Cara Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

Tomoyo Rin

Updated on:

cara menulis artikel SEO friendly berkualitas

Aku sering dengar kalau menulis artikel yang baik itu harus storytelling karena dapat menarik minat pembaca. Hal tersebut tidak salah, karena memang sebagian besar audiens menyukai tulisan yang mengalir dan bercerita.

Walau begitu, tulisan yang bagus saja terkadang tidak cukup, alangkah baiknya memperhatikan cara menulis artikel SEO friendly. Selain, tulisan ramah bagi pembaca, harus ramah juga bagi search engine.

Tidak ketinggalan juga untuk konten tulisan harus berkualitas. Pertanyaannya, apa itu artikel SEO dan bagaimana membuat artikel yang memenuhi kriteria google dan pembaca?

Contents

Apa Itu Artikel SEO?

pengertian apa itu artikel SEO friendly adalah

Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu strategi agar konten bisa ada di halaman teratas google. Tujuannya agar pembaca atau audiens mudah menemukan artikel blog, sehingga dapat meningkatkan ranking SERP dan meningkatkan view organik.

Yang perlu kita catat sebagai blogger, menulis artikel SEO itu tidak hanya untuk menaikkan peringkat. Melainkan, tulisan harus berkualitas yang mana dapat menjawab pertanyaan audiens, informatif, mudah dimengerti, dan terpercaya.

Hal tersebut karena search engine, seperti Google membuat sistem peringkat untuk menyajikan informasi yang valid dan bermanfaat bagi pembaca. Jadi, SEO bukan hanya mengejar peringkat, tetapi sebagai penulis kita harus bisa membuat tulisan yang mampu memberikan manfaat bagi audiens.

Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa arti apa itu artikel SEO adalah sebuah artikel yang dibuat dengan tujuan tertentu agar mudah pembaca temukan di search engine. Tujuannya untuk mendatangkan trafik yang tinggi terhadap suatu artikel atau website secara keseluruhan.

Umumnya, artikel SEO akan melalui berbagai proses optimasi. Mulai dari keyword yang dibidik, SEO On-page, SEO Off-page, dan technical SEO.

Ya! Dari belajar Ikut Kelas BRT SEO Online sebelumnya maka memilih dan menentukan kata kunci itu sangat penting. Hal ini dapat mempengaruhi seberapa besar peluang artikel kita muncul di search engine.

Bagaimana Cara Menulis Artikel SEO

Bahas soal cara menulis artikel SEO friendly, kebetulan aku mendapatkan kesempatan untuk belajar bersama Mbak Monica Anggen. Walau SEO bukan hal baru, tapi sebaiknya kita selalu upgrade informasi karena SEO bukan ilmu yang mutlak seperti matematika.

Percaya deh, setiap orang bahkan punya strategi tertentu untuk menaikkan artikel SEO di SERP. Tapi pada dasarnya ilmu SEO tidak jauh beda, terpenting kita paham maunya google itu bagaimana.

Misalnya google lebih suka artikel yang memenuhi unsur E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trust). Dengan kata lain artikel tidak sekedar memberikan informasi, tetapi dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pembaca.

Adapun panduan cara menulis artikel SEO Friendly Berkualitas, yaitu:

1. Menentukan Keyword

Hal pertama yang kita lakukan untuk menulis artikel SEO yaitu menentukan atau menargetkan kata kunci yang relevan. Dalam menargetkan kata kunci bisa dari volume pencarian, klik per bulan, keyword difficulty, atau user intent.

Jika mengambil dari volume pencarian bisa memilih keyword dengan pencarian besar, tetapi persaingannya ketat. Bisa juga mengambil kata kunci dengan persaingan kecil yaitu memilih search volume yang kecil.

Selain itu dalam satu artikel tidak hanya fokus pada satu kata kunci. Gunakan kata kunci turunan dengan kombinasi antara short-tail keyword dengan long-tail keyword.

Pastikan juga tidak melakukan stuffing keyword atau spam keyword. Penggunaan kata kunci yang berlebihan tidak disukai oleh google.

Untuk memudahkan mencari keyword maka bisa menggunakan beberapa situs yang menyediakan fitur pencarian keyword. Seperti, Ahrefs, Semrush, Ubersuggest, Search Engine Google, dan lainnya.

