seruput nikku udon di marugame udon
Asian Food

Seruput Nikku Udon di Marugame Udon Mall Cibinong Bogor

Berhubung cuaca sedang dingin karena musim huja asyiknya bahas menu berkuah seperti udon di Marugame Udon. Sesuai nama tempatnya, di sini menyajikan berbagai jenis udon. Walaupun ada menu lainnya sebagai teman seruput udon yaitu olahan tempura.

Untuk sebagian orang Indonesia mie udon ini lumayan populer. Terbukti di Magurame Udon Mall Cibinong selalu penuh. Terutama saat jam makan siang. Porsi udon yang tidak begitu banyak tetap membuat kenyang karena udon tersendiri terbuat dari tepung terigu.

Perlu diketahui udon adalah salah satu jenis mi yang tidak kalah terkenalnya di negeri sakura. Memiliki tekstur yang kenyal, tebal dan besar.  Karena teksturnya yang licin dan kenyal udon paling mudah diseruput. Tidak seperti mie ramen atau mie yang sering kita rebus sendiri. Kecuali yang sudah ahli, jenis mie apa pun, mudah saja saat diseruput.

Baca Juga : Makanan Musim Dingin di Jepang

Menu Udon dan Tempura di Marugame Udon

Aku sebetulnya kurang suka udon, tapi dua kali ke salah satu restoran yang ada di Mall Cibinong ini malah ketagihan. Kecuali atasan yang memberi nilai kurang bagus karena udonnya kurang tebal. Sedangkan aku Marugame Udon bisa dinikmati, dibanding udon yang ada di salah satu restoran Jepang di Cirebon. Penilaianku mungkin akan berubah jika sudah menikmati udon asli di Jepang. Hehe

Nikku Udon

Di sini banyak jenis udon yang pengin dicicipi satu per satu. So, saat ke sini aku pasti pesan menu yang berbeda. Soal rasa, hampir tidak jauh berbeda. Perpaduan mi kenyal dengan kuah yang segar dan hangat.

Adapun olahan udon yang bisa dipilih adalah Beef Carbonara Udon, Kamaage Udon, Zaru Udon (mie dan kuahnya terpisah), Tori Baitan Udon, Nikku Udon, Beef Curry Udon dan lainnya. Jika Udon saja tidak cukup, bisa tambah olahan tempura sesuai selera. Rasa tenpuranya jga enak, loh.

Untuk tempura ada Beef Croquette (kroket kentang dengan daging sapi), Skewered Shumai (shumai goreng), Kakiage (sayur goreng), Ebi Tempura (udang goreng), Chicken Katsu (ayam fillet), Yakitori (sate ayam) dan lainnya. Tempura enak dimakan dengan kecap yang sudah tersedia di meja.

Tersedia juga dessert jika memang kamu masih kelaparan. ada Ice Cream Cokelat, Puding Mangga Vanilla, Ice Cream Matcha, Fruit Parfait dan lainnya.

Cara Memesan Udon di Marugame Udon

Jika teman-teman pernah makan di Yoshinoya atau Hokben tidak akan kebingungan saat memesan makanan Jepang ini. Menu terpajang di  atas dinding. Untuk udon kita bisa melihat langsung cara pembuatannya. Sebelum memesan jangan lupa ambil nampan yang sudah tersedia. Karena makanannya tidak diantarkan melainkan dibawa senderi oleh kita.

Jika sudah memutuskan mau makan apa, tunggu sampai udon selesai disajikan. Biasanya pelayan akan menanyakan mau pakai daun bawang yang sudah di iris atau tidak. Dan menawarkan makanan tambahan lainnya seperti bakso. Lalu ambil piring yang berbentuk persegi panjang jika mau tambah tempura. Tinggal bayar deh.

Saat di kasir jangan lupa sebutkan minumannya juga ya. Tapi, kasir hanya akan memberikan gelas jika memesan ocha. Karena minumannya dituangkan sendiri, mau dingin atau panas bebas. Minum lebih dari segelas juga tidak masalah.

Baca Juga : Kedai Mie Lippo Cikarang. Mie-nya Bikin Nagih!

Hal yang Tidak ada di Indonesia tapi ada di Jepang

Jika mau udonnya lebih nikmat, bisa tambahkan biji wijen atau kulit jahe yang sudah disediakan didekat minuman. Di sana juga tersedia daun bawang. Jadi, kalau merasa irisan daun bawangnya kurang banyak bisa ditambahkan sendiri. Sedangkan bumbu yang tersedia di meja adalah cabai bubuk. Dan kecap untuk tenpura.

Namun, yang perlu diketahui. Di Jepang setelah makan, peralatan makan seperti nampan, mangkuk, gelas dan lainnya dibereskan sendiri dan ditaruh di tempat yang sudah tersedia. Tapi, di Indonesia tidak. Kalau sudah makan dan bayar ya, kabur. Peralatan makan dibiarkan begitu saja di atas meja.

Jujur saja, jika sistem di Indonesia disamakan dengan di Jepang, aku tidak masalah. Karena tidak sulit kok, membawa peralatan makan ke tempat penyucian. Sayangnya, karena budaya tersebut hal yang tabu di Indonesia pasti akan ada pro dan kontra.

Kalau menurut teman-teman bagaimana? Silahkan bebas berpendapat di kolom komentar. Tapi tidak untuk saling menghujat jika pendapat tidak sama.

Btw, kalau lagi di Mall Cibinong sempatkan makan di Magurame Udon.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

30 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.