Meningkatkan Performa Blog dengan Site Audit

Tomoyo Rin

Updated on:

meningkatkan performa blog di kelas audit

Meningkatkan performa blog dengan site audit di dunia blogger masih terbilang awam, karena hanya beberapa orang saja yang benar-benar memerhatikan kesehatan kanal pribadinya. Nyatanya blog itu harus dirawat dan dipelihara, khususnya yang monetisasi blog.

Contohnya saja kecepatan situs, broken link, struktur SEO blog, dan lainnya yang akan memengaruhi kualitas blog. Tentunya teman-teman paling malas jika mengunjungi blog tapi loadingnya lama banget seperti jalannya siput. Pun, dengan blog kita. Saat pengunjung buka blog kita dan kecepatan situsnya lama, tidak heran langsung tutup dan mencari situs lain.

Hal tersebut, tentunya tidak baik, karena kita akan kehilangan visitor. Oleh sebab itu, kalau ada kelas atau pelatihan audit blog aku pasti ikut. Seperti sebelumnya saat ikut kelas audit blog dengan Moz, Ahrefs, dan Screaming Frog.

Berhubung aku mau ikut pelatihan audit blog dengan screaming frog, berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab sebagai syarat ikut kelas.

Contents

Menurut Anda, Apa itu Site Audit?

Site audit adalah suatu proses evaluasi terhadap blog atau website dalam meningkatkan performa, memperbaiki eror dari berbagai sisi dan faktor yang memengaruhi kualitas blog di mesin pencari google.

Site audit tidak hanya diperlukan oleh website-website perusahaan, melainkan blogger juga sangat penting melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan terhadap kanal pribadinya. Aku sendiri, bahkan tidak sedikit blogger yang menyebutkan bahwa blog pribadi merupakan rumah kedua.

Namun, kepedulian kita terhadap rumah sendiri ini masih diabaikan. Tidak heran jika blog banyak sekali bobroknya. Spam score tinggi, loading lambat, broken link dimana-mana, sehingga membuat performa blog menjadi sangat buruk.

Mengapa Anda ingin Mempelajari Site Audit Web?

Dari pengalaman saat migrasi dari blogger ke wordpress, ternyata banyak sekali link-link bermasalah dan struktur SEO yang berantakan. Akhirnya setelah mengikuti kelas audit blog aku jadi paham dimana letak kesalahannya dan bagaimana cara memperbaikinya.

Hasilnya performa blog menjadi lebih baik dan trafik blog yang dulunya satu bulan hanya dapat 200 view, setelah melakukan perbaikan artikel-artikel lama tembus 3000 view/bulan. Dari sinilah aku menyadari jika melakukan audit situs memang bermanfaat untuk blog.

Blog menjadi lebih rapi, kecepatan situs meningkat dan spam score yang dulunya 11% turun menjadi 4%. Pencapaian tersebut tentunya hasil dari cek kesehatan blog. Walaupun masih banyak yang harus diperbaiki, seperti masalah size image yang belum kelar hingga saat ini.

Site audit blog memang pekerjaan seumur hidup, karena saat masalah satu teratasi bisa saja muncul masalah lainnya. Seperti hidup saja, masalah akan selalu datang, tetapi tidak perlu dibawa pusing juga karena masalah tidak akan selesai kalau sekedar dipikirkan saja.

Ceritakan Bagaimana Anda terjun di Dunia Blogger?

Awalnya aku punya blog karena waktu kuliah ada mata kuliah Ilmu Komputer yang salah satu materinya tentang membuat website menggunakan zoomla dan platform satu laginya aku lupa. Haha. Karena, aku tahunya platform tersebut khusus untuk jualan atau bisnis, akhirnya aku coba buat situs pribadi di blogspot.

Tujuan membuat website kala itu untuk menuangkan kisah perjalanan ngebolang aku. Akan tetapi, karena sibuk ngebolang akhirnya tidak pernah aku urus. Hingga, tahun 2015 aku gabung grup Fiksi di Facebook dan mulai aktif ngeblog. Jadi, jangan heran kalau tulisan fiksi di blog Tomojikan lumayan banyak.

Lambat laut aku mulai belajar blog dari nol dan juga SEO. Waktu pertama kali belajar SEO biasa saja sekedar ingin tahu. Perlahan pentingnya SEO mulai tertanam dalam otak dan setelah migrasi ke wordpress ini gencar banget belajar SEO. Walau sampai sekarang belum paham 100%.

Bagaimana Cara memulai Ngeblog?

Cara memulai blog bisa diawali dengan menentukan tujuan. Apakah untuk branding, monetisasi atau sekedar tempat curhat. Dari tujuan tersebut inilah kita bisa menentukan mau menggunakan platform apa. Bisa blogspot, wordpress atau UGC.

Setelah menentukan tujuan, selanjutnya menentukan niche atau tema blog dan memilih platform yang sesuai dengan mempelajari terlebih dahulu sistemnya blogspot seperti apa dan wordpress bagaimana.

Dalam pemilihan tema, sebaiknya isi blog benar-benar disesuaikan dengan temanya. Kalaupun mau campuran tidak masalah. Blog Tomojikan pun gado-gado. Terpenting tidak kehilangan jati diri.

Apa Pencapaian Terbesar Anda di Dunia Blogger?

Hmm, apa ya? Lumayan banyak sudah tercapai seperti trafik blog naik dari yang tadinya dibawah 1000 naik menjadi 3000, blog mulai menghasilkan banyak cuan dengan mengambil beberapa job, dan lebih aktif ngeblog karena mulai aktif juga nih, Ternak Blog.

Yuhu, era digital ternak tuyul tidak lagu lagi, mendingan Ternak Blog biar cuan nambah terus. Dari ternak blog manfaat yang aku rasakan yaitu konsisten menulis. Karena, mau tidak mau harus ngasih makan blog ternakku.

Pencapaian lainnya bisa bertemu banyak orang yang satu hobi atau profesi yaitu ngeblog. Aku bisa belajar banyak hal dari blogger-blogger kece di luar sana dan bisa mendapatkan banyak informasi juga mengenai dunia blogging.

Bagaimana Menjaga Konsistensi dalam Menulis?

Konsisten menulis ini permasalahan banyak blogger, karena seorang penulis rentang banget terserang writer block. Aku pernah mengalami dua tahun yang lalu. Sama sekali tidak ada mood untuk menulis padahal bahan tulisan banyak.

Cara menjaga konsisten menulis harus dengan kesadaran dan motivasi yang besar. Seperti motivasi untuk dilirik sponsor, karena kalau blog tidak di isi bisa saja client mengiranya blog sudah tidak diurus lagi karena tidak ada satupun postingan terbaru.

Untuk mendapatkan motivasi bisa gabung di grup-grup blogger atau mengikuti berbagai kelas dan pelatihan. Dengan sendirinya akan muncul keinginan untuk aktif nulis di blog. Walaupun tidak setiap hari, minimal seminggu 1 atau 2 artikel.

Apa saja langkah Anda dari Menulis Hingga Publish?

Hal pertama yang aku lakukan sebelum menulis yaitu mencari keyword dengan tools khusus atau cek di search google. Cari keyword untuk memastikan seberapa banyak kata kunci utama muncul di mesin penelusuran.

Selanjutnya, membuat kerangka tulisan dengan menentukan poin-poin dalam pembahasan tulisan. Terkadang menggunakan rumus 5W1H kalau lagi mood. Setelah, kerangka terpenuhi mulai menulis.

Saat menulis aku tuangkan apa saja yang terlintas dalam otak dan berdasarkan sumber. Barulah setelah pemulisan komplit menjadi satu artikel utuh, aku melakukan editing, cek typo, dan cek plagiat. Tidak lupa juga buat cari gambar yang sesuai. Jika tidak ada masalah lagi dan misi komplit, langsung publish.

Jika Tulisan Anda di Ambil/Copas, Apa yang Anda Lakukan?

Asli tidak rela kalau tulisan di copas, karena buat stau artikel yang panjangnya 500 kata saja dibutuhka waktu yang tidak sedikit untuk menyelesaikannya. Dari cari kata kunci, buat kerangka, cari sumber dan lainnya.

Karennaya, perihal copy paste artikel ini bukan hal sepele, karena akan menjadi duplikat konten. Duplikat konten inilah yang akan membuat blog menjadi jelek di mata google. Bisa-bisa blog kena tendang google.