2. Menempatkan Kata Kunci yang Tepat

Jika sudah menentukan kata kunci tertarget, selanjutnya menempatkan keyword pada struktur artikel. Penempatan kata kunci yang tepat memudahkan search engine untuk menemukan tulisan kita dan menampilkannya di SERP.

Berikut ini penempatan kata kunci dalam menulis artikel SEO friendly:

  1. Judul Artikel
  2. Paragraf Pertama
  3. Heading
  4. Url/Slug
  5. Alt text image
  6. Meta Deskripsi

3. Menulis Sesuai Struktur Artikel SEO

Menentukan keyword memang penting sebagai panduan cara menulis artikel SEO friendly berkualitas, tetapi menulis artikel sesuai struktur SEO perlu kita perhatikan dengan seksama. Tujuan menulis artikel SEO sendiri agar mudah dibaca oleh audiens dan search engine.

Ciri-ciri artikel SEO-friendly, yaitu:

  • Artikel listicle
  • Menggunakan struktur heading: H1, H2, H3, dan seterusnya.
  • Paragraf dalam artikel tidak terlalu panjang yaitu antara 2-3 paragraf.
  • Minimal terdiri atas 750 kata.

4. Membuat Headline Artikel yang Baik dan Benar

Perhatikan penulisan headline atau judul artikel yaitu dengan memasukkan kata kunci utama dan panjang judul tidak lebih dari 65 karakter. Penting untuk melakukan optimasi judul dengan kalimat menarik.

Perlu kita catat nih, bahwa aturan penulisan judul ini berlaku juga untuk subheading, misalnya di H2 atau H3. Serta, buat judul meta dengan panjang antara 50-60 karakter.

5. Menulis URL yang Benar

Setelah melakukan optimasi judul, selanjutnya optimasi URL. Tidak jauh berbeda dengan pembuatan judul, akan lebih baik jika panjang URL tidak lebih dari 60 karakter. Jumlah tersebut sudah termasuk nama domain blog, sehingga pastikan membuat URL yang tepat dan minimal mengandung kata kunci utama.

6. Wajib Mencantumkan Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah sebuah ringkasan yang akan muncul pada search engine. Terdapat ketentuan khusus dalam membuat meta deskripsi, yaitu memiliki panjang maksimal 155 kata, mengandung kata kunci, dan berisi ringkasan yang menggambarkan isi konten tulisan.

7. Optimasi Gambar

Dalam artikel SEO gambar juga harus kita optimasi, karena ini akan memudahkan search engine dalam melakukan perayapan terhadap artikel yang dibuat. Optimasi gambar meliputi:

  • Penulisan nama file image dengan huruf kecil dan hindari penulisan angka. Contoh: optimasi-gambar-seo.
  • Besar file gambar tidak lebih dari 100Kb dan ukuran 1280 x 720 pixels atau menyesuaikan ukuran template blog.
  • Menggunakan format .webp
  • Tidak menggunakan gambar yang memiliki copyright.
  • Jika menggunakan free image, sebaiknya menambahkan logo atau tulisan.
  • Masukkan gambar infografis.
  • Menggunakan ALT Text dan mengandung kata kunci

8. Masukkan External dan Internal Link

Dalam artikel SEO-friendly akan lebih baik jika memasukkan external dan internal link. Untuk external link pastikan menautkan dengan situs web terpercaya dan sebaiknya “no-follow”.

Sedangkan untuk internal link tautkan dengan link yang mengarah ke artikel lain di blog yang sesuai dengan anchor text. Hati-hati dalam penempatan internal link karena bisa saja google membacanya sebagai spam.

panduan menulis artikel seo friendly

Di atas sedikit panduan cara menulis artikel SEO friendly berkualitas yang aku dapat dari Kelas Blogger BRTNetwork. Semoga dapat membantu teman-teman yang masih kesulitan dalam membuat tulisan SEO.

Jangan lupa untuk mendaftrakn blog di Google Analytics. Selain berfungis untuk memantau trafik artikel, kita juga bisa menggali lebih dalam mengenai audiens blog kita itu seperti apa. Misalnya, mencari tahu minat audiens yang nantinya menjadi panduan dalam membuat konten artikel.

Panduan pasang Goggle Analytics bisa cek pada artikel Ikut Kelas BRT Pasang GA4 di WordPress yang pernah aku ikuti sebelumnya. Btw, silahkan tambahkan poin-poin lainnya pada kolom komentar, karena pada dasarnya aku sendiri masih belajar. Oleh karena itu, mari saling berbagi ