Memilih Layanan Hosting Terbaik untuk Website

Tomoyo Rin

rekomendasi layanan hosting terbaik

Sebuah website agar memiliki performa yang baik dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya memilih layanan hosting terbaik untuk mendapatkan server yang optimal.

Hosting adalah suatu layanan untuk menyimpan berbagai kumpulan data, seperti gambar, file, dan lain-lain pada sebuah website. Sedangkan web hosting berupa layanan penyedia server agar data web bisa muncul dan pengguna internet dapat mengaksesnya dengan mudah.

Contents

Fungsi Hosting

Menggunakan hosting untuk website tentunya dapat memudahkan pemilik atau admin dalam akses dan mengolah data web. Serta, untuk menjaga performa website agar tidak mudah down.

Semakin bagus kecepatan loading website maka akan berpengaruh baik terhadap Serach Engine Optimization (SEO). Hal ini karena, search engine menyukai situs yang memiliki loading web cepat dan stabil. Secara tidak langsung, hosting berpengaruh terhadap SEO web.

Fungsi lain dari hosting yaitu sebagai keamanan website agar tidak mudah diserang oleh hacker. Biasanya tujuan para hacker menyerang web untuk mengambil alih akses.

Oleh karena itu, layaknya memilih domain website dengan melakukan pengecekan melalui domain checker, penting untuk memilih layanan hosting terbaik agar website bekerja dengan optimal. Baik dari akses yang cepat dan stabil, serta keamanan yang terjamin.

Baca Juga: Memilih Top Level Domain untuk Website

Jenis-Jenis Layanan Hosting Terbaik

jenis layanan hosting terbaik

Pada umumnya terdapat beberapa jenis layanan hosting yang bisa digunakan untuk sebuah website. Yang mana memilih hosting dapat disesuaikan dengan kebutuhan website itu sendiri.

Untuk itu, berikut ini jenis-jenis hosting yang dapat digunakan untuk website.

1. Shared Hosting

Jenis layanan hosting yang pertama cocok untuk kamu yang baru pertama kali membuat website. Hal ini karena, pengelolaan maupun konfigurasi server dilakukan oleh penyedia hosting.

Pengguna shared hosting tidak harus memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman untuk mengolah website. Menariknya tersedia akses cPanel untuk mengolah data web. Selain itu, untuk harga hosting cukup worth it di kantong.

2. Cloud Hosting

Tidak beda jauh dengan shared hosting, untuk pengelolaan server ditanggung oleh penyedia. Bedanya, penggunaan cloud hosting untuk website yang membutuhkan sumber daya dan kapasitas penyimpanan yang besar.

Kelebihan lain dari cloud hosting adalah tidak mengalami downtime dan dapat melakukan replikasi pada setiap server. Sebagai contoh, ketika server cloud sibuk maka trafik website dapat admin alihkan ke server lain dengan otomatis.

3. VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS adalah layanan hosting untuk website dengan kapasitas besar. Walau konsepnya sama dengan shared hosting yaitu berbagi server dengan pengguna lainnya, tetapi pengguna VPS mendapat ruang server dedicated khusus untuk digunakan dan mengelolanya sendiri sesuai kebutuhan.

Penggunaan VPS Hosting bisa kamu pilih ketika trafik website tinggi dan cocok juga untuk game server. Yang mana layanan VPS lebih terjangkau dari cloud hosting dengan keunggulan lebih banyak lagi.

Salah satu penyedia layanan hosting VPS murah DomaiNesia menawarkan produk sesuai kebutuhan. Dari cloud VPS 1GB hingga yang paling besar yaitu Cloud VPS 64GB.

Memilih layanan hosting terbaik DomaiNesia memberikan keuntungan untuk website kamu. Karena, fitur server cloud lengkap, jaminan keamanan dengan Enterprise-Grade Hardware, jaminan uptime SLA 99.9% dan perhitungan biaya transparan.

4. Dedicated Hosting

Ketika data website semakin banyak dan trafik tinggi maka kamu membutuhkan server khusus untuk satu pengguna saja. Oleh karena itu, alangkah baiknya menggunakan dedicated hosting yang merupakan upgrade dari VPS hosting.

Kelebihan dedicated hosting yaitu tidak khawatir dengan downtime, bebas pilih panel kontrol dan sistem operasi. Selain itu, kelebihan terletak pada root access dan Dedicated IP.

5. WordPress Hosting

Layanan hosting satu ini khusus bagi pengguna WordPress dengan sistem server seperti shared hosting. Yang mana tersedia tema dan plugin siap pakai, cocok untuk pemula karena kemudahan dalam menggunakannya, dan baik untuk performa website WordPress.

Dengan informasi mengenai jenis layanan hosting terbaik di atas semoga tidak salah pilih dan kebingungan lagi memilih hosting untuk website. Pastikan menggunakan hosting yang sesuai dengan kebutuhan agar website tetap berjalan dengan optimal.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.