Mengenal Candi Prambanan Lebih Dekat Bersama Skyscanner

objek wisata candi prambanan

Kalau jalan-jalan ke Jogja itu asyiknya main ke mana si? Kalau aku lebih memilih untuk eksplor candi prambanan. Karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dan menjadi salah satu cara menikmati karunia Tuhan yang luar biasa.

Tumpukan batu yang tersusun rapi namun dapat bertahan hingga ratusan tahun. Seperti Komplek Candi Prambanan yang dibuat pada tahun 850 M. Walau sempat runtuh dan terbengkalai. Namun, berkat renovasi yang terus berjalan, keindahan dan kemegahannya dapat dinikmati hinga zaman milenial saat ini.

Jadi, wajar saja jika UNESCO menetapkan candi hindu terbesar di Indonesia tersebut menjadi salah satu warisan dunia.   

Baca juga : Taman Limo Jatiwangi – Wisata Murah Meriah di Cikarang

Uniknya Candi Prambanan

Paling unik dari sebuah candi adalah ukiran-ukiran yang menceritakan tentang Ramayana. Tak kalah uniknya adalah pembangunan candi itu sendiri yang memiliki 3 tingkatan zona dari yang kurang suci hingga paling suci, yaitu :  

1. Bhurloka, ini zona terendah. Di dalamnya mencakup makhluk fana seperti manusia, hewan, termasuk iblis atau makhluk astral lainnya. Kenapa manusia masuk ke Bhurloka? Karena manusia, makhluk yang penuh hasrat dan nafsu.

2. Bwahloka, tempat orang suci, seperti pertapa. Tidak semua manusia termasuk Bhurloka, karena beberapa manusia juga ada yang menjalankan kehidupan suci.

3. Swahloka, tingkat ketiga ini adalah tingkat tertinggi. Tingkat yang paling suci karena tempat berdiamnya para dewa.  

Nikmat Tuhan yang mana yang engkau dustakan?

Baca Juga : One Day Staycation in The Sultan Hotel Jakarta – The Beautiful View

Kisah Candi Prambanan

candi prambanan jogja
Credit foto by pvdberg

Alkisah, Candi Prambanan dibangun untuk dewa Brahma sebagai pencipta, dewa Wishnu sebagai pemelihara dan Dewa Siwa sebagai pemusnah. Namun, ada cerita rakyat yang beredar di masyarakat yaitu kisah tentang Rara Jonggrang.

Tak beda jauh ceritanya dengan kisah tangkuban perahu dari jawa barat. Saat seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso bermaksud mempersuntingnya, Rara Jonggrang meminta syarat untuk dibangunkan 1000 candi dalam satu malam.

Hal tersebut bertujuan sebagai salah satu upaya menolak pangeran Bondowoso karena walau sudah menerima penolakan Bondowoso tetap memaksa. Sedangkan, Rara Jonggrang tak sudi menikah dengan orang yang membunuh ayahnya.  

Jika kita pikirkan secara logika memang tidak masuk akal 1000 candi bisa dibangun dalam satu malam. Konon Bondowoso dibantu oleh para jin. Sedangkan Rara Jonggrang akhirnya dikutuk menjadi arca batu sebagai hukuman karena telah melakukan tipu muslihat membuat para jin kabur kalang kabut saat pembangunan candi ke-1000.  

Terlepas dari bagaimana candi Prambanan bisa berdiri dengan megahnya, mengunjungi langsung dan menikmati keindahannya adalah cara terbaik. Lebih baik juga pesan tiket pesawat untuk berkunjung ke sana melalui aplikasi Skyscanner.   

Beli Tiket di Skyscanner

aplikasi skyscanner home

Selain bisa pesan tiket pesawat, bisa loh booking hotel dan serunya juga bisa sewa mobil sekaligus. Duh, dimanjakan dong ya dengan satu aplikasi dapat menunjang 3 kebutuhan saat traveling.

Kabar baiknya yang berencana terbang dengan Garuda Indonesia lagi ada promosi tiket pesawat untuk keberangkatan di bulan April. Yeayyy! Jangan sia-siakan kalau ada diskonan.  

skyscanner telusuri

Baca Juga : Trip Day 1 Pulau Pramuka – Pengalaman Pertama Snorkeling

Untuk mengetahui penawaran di skyscanner, buka aplikasinya lalu klik ‘telusuri’ di sana akan tercantum tiket penerbangan terbaik di setiap bulannya. Promo penerbangan ke tempat-tempat tertentu. Mungkin salah satunya ada tempat yang sudah masuk di daftar list destinisy.

Duh, jadi gak sabar melancong nih lihat promo-promo yang menggiurkan. Aplagi jelajah Indonesia masuk ke dalam salah satu wishlist yang sedang aku perjuangkan. Asyik.

Untuk berkunjung ke kompleks Candi Prambanan yang berada di Jogja. Jika sudah yakin dengan promonya. Cus ah booking tiket pesawat. Lalu cari tiket pesawat Garuda. Akan muncul price untuk salah satu maskapai ternama di Indonesia ini.  

Booking tiket pesawat kan sudah nih. Selanjutnya tinggal ubek-ubek hotel di daerah sana. Juga, tak ketinggalan sewa kendaraan juga buat yang pengin lebih bebas explore tempat lainnya. Yuk, rencanakan liburan untuk menikmati megahnya candi Prambanan bersama Skyscanner.

________________________________

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

Previous Post Next Post

9 Comments

  1. Reply Erin Herlina April 5, 2018 at 09:37

    Iyah mba tepatnya memang di Klaten. Aku ngambil Kota besarnya, karena Klaten kan masuk Jawa Tengah Juga. Hehe… Maksih sudah mampir mba.

  2. Reply Siti Faridah April 5, 2018 at 08:06

    Candi Prambanan kok setahuku di Klaten ya mbak? Jogjakarta memang selalu istimewa ya mbak untuk dikunjungi. Nice sharing mbak.

  3. Reply Nur Rochma April 5, 2018 at 13:46

    Aduh, aku belum puas main ke candi Prambanan. Tahun lalu agak terburu-buru jadi nggak bisa eksplore dengan maksimal.

  4. Reply Erin Herlina April 6, 2018 at 01:14

    hayu mba ke sana lagi. 😀

  5. Reply Tira Soekardi April 7, 2018 at 20:04

    paling suka kalau lht candi prambanan malam hari eksotis banget

  6. Reply Erin Herlina April 10, 2018 at 06:00

    Wah…. betulkah mba. Coba juga ah nanti lihatnya pas malam hari.

  7. Reply donna imelda April 19, 2018 at 03:02

    penasaran pengen melihat detail Prambanan dan mempelajari cerita di reliefnya

  8. Reply Erin Herlina April 19, 2018 at 08:36

    Saya juga mba, soalnya suka sama sejarah.

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.