Mengenal Tes Wartegg: Dari Pengertian Hingga Cara Mengerjakannya

mengenal tes wartegg

Halo, kali ini aku mau posting tentang tes wartegg. Btw, ada yang pernah mengikuti psikotes saat melamar kerja? Jika iya, maka tes gambar atau lebih dikenal tes wartegg bukanlah suatu nama yang asing ditelinga bagi para pelamar kerja.

Nama wartegg sendiri diambil dari nama seorang psikolog asal Jerman, Ehrig Wartegg dan Marian Kinget yang berhasil menyempurnakan hasil karya Krueger dan Sander dari Leipzig University. Salah satu soal tes psikologi dari HRD yang sering kita jumpai ini bertujuan untuk memahami karakter setiap pelamar dari segi emosi, imajinasi, dan intelektual.

Dalam tes ini, pihak HRD perusahaan biasanya meminta pelamar untuk membuat gambar dari sebuah garis ataupun titik yang sudah tersedia dalam 8 kotak sejajar. Selanjutnya pelamar menggambar titik atau garis tersebut Sesuai dengan imajinasinya. Selesai menggambar pada semua kotak, pelamar juga perlu untuk memberi nomor pada setiap kotak.

Memulainya dari gambar mana yang terlebih dahulu kita kerjakan, serta memilih beberapa gambar dengan kategori gambar termudah, tersulit, yang tidak kita sukai, dan terakhir gambar yang paling kita sukai.

Baca Juga: Manajemen Pemasaran Perusahaan Jepang

Penjelasan Gambar Pada Tes Wartegg

gambar dan titik pada tes wartegg

Sama halnya dengan tes psikologi dari HRD yang sering kita jumpai, tes wartegg juga memiliki maksud pada setiap kotaknya untuk mengetahui karakter dan potensi kamu sebagai pelamar.

Selain itu, menggunakan tes wartegg juga biasanya untuk melihat apakah seseorang mengalami masalah psikologi atau tidak. Adapun penjelasan dari tiap kotak pada tes wartegg yaitu:

• Gambar titik

Pada gambar pertama tes wartegg yakni kotak paling atas sebelah kiri berbentuk titik hitam di tengah ini menunjukkan cara adaptasi seseorang terhadap lingkungan baru yang berbeda dari sebelumnya.

Gambar garis bergelombang

Pada gambar kedua terdapat garis bergelombang seperti huruf S kecil yang mana gambar ini menunjukkan adanya kehidupan yang bebas namun dinamis.

Gambar tiga garis vertikal

Pada gambar ketiga dalam tes wartegg yang menyerupai sebuah grafik ini erat kaitannya dengan ambisi seseorang untuk meraih kesuksesan masa mendatang.

• Gambar persegi hitam

Pada gambar keempat yaitu persegi hitam yang terdapat di sebelah kanan atas dalam kotak keempat menunjukkan cara seseorang mengatasi kesulitan yang tengah ia hadapi.

• Gambar huruf T miring

Pada gambar kelima yang berada pada bagian bawah kiri dengan bentuk huruf T miring terpisah ini menunjukkan bagaimana cara kamu bertindak untuk memecahkan suatu masalah.

• Gambar garis vertikal dan horizontal

Pada gambar keenam terdapat garis vertikal dan horizontal terpisah yang bertujuan mengukur cara kamu berfikir dan melakukan analisisis sesuai dengan realitas yang ada.

• Gambar kumpulan titik melengkung

Pada gambar ketujuh yaitu sekumpulan titik membentuk lengkungan yang terdapat di kanan bawah pada kotak ketujuh menunjukkan perasaan seseorang yang biasanya tersalur lewat sifat dan sikap, apakah sudah terlihat dewasa atau masih kanak-kanak.

• Gambar garis melengkung

Pada gambar kedelapan yang merupakan kotak terakhir pada tes wartegg menunjukkan gambar garis melengkung seperti payung. Gambar ini menunjukkan bagaimana cara kamu membangun hubungan sosial terhadap individu lainnya.

Baca Juga : 10 Tips Menjadi Marketing Profesional

Cara Mengerjakan Tes Wartegg

Walaupun tes wartegg lebih menekankan pada kreatifitas kamu dalam menggambar bukan berarti kamu menyepelekan tes ini ya. Setidaknya ada beberapa cara berikut yang bisa kamu terapkan bila ingin lulus tes wartegg:

  1. Jaga selalu kebersihan dari lembar kertas yang kamu miliki
  2. Kerjakan terlebih dahulu pola yang menurut kamu paling mudah
  3. Berikan penomoran pada semua gambar secara kombinasi. Hal tersebut bisa diartikan bahwa kamu adalah individu yang kreatif. Walau begitu, jangan pernah memberikan penomoran secara urut ataupun terlalu acak. Hal tersebut diartikan sebagai individu yang kaku dan tidak taat peraturan.
  4. Khusus pelamar pria, hindari menggambar kotak kelima terlebih dahulu bila tidak mau dianggap memiliki kelainan seksual.
  5. Sertakan nama untuk masing-masing gambar yang telah dibuat
  6. Gambarlah benda mati yang bersifat maskulin di kotak nomor 3,4,5,6
  7. Selanjutnya gambar pula makhluk hidup yang bersifat feminim di kotak nomor 1,2,7,8

Baca Juga: Strategi Komunikasi Efektif bagi Marketing

Kesimpulan

Sebagian dari kita mungkin masih bertanya-tanya bagaimana cara HRD menilai karakter setiap pelamar lewat tes wartegg? Sebenarnya tes berbentuk gambar ini memiliki pola penyelesaian serupa dengan tes lainnya. Untuk itu sebelum mengikuti tes warteg, ada baiknya berlatih menggambar sesuai dengan ketentuan cara mengerjakan tes warteg di atas.

Perlu digaris bawahi pula, psikotest yang dilakukan oleh pihak HRD tidak hanya tes wartegg saja, lho. Melainkan ada pula beberapa soal tes psikologi dari HRD yang akan sering dijumpai sebagai syarat masuk perusahaan. Apa sajakah itu? Simak artikelnya melalui laman situs di bawah:

https://www.cekaja.com/info/soal-test-psikologi-hrd

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.