Oleh sebab itu, saat ada yang copas tulisan menghubungi pemilik blog atau website tersebut untuk menghapus artikelnya.

Bagaimana Pendapat Anda tentang Blog Etalase?

Biasa saja. Selama artikel yang ditulis bukan hasil copas tidak masalah. Walaupun isinya artikel job atau sponsor bukannya ada andil besar dari diri sendiri dalam menulisnya. Seperti yang aku lakukan di atas. Cek keyword utama, cari referensi, hingga cek plagiat sebelum publish.

Walau begitu, alangkah baiknya ada organik pos juga. Nantinya, bisa digunakan untuk internal link dengan tema yang masih satu kategori. Internal link ini perlu banget untuk kebutuhan SEO onpage.

Selain itu, dengan memasukkan internal link dalam artikel akan memudahkan pengunjung untuk klik langsung artikel lain dengan begitu akan mengurangi bounce rate tinggi. Salah satu penyebab bounce rate tinggi karena visitor langsung ke luar setelah membuka blog kita.

Perlukah Blogger Paham SEO?

Menurutku blogger itu harus paham soal SEO sebagai salah satu cara untuk menaikkan artikel di page one. Kalau sudah ada di halaman utama google, pasti view blog naik terus.

Seperti artikel aku tentang Lagu Jepang Romantis yang berada di page one menyumbang view terbanyak. Di bulan ramadan tulisan tentang Rekomendasi Tempat Buka Puasa di Cikarang juga naik.

Dengan SEO inilah bisa meningkatkan kualitas blog dari berbagai sisi. Mau DA tinggi misalnya, maka bisa menggunakan SEO Ofpage. Jadi, blogger profesional itu wajib banget paham SEO.

Bagaimana Cara Menaikkan Traffik?

trafik naik dengan meningkatkan performa blog

Ada banyak cara untuk meningkatkan trafik blog yaitu dengan menulis artikel SEO agar tulisan bisa masuk page one, artikel evergreen atau artikel yang sedang viral. Akan tetapi, artikel viral biasanya tidak bertahan lama.

Cara lainnya buat artikel dengan tema yang banyak dicari seperti review drama korea, review produk kecantikan, dan lain-lain. Kita juga bisa ikut grup blog walking untuk meningkatkan trafik blog.

Jangan lupa juga, nih, untuk memerhatikan kecepatan loading blog, karena akan memengaruhi trafik blog. Seperti yang aku singgung di atas, ketika visitor klik artikel atau blog milik kita dan ternyata kecepatan situs membutuhkan waktu yang cukup lama, maka visitor enggan kembali.

Untuk cara lengkap meningkatkan trafik klik 15 Cara Jitu Meningkatkan Trafik Webiste yang sudah aku ulas di postingan sebelumnya.

Apa yang Perlu diperbaiki pada Blog Anda?

Ada beberapa artikel lama yang secara SEO belum diperbaiki. Seperti judul yang terlalu panjang, gambar terlalu besar lebih dari 100kb, dan penempatan heading dalam tulisan. Maklum saja karena migrasi dari Blogspot, strukturnya masih berantakan.

Waktu terjun ke dunia blogging itu, cuma nulis dan share. tetapi, setelah belajar tentang SEO site audit blog termasuk pekerjaan wajib, kalau memang performa blog mau bagus.

Ngomongin soal perbaikan blog, ada beberapa masalah beberapa image yang tidak ada alt text-nya dan meta diskripsi yang terlalu over. Jadi, kena banyak banget perbaikan blog aku kalau cek di Screaming Frog.

Apakah Blogger Masih Bisa Bertahan dengan adanya Youtuber?

Tentu saja, karena pasar blog dan youtube itu beda. Secara visual youtube mungkin lebih menarik karena berupa video. Sedangkan blog berupa rangkaian kalimat yang membuat sebagian orang paling malas baca karena kurangnya literasi baca.

Akan tetapi fungsi dari kedua platform ini jauh berbeda, lho. Youtube cocok untuk dijadikan branding dengan membuat konten-konten menarik dan unik. Sedangkan blog, selain untuk branding dimanfaatkan untuk menaikan situs di mesin penelusuran melalui backlink.

Tidak heran jika job backlink masih mengalir dan memberikan keuntungan tersendiri untuk blogger. Dimana banyak blogger yang menjadikan blog sebagai ladang penghasilan utama. Kelebihan lainnya, blog memuat informasi lebih rinci dan detail. So, jangan takut kehilangan pembaca karena banyak yang menyukai platform berbasis video.

Harapan Anda untuk Dunia Blogger?

Tidak muluk-muluk, harapanku terhadap dunia blogger semoga tetap jaya dan bisa menjadi media online yang paling dicari pengguna internet. Karena, saat ini banyak media besar yang hanya mementingkan jumlah view dengan membuat judul click bait.

Sedangkan blogger, banyak yang benar-benar menulis dari hati untuk menyuguhkan tulisan-tulisan berkualitas dan bukan informasi hoax. Karenanya, harapan lain untuk dunia blogger semoga tidak ada lagi blogger yang copas dari web blogger lainnya.

Bagaimanapun, sesama blogger kita harus saling menghargai dan mendukung. Sama-sama belajar untuk menjadi blogger profesional untuk masa depan dunia blogger tetap cerah.

Kenapa Anda Harus Ikut Pelatihan Site Audit ini?

Buat aku yang namanya belajar itu tidak cukup saat itu saja. Walau pernah mengikuti kelas audit dalam meningkatkan performa blog, bukan berarti puas begitu saja. Ketika, ada pelatihan site audit selama kelasnya sesuai kenapa tidak aku belajar lagi.

Aku tidak pernah tahu, bisa saja ada ilmu baru yang di kelas sebelumnya belum aku dapatkan. Terlebih untuk kelas audit ini menggunakan tools berbeda-beda. Dimana setiap tools memiliki kriterianya tersendiri. Karenanya, jika tidak belajar dari yang sudah ahlinya malah bingung mau tanya siapa jika ada hal yang tidak aku mengerti.

Selain itu, dengan mengikuti pelatihan blog dapat menambah semangat dua kali lipat. Iya, kalau sendiri itu suka malas. Bahkan, cek kesehatan blog saja saat mood doang. Beda banget dengan mengikuti kelas karena ada tanggung jawab yang harus dipenuhi berdasarkan batas waktu tertentu.

Penutup

Bagaimana nih, teman-teman, sudah ada gambaran kenapa meningkatkan performa blog dengan site audit itu penting? Sebetulnya audit blog itu memang kembali lagi ke diri masing-masing, akan tetapi jika kita bisa melakukan yang lebih baik, why not?

Terlebih jika teman-teman menjadikan blog sebagai ladang penghasilan, sudah waktunya untuk upgrade kemampuan. Tidak hanya fokus pada konten tulisan saja, tetapi banyak hal juga yang harus dipertimbangkan. Karena, jika mau besar kesuksesan hari ini tidaklah cukup.

13 pemikiran pada “Meningkatkan Performa Blog dengan Site Audit”

  1. Sepakat bangeeet!!! Memang ya pengalaman saat migrasi dari blogger ke wordpress tuh buanyak banget link-link bermasalah. Jadi seenggaknya mesti sedikit paham dengan site aduit. Mantap nih dari 200 viewer perbulan jadi 3.000.

    Balas
  2. Thankyou banget Mbak, ada gambaran bagiku si pemula dalam dunia blog ini. Memang kita harus melakukan evaluasi alias audit internal untuk blog kita ya? semoga dal=ku bisa mulai sedikit demi sedikit cek n ricek blogku.

    Balas
  3. Setuju banget ini Mbak Erin. Audit blog memang penting dan harus dilakukan secara rutin.
    Permasalahannya sama juga nih dengan blogku, banyak seputar image yang tanpa alt image atau metadesc kepanjangan, dll.
    Hiks, masih banyak banget PR blogku…

    Balas
  4. sebenarnya saya juga opingin ganti haluan ke WordPress tapi aku ga siap pindah pindahnya kak..huhu. Dan memang konsistensi ngeblog itu yang paling susah dijaga. Bisa banget nih kalau lagi sibuuuk sebulan ga nulis apa apa dan pasti ngaruh banget sama DA dan pageview…

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.