diharapkan.

Adapun yang termasuk dalam inner strength, yaitu:

  • Keterampilan emosional adaptif: Perhatian penuh, ketahanan, empati.
  • Emosi Positif: Kasih sayang, rasa syukur.
  • Pandangan optimis: Keyakinan, keterbukaan, tekad.
  • Cara terlibat: Santai: Humoris, Bertanggungjawab.
  • Kepribadian hangat: Dermawan, pekerja keras, bijaksana,

Dari kelima hal di atas harus digali dari dalam diri anak karena pada dasarnya karakter setiap anak berbeda. Ada yang inner strengthnya muncul sejak kecil.

Ada juga yang harus mendapatkan dorongan penuh dari orang tua. Seperti yang aku alami. Yang mana si kecil Jasmine sangat pemalu saat bertemu banyak orang.

Di sekolah pun belum bisa menunjukkan karakternya dengan leluasa. Padahal kalau di rumah sangat cerewet dan senang bercerita mengenai aktivitasnya di sekolah.

Hanya saja memang masih menjadi PR buatku agar si kecil memiliki kepribadian yang lebih kuat, percaya diri dan bisa bersosialisasi dengan baik. Karena, sebagai orang tua aku memahami bahwa potensi anak harus dibarengi dengan inner strength.

Baca Juga: Cara Jitu Mengalihkan Perhatian Anak dari Gadget

Cara Dukung Potensi Anak

cara orang tua dukung potensi anak

Tentunya bukan hal yang asing lagi ya, Bun, kalau bakat anak bisa kita cari tahu dari kecil. Ada yang namanya tes minat bakat, tes IQ, dan metode lainnya.

Tidak sedikit orang tua yang melakukan tes bakat pada buah hatinya agar mudah dalam mengarahkannya. Selain dengan tes, orang tua juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk dukung potensi anak.

1. Kenali Bakat Anak

Dalam mengenali bakat bisa mencari tahu lewat kebiasaan yang sering dilakukan, hobi, dan untuk meyakinkan bisa melakukan tes minat bakat. Dengan begitu orang tua memahami potensi besar yang ternyata anak miliki dan bisa dikembangkan untuk masa depannya.

2. Dukung Cita-Cita

Jika anak memiliki cita-cita ingin jadi dokter, guru, pilot, pemain sepak bola, atau lainnya maka dukunglah harapan si kecil. Caranya dengan memfasilitasi anak agar bisa mewujudkan masa depan sesuai harapannya

3. Banyak Berdiskusi dengan Anak

Melakukan diskusi dengan anak juga cara dukung potensi anak. Sekarang bukan zamannya anak harus mengikuti keinginan orang tua.

Biarkan anak memilih dan orang tua cukup memberikan dukungan dengan banyak berdiskusi tentang banyak hal. Seperti apa yang akan dilakukannya, hal apa saja yang harus dihindari, dan sebagainya.

4. Bantu Kembangkan Inner Strength

Kekuatan dalam diri anak penting untuk dimunculkan, lalu dikembangkan agar adanya keseimbangan antara potensi dan inner strength. Yang mana anak harus memiliki tekad yang kuat, rasa percaya diri dan bertanggungjawab terhadap potensi maupun cita-citanya.

5. Penuhi Nutrisi Anak

Jangan lupa ya, Bun. Anak sehat itu sangat penting dan paling utama. Karena ketika kondisi kesehatannya baik maka tumbuh kembag pun akan baik pula.

Oleh sebab itu, memenuhi kebutuhan nutrisi anak jangan sampai terlewatkan. Karena kecerdasan anak dalam mengembangkan bakat, potensi dan cita-citanya harus terpenuhi dengan baik.

Masih banyak hal yang bisa orang tua lakukan dalam dukung potensi anak. Khususnya dalam bidang non akademik yang berkaitan dengan minat dan bakat anak.

Sekalipun, anak ingin menjadi pemain sepak bola profesional maka orang tua jangan tutup begitu saja. Melainkan dukung dan bantu mewujudkan cita-citanya.

Baca Juga: Ragam Mainan Montessori yang Seru untuk Anak

Biskuat Academy Dukung Mimpi Anak Berkarakter Kuat dan Tangguh

Sekolah Sepak Bola Biskuat Academy

Siapa sih yang tidak kenal Biskuat. Sebelum saya punya anak pun biskuat merupakan biskuit produk Mondelez yang menjadi cemilan favorit aku. Pun, saat ini si kecil sangat suka dengan Biskuat karena rasa gandum dan susu yang dilengkapi dengan 9 vitamin dan 6 mineral. Jadi, tidak hanya memiliki rasa yang manis, tetapi dapat mendukung kekuatan positif dari dalam diri si kecil.

Tidak sekedar memberikan pelayanan terbaik sebagai cemilan favorit. Biskuat memiliki program Biskuat Academy yang sudah ada sejak tahun 2019 dalam mendukung minat anak. Khususnya dalam sepak bola.

Kenapa Harus Sepak Bola?

Bukan tanpa alasan karena olahraga sepak bola bukannya sekedar memerlukan skill berupa kekuatan fisik, melainkan anak dapat mengembangkan inner strength. Berupa rasa percaya diri, berani, tangguh, mampu bekerjasama dengan tim, dan baik hati.

Seperti salah satu video inspirasi Coach Aji di bawah ini. Yang mana sudah lebih dari 35 tahun melatih anak-anak Indonesia hingga sukses dan berhasil menjadi pemain nasional. Hal tersebut tentunya berkat kerja keras, dukungan dan harapan anak-anak bahwa mereka memiliki kekuatan dalam dirinya untuk bisa mewujudkan mimpi.

Saat ini telah dibuka Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022 yang bisa diikuti oleh anak usia 25 September 2022-15 Januari 2022. Dukungan orang tua dengan mengikuti program Biskuat Academy akan menjadi hal baik bagi anak.

Terlebih ada banyak hadiah menarik setiap minggunya dan hadiah utama berupa Tour ke Stadion Bola International. Terpenting tujuan dari Biskuat Academy yaitu untuk mewujudkan mimpi anak dan mengembangkan kekuatan fisik maupun inner strength dalam menciptakan generasi kuat #GenerasiTiger.

Syarat dan cara ikutan Biskuat Academy 2022 sangat mudah lho, Bun. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk pendaftarannya.

Syarat Pendaftaran

  • WNI berdomisili di seluruh wilayah Indonesia.
  • Bukan karyawan maupun anggota keluarga PT Mondelez Indonesia Trading/afiliasi/agensi/pemasok/vendor yang terkait dengan Biskuat Academy.
  • 1 orang tua wali dapat mendaftarkan lebih dari 1 anak dengan nomor yang sama, namun pembelian paket biskuat berbeda.

Cara Daftar

  • Membeli produk Biskuat kemasan khusus dan temukan kode unik di belakang kemasan.
  • Kirim pesan melalui whatsapp ke 081212225919. Lalu ikuti instruksi.
  • Ikuti program Biskuat Academy dan menangkan hadiahnya.

Penutup

Anak memiliki potensi, karakter dan mimpi yang pasti ingin diwujudkan sesuai kemampuan maupun inatnya. Dalam dukung potensi anak inilah orang tua harus bisa mendengarkan apa yang diinginkannya. Lalu, wujudkan mimpi itu bersama potensi yang dimiliki dan kembangkan juga inner strength atau kekuatan dari dalam diri.

Dengan inner strength anak tidak akan mudah menyerah saat harapannya menghadapi rintangan. Melainkan akan tetap kuat dan tangguh untuk berjuang hingga terwujud mimpinya.

Oleh sebab itu, yuk dukung anak dengan banyak hal dan jangan lupa ikuti Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022. Tidak harus anak laki-laki, anak perempuan juga boleh.

Artikel ini diikutsertakan pada lomba KEB x Biskuat Academy

7 pemikiran pada “Yuk Dukung Potensi Anak untuk Generasi Berkarakter Kuat Bersama Biskuat Academy”

  1. Anak anak yang menyukai sepak bola bakalan senang banget nih kalau bergabung di sekolah sepak bola online Biskuat Acadeny karena hadiahnya, bisa merasakan serunya berkunjung ke stadion bertaraf internasional.

    Balas
  2. Halo, dokter kecil. Semoga cita-citamu tercapai ya nak ya. Seru nih ikutan Biskuat Academy ya mba. Apalagi yang punya anak laki-laki. Bisa lebih mengeksplorasi inners strength dan minat bakat mereka.

    Balas
  3. Betul sekali, bahkan kadang inner strength itu sesuatu yang wajib ada pada setiap manusia.. seperti juga pandai, penampilan menarik, keterampilan yang juga perlu dipelihara dan ditingkatkan..

    Balas
  4. Potensi anak harus kita kenali sejak dini ya kak. Senangnya sekarang banyak wadah yang bisa mengembangkan potensi anak. Salah satunya biskuat academy ini.
    Bakat atau potensi anak yang tidak disalurkan dengan baik bisa menghambat berkembangnya potensi besar anak.

    Balas
  5. Mengapa harus sepakbola?? Kalau mnrt saya sepakbola sudah dikenal anak sejak belajar jalan, bermain bola belajar menendang bola sampai dewasa sepak bola olah raga murah meriah akan tetapi kita tidak memiliki banyak atlit bola yg bisa terkenal spt atlit bulu tangkis Indonesia.

    So PR kan yaa buat kita semuaa…biscuat akademy smg bs menghasilkan bibit atlit bola.

    Balas
  6. Biskuat ini memang selalu mendukung bakat anak ya kak. Potensi anak memang bisa terlihat sejak kecil melalui hobinya. Dan orangtua harus bisa melihat karakter ini sejak kecil dan memfasilitasinya. Kalau hobi sepak bola, ya dukung aja. Betul sekali kalau sepak bola boleh perempuan atau laki-laki

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.