Akhir Pekan di Museum Wayang Jakarta. Wow, Harga Tiketnya Masih Murah Meriah!

Tomoyo Rin

Updated on:

akhir pekan di museum wayang jakarta

Ada yang pernah berkunjung ke Museum Wayang Jakarta?

Kalau aku sudah 3 kali. Pertama, bareng anak-anak NELS saat itu tengah mencari pekerjaan. Kedua, saat pertemuan kembali dengan si Aa sang mantan yang sekarang jadi suami. Haha, emang bersejarah banget deh Kota Tua ini.

Ketiga ini ngajak si Bule, niatnya si mengenalkan sesuatu yang baru tentang boneka-boneka khas Indonesia. Eh, tapi baru masuk langsung ketakutan saat di pintu masuk ada wayang yang tingginya lebih dari dua meter.

patung wayang golek

Mungkin karena penampilannya yang aneh, tidak seperti boneka-boneka kain di rumah jadi terkesan mengerikan. Tapi memang si Bule ini paling takut sama boneka yang berbentuk orang. Seperti boneka bayi yang bisa menangis itu, dia langsung sembunyi. Kalau boneka jenis itu aku juga gak suka, sepertinya efek film horo Anabelle. haha

Ekspektasi ngajak si kecil ke Museum Wayang memang tidak sesuai perkiraan. Tapi tidak buruk-buruk banget setelah masuk dan melihat berbagai koleksi boneka di museum wayang, ketakutannya mulai berkurang.

Baca Juga : One Day Staycation in The Sultan Jakarta

Koleksi Boneka Wayang di Museum Wayang Kota Tua Jakarta

Harga Tiket & Koleksi Wayang

Dengan harga tiket masuk Museum Wayang Jakarta untuk dewasa cukup mengeluarkan kocek Rp. 5000 saja. Sangat murah untuk ukuran museum dengan koleksi boneka wayang yang lengkap.

Ada yang asli Indonesia. Seperti wayang golek, wayang kulit,  termasuk Si Unyil dan kawan-kawannya. Ada juga boneka wayang dari berbagai negara. Yang seram itu boneka wayang badut mirip chaki. Ih…. merinding tahu. Ditambah aroma ruangan yang lembap. Agak horo gimana gitu. Jadi kalau ke sini dan lihat boneka yang agak menyeramkan, lewatin saja.

wayang kulit

Untuk Jenis wayang lainnya ada wayang rumput. Nah, Soal wayang rumput, jadi teringat waktu kecil aku sering buat wayang dari daun singkong yang sekarang malah lupa bagaimana membuatnya. Tsah.

Baca Juga : Jelajah Situs Banten Lama, Mengenang Sejarah Peninggalan Zaman Dulu

Btw, saat masuk pengunjung sudah disuguhi beberapa wayang golek dengan nama dan penjelasannya di etalase. Sehingga yang berkunjung tidak perlu khawatir tentang info wayang-wayang di museum wayang ini. Sebelum melanjutkan ke gedung lainnya. Ada sebuah lorong yang asyik buat selfie. Nuansa bangunan zaman dulunya itu kental banget.

Entah, kenapa suasananya terasa berbeda. Lebih lembap. Alat gamelan yang ada di dalam sekarang sudah disekat dengan kaca jadi tidak bisa ada yang megang. Tinggal alat-alat gamelan yang dekat pintu keluar saja.

gamelan di museum wayang jakarta

Untuk boneka wayang besar ada beberapa boeka yang dipajang di pintu keluar. Sehingga pengunjung bebas selfie. Di sana juga tersedia aneka aksesoris untuk dibawa pulang, asal jangan lupa untuk bayar dulu. lol.

Aksesoris berupa gantungan kunci, bookmark, tempelan kulkas, boneka wayang untuk dekorasi dinding atau meja dari ukuran kecil hingga besar. Harganya juga bervariasi. Dari Rp. 20.000 hingga ratus ribuan. Jika berniat beli oleh-oleh di sini, jangan lupa siakan uang yang banyak ya. Biar bisa bawa banyak.

oleh-oleh di museum wayang

Lokasi Museum

Lokasi Museum Wayang Jakarta ini berada di kawasan wisata Kota Tua. Jika mengulik sejarah bangunan yang sekarang digunakan untuk museum, dulunya adalah sebuah gereja dan masih menyisakan sebuah makam Gubernur Jenderal Hindia Belanda yaitu Jan Pieterszoon Coen.

makan
Makam Jan Pieterszoon Coen.

Yang belum pernah ke sini, yuk datang! Ajak anak, keluarga, teman, terutama generasi milenial yang baru-baru. Kenalkan mereka pada budaya Indonesia yang unik dan memiliki sejarah penting. Karena seni wayang ini tidak kalah menariknya dengan tonton di era modern ini. Banyak nilai-nilai positif yang disampaikan dari setiap pertunjukan wayang.

36 pemikiran pada “Akhir Pekan di Museum Wayang Jakarta. Wow, Harga Tiketnya Masih Murah Meriah!”

  1. Setiap museum yang ada di jakarta emang murah-murah sih, asyik buat refreshing kalo lagi enggak ada duit, wkwkwk. tapi saya udah puluhan tahun tinggal di jakarta belum pernah ke ini museum, jadi pengen nih berkunjung ke museum-museum di jakarta, makasih mba sharingnya.

    Balas
  2. Di Mojokerjo, Jawa Timur, juga ada museum wayang. Isinya juga mirip dengan yg di Jakarta. Hanya saja kalau di Jatim, wayangnya banyak yg wayang orang. Mirip sama tokoh2 penting termasuk pak.jokowi

    Balas
  3. Di Mojokerjo, Jawa Timur, juga ada museum wayang. Isinya juga mirip dengan yg di Jakarta. Hanya saja kalau di Jatim, wayangnya banyak yg wayang orang. Mirip sama tokoh2 penting termasuk pak.jokowi

    Balas
  4. Wuih, aku baru tahu kalau ada museum wayang di Jakarta. Btw, boleh nih buat dikunjungi, disamping harga tiketnya juga murah hihii. Cocok ya mba buat destinasi liburan bareng keluarga

    Balas
  5. Yang kutahu cuma wayang golek dan wayang kulit, (tapi gak tahu juga siapa aja tokoh tokohnya). Yang terkenal itu tokoh tokoh pewayangan dalam cerita ramayana ya…? Kalau dari luar wayangnya seperti apa?

    Balas
  6. Wah suatu hari pas berkunjung ke Jakarta akan berkunjung kesini mba, Bisa jadi wisata edukatif buat kita. Makasih ya mb atas infonya.

    Balas
  7. Beberapa kali mengunjungi kota tua..tp saya belum pernah ke museum ini. Tks sharingnya mbak… Museum ini bisa jd destinasi berikutnya jika ke kotu lagi

    Balas
    • Sama-sama mba Ida. Museum Wayang memang salah satu pilihan terbaik saat berkunjung ke kotu dengan harga tiket yang murah banget. Karena ada museum yang tiket masuknya lumayan mahal.

      Balas
  8. Ada beberapa museum yang pernah saya kunjungi, tapi belum pernah ke museum wayang. Pas ke kota tua, saya hanya berkeliling dan melihat-lihat dari dalam mobil, soalnya pas malming, ramai, nggak jadi mampir deh, hehe…

    Balas
  9. Waww samaan aku nih suka juga jln ke museum. Ada yang menarik pastinya. Ini Museum Wayang murmer ya harga tanfa msuknya 5 ribu. Byr segitu sdh dpt info dan lihat macam wayang, boneka dll. Keren ya mbaa…

    Balas
  10. Agak serem juga ya klo lihat sejarah gedungnya yg berasal dari zaman Belanda.
    Dlu pernah liat uji nyali di tv yg berlokasi di Museum Wayang dan memang angker banget.
    *ini kenapa saya malah bahas soal horor

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.