akhir pekan di museum wayang jakarta
Wonderfull Indonesia

Akhir Pekan di Museum Wayang Jakarta. Wow, Harga Tiketnya Masih Murah Meriah!

Ada yang pernah berkunjung ke Museum Wayang Jakarta?

Kalau aku sudah 3 kali. Pertama, bareng anak-anak NELS saat itu tengah mencari pekerjaan. Kedua, saat pertemuan kembali dengan si Aa sang mantan yang sekarang jadi suami. Haha, emang bersejarah banget deh Kota Tua ini.

Ketiga ini ngajak si Bule, niatnya si mengenalkan sesuatu yang baru tentang boneka-boneka khas Indonesia. Eh, tapi baru masuk langsung ketakutan saat di pintu masuk ada wayang yang tingginya lebih dari dua meter.

patung wayang golek

Mungkin karena penampilannya yang aneh, tidak seperti boneka-boneka kain di rumah jadi terkesan mengerikan. Tapi memang si Bule ini paling takut sama boneka yang berbentuk orang. Seperti boneka bayi yang bisa menangis itu, dia langsung sembunyi. Kalau boneka jenis itu aku juga gak suka, sepertinya efek film horo Anabelle. haha

Ekspektasi ngajak si kecil ke Museum Wayang memang tidak sesuai perkiraan. Tapi tidak buruk-buruk banget setelah masuk dan melihat berbagai koleksi boneka di museum wayang, ketakutannya mulai berkurang.

Baca Juga : One Day Staycation in The Sultan Jakarta

Koleksi Boneka Wayang di Museum Wayang Kota Tua Jakarta

Harga Tiket & Koleksi Wayang

Dengan harga tiket masuk Museum Wayang Jakarta untuk dewasa cukup mengeluarkan kocek Rp. 5000 saja. Sangat murah untuk ukuran museum dengan koleksi boneka wayang yang lengkap.

Ada yang asli Indonesia. Seperti wayang golek, wayang kulit,  termasuk Si Unyil dan kawan-kawannya. Ada juga boneka wayang dari berbagai negara. Yang seram itu boneka wayang badut mirip chaki. Ih…. merinding tahu. Ditambah aroma ruangan yang lembap. Agak horo gimana gitu. Jadi kalau ke sini dan lihat boneka yang agak menyeramkan, lewatin saja.

wayang kulit

Untuk Jenis wayang lainnya ada wayang rumput. Nah, Soal wayang rumput, jadi teringat waktu kecil aku sering buat wayang dari daun singkong yang sekarang malah lupa bagaimana membuatnya. Tsah.

Baca Juga : Jelajah Situs Banten Lama, Mengenang Sejarah Peninggalan Zaman Dulu

Btw, saat masuk pengunjung sudah disuguhi beberapa wayang golek dengan nama dan penjelasannya di etalase. Sehingga yang berkunjung tidak perlu khawatir tentang info wayang-wayang di museum wayang ini. Sebelum melanjutkan ke gedung lainnya. Ada sebuah lorong yang asyik buat selfie. Nuansa bangunan zaman dulunya itu kental banget.

Entah, kenapa suasananya terasa berbeda. Lebih lembap. Alat gamelan yang ada di dalam sekarang sudah disekat dengan kaca jadi tidak bisa ada yang megang. Tinggal alat-alat gamelan yang dekat pintu keluar saja.

gamelan di museum wayang jakarta

Untuk boneka wayang besar ada beberapa boeka yang dipajang di pintu keluar. Sehingga pengunjung bebas selfie. Di sana juga tersedia aneka aksesoris untuk dibawa pulang, asal jangan lupa untuk bayar dulu. lol.

Aksesoris berupa gantungan kunci, bookmark, tempelan kulkas, boneka wayang untuk dekorasi dinding atau meja dari ukuran kecil hingga besar. Harganya juga bervariasi. Dari Rp. 20.000 hingga ratus ribuan. Jika berniat beli oleh-oleh di sini, jangan lupa siakan uang yang banyak ya. Biar bisa bawa banyak.

oleh-oleh di museum wayang

Lokasi Museum

Lokasi Museum Wayang Jakarta ini berada di kawasan wisata Kota Tua. Jika mengulik sejarah bangunan yang sekarang digunakan untuk museum, dulunya adalah sebuah gereja dan masih menyisakan sebuah makam Gubernur Jenderal Hindia Belanda yaitu Jan Pieterszoon Coen.

makan
Makam Jan Pieterszoon Coen.

Yang belum pernah ke sini, yuk datang! Ajak anak, keluarga, teman, terutama generasi milenial yang baru-baru. Kenalkan mereka pada budaya Indonesia yang unik dan memiliki sejarah penting. Karena seni wayang ini tidak kalah menariknya dengan tonton di era modern ini. Banyak nilai-nilai positif yang disampaikan dari setiap pertunjukan wayang.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

36 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.