Program Blackmores Peduli ”Tukar Botol” Sebagai Wujud Menjaga Laut Bebas Sampah

Tomoyo Rin

program blackmores peduli tukar botol

Dampak dari sampah plastik memang sangat besar bagi lingkungan. Terlebih saat sampah berakhir di laut maka tidak hanya mengotori keindahan laut, melainkan semua biota laut yang ada didalamnya tengah menghadapi ancaman besar.

Hal tersebut karena sampah plastik membutuhkan waktu hingga puluhan bahkan ratusan tahun hingga terurai. Dan, jika tertelan atau termakan oleh ikan maka ancaman kematian tidak terhindarkan lagi.

Seperti kasus malang yang sering menimpa ikan paus. Pada tahun 2018 di Wakatobi terdampar paus mati karena menelan 5.9kg sampah. Lalu, menjelang tutup tahun 2019 di Skotlandia Paus Sperma mati yang di dalam perutnya terdapat 100kg sampah plastik.

Miris! Tentu saja, karena bagaimanapun partikel dari sampah plastik mengancam kelestarian laut dan kehidupan manusia itu sendiri. Yang mana saat konsumsi ikan maka partikel tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Laut Indonesia Masih Menangis Oleh Sampah Plastik

Contents

Solusi Laut Bebas dari Sampah

Penanganan masalah sampah plastik memang tidak bisa selesai dalam waktu singkat. Karena, yang paling utama mengatasi permasalahan ini dengan mengubah kebiasaan masyarakat dalam menggunakan kemasan sekali pakai.

Tentu hal tersebut membutuhkan waktu yang panjang dan secara bertahap. Misalnya membawa tas belanja sebagai pengganti kantong plastik, kurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai dan pilah sampah sebelum dibuang

Pilah sampah yang dimaksud yaitu memisahkan sampah yang bisa didaur ulang dan tidak. Seperti kemasan plastik yang bisa didaur ulang.

Baca Juga: 3 Ide Kreatif Daur Ulang Botol Plastik

Peran pemerintah juga sangat penting dalam menyediakan tempat pembuangan sampah yang memadai. Agar tidak ada lagi yang buang sampah sembarangan. Terutama buang sampah ke sungai yang nantinya berakhir di laut.

Selain itu, berbagai stakholder harus ikut andil dalam pelestarian lingkungan. Yang mana saat ini sudah banyak produsen makanan, minuman hingga obat-obatan yang mulai terbuka dengan isu pelestarian laut. Seperti program Blackmores Peduli ”Tukar Botol”.

Program Blackmores Peduli ”Tukar Botol”

dropbox program blackmores peduli tukar botol

Sebagai bentuk dukungan pemerintah yang menargetkan penurunan sampah plasik di laut pada tahun 2025 sebanyak 70%, maka Blackmores kembali meluncurkan program peduli ”Tukar Botol”. Program peduli ini melalui produk unggulannya yaitu Blackmores Odourless Fish Oil.

Yang mana dalam program Blackmores Peduli ”Tukar Botol” tidak hanya botol produk Blackmores saja. Melainkan semua merek vitamin bisa masyarakat kumpulkan sebanyak mungkin yang nantinya akan didaur ulang.

Dengan begitu secara tidak langsung akan menjadi kebiasaan baik bagi masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan sampah plastik di laut dapat berkurang. Mengingat dari data yang dikeluarkan BPS tahun 2021 produksi sampah plastik di Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun dan 3.2 juta ton sampah plastik dibuang ke laut.

Perlu digaris bawahi juga bahwa Indonesia menjadi penyumbang nomor satu sampah plastik di laut. Untuk itu, penanganan sampah plastik harus segera diatasi agar ekosistem lingkungan laut tetap bersih dan sebagai awal dari kesehatan.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen Blackmores seperti yang disampaikan oleh Astrid Prasetyo selaku Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition. Bahwa lebih dari 90 tahun Blackmores terus memegang komitmen dalam memberikan nutrisi terbaik dari alam yang berkualitas dan berkelanjutan bagi lingkungan.

Yang mana Blackmores sendiri produk yang bersumber dari minyak ikan laut. Sehingga, menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan menjadi komitmen Blackmores Odourless Fish Oil yang tidak akan terlupakan.

Mekanisme Penukaran Blackmores Peduli “Tukar Botol”

voucer belanja apresiasi tukar botol blackmores

Program Blackmores Peduli “Tukar Botol” berlangsung dari 1 September hingga 30 November 2022. Berikut ini cara menukarkan botol vitamin yang sudah terpakai.

  • Botol plastik bekas vitamin dibawa ke apotek independent atau mall yang menyediakan dropbox Balckmores.
  • Selanjutnya masyarakat akan mendapatkan voucher belanja sebagai bentuk apresiasi terhadap ikut andil dalam menjaga kelestarian laut.
  • Setelah itu, botol plastik akan didaur ulang oleh eRecycle selaku organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik.

Sambutan Baik untuk Blackmores

partisipasi program blackmores peduli

Langkah Blackmores peduli terhadap kebersihan laut dari sampah plastik tentunya mendapatkan sambutan baik dari berbagai pihak. Baik itu dari konsumen maupun pemerhati lingkungan seperti Tasya Kamila.

Tasya Kamila mengungkapkan bahwa permasalahan sampah plastik harus dituntaskan bersama dan sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikannya. Itulah mengapa Tasya begitu mengapresiasi dan menyambut inisiatif baik program Blackmores Peduli “Tukar Botol”.

Pun, salah satu konsumen yang ikut berpartisipasi dalam program ini yaitu Diana Agustina menyambut dengan rasa senang karena bisa ikut andil dalam melestarikan lingkungan, terutama menjaga kebersihan laut. Hal tersebut karena, konsumen berusia 36 tahun tersebut rutin konsumsi minyak ikan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Program Blackmores Peduli “Tukar Botol” pastinya membuat kita semakin sadar agar tidak sembarangan buang sampah, selalu pilih dan pilah sampah organik dan anorganik. Karena, lingkungan bersih adalah tugas kita bersama.

Satu pemikiran pada “Program Blackmores Peduli ”Tukar Botol” Sebagai Wujud Menjaga Laut Bebas Sampah”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.