explore museum kota tua jakarta
Wonderfull Indonesia

Explore 6 Museum di Kota Tua. Yuk, ke Jakarta!

Jika ingin berwisata sejarah dan seni maka museum kota tua Jakarta adalah jawabannya. Di sini terdapat museum yang mengoleksi barang-barang peninggalan zaman dahulu yang akan mengingatkan kita pada masa lampau. Saat Indonesia sebelum dan sesudah merdeka. Hingga hasil seni yang begitu berharga.

Berkunjung ke kota tua memang tempatnya untuk explore berbagai museum yang akan menambah wawasan kita tentang sejarah, budaya dan perkembangan seni dari masa ke masanya. Dengan harga tiket yang super murah pengunjung bisa menjamah satu per satu museum dalam satu hari. Ya, tidak usah khawatir mahal karena harga tiket museum di Kota Tua. Hal ini menguntungkan bagi wisatawan yang berasal dari luar Jakarta karena tidak bisa setiap minggu ke Jakarta.

Kota Tua Jakarta adalah tempat wisata yang cocok untuk keluarga, study tour, dan semua kalangan. Museum-museum di Kota Tua juga aman untuk anak-anak. Namun harus dengan pengawasan karena ditakutkan tidak sengaja merusak. Apalagi sampai anak-anak lari ke sana kemari lalu menubruk koleksi museum. Oh, jangan sampai! Orang tua harus lebih waspada.

Adapun daftar museum yang bisa dikunjungi saat ke Kota Tua adalah:

Daftar 6 Museum Kota Tua Jakarta

1. Museum Fatahillah

museum fatahillah kota tua

Dulunya adalah balai kota Batavia yang saat ini dijadikan sebagai museum sejarah Jakarta. Di Museum Fatahillah terdapat mebel antik dari abad ke-17, terdapat replika saat masa Tarumanegara dan Pajajaran. Yang menarik di sini adalah penjara bekas peninggalan VOC. Suasana didalam penjara yang sempit sangat lembap.

2. Museum Wayang

museum wayang kota tua

Memiliki berbagai jenis koleksi wayang dari wayang golek, kulit, jerami, hingga boneka-boneka dari berbagai belahan dunia. Di sini terdapat juga alat musik tradisional seperti gamelan dan kawan-kawannya.

Museum Wayang dulunya adalah sebuah gereja bernama De Oude Hollandsche Kerk pada tahun 1640. Lalu berganti nama setelah direnovasi pada tahun 1732 yaitu De Nieuwe Hollandse Kerk.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Terdapat beberapa hasil karya anak bangsa berdasarkan perkembangan seni yang terjadi di Indonesia. Yang unik adalah terdapat lantai yang hanya bisa dikunjungi 20 orang saja. So, kalau mau ke lantai atas ini harus ngantri jika sudah penuh.

tangga unik museum seni rupa dan keramik

4. Museum Bank Indonesia

museum bank indonesia
Sumber: wisatasekolah.com

Sama seperti museum wayang, gedung museum BI dulunya adalah gereja umat protestan. Jika berkunjung ke sini terdapat koleksi mata uang kuno numismatic, mesin hitung, mesin tik, brankas dan lainnya.

5. Musuem Bank Mandiri

Gedung yang dulunya merupakan perusahaan dagang Belanda bernama Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) memiliki banyak koleksi tentang perbankan zaman dahulu. Terdapat mesin cetak uang, kalkulator manual, uang numismatik, brankas dan lainnya.

icon museum bank mandiri

Ciri khas Museum Bank Mandiri adalah stained glass berwarna-warni.

6. Museum Magic Art 3D

museum magic art 3d kota tua
Sumber : magicartjakarta.com

Merupakan museum baru di Jakarta yang sangat instagramable. Di sini tempatnya untuk foto-foto. Tsah. Terdapat beberapa tema yang akan membuat koleksi fotomu keren-keren diantaranya masterpiece, animal, ocean, living, dinosaur, horror dan adventure.

Dibandingkan museum lainnya yang ada di Kota Tua, harga tiketnya lumayan mahal terutama saat weekend. Tidak apa-apa dong mengeluarkan kocek sedikit mahal mungpung lagi di Kota Tua.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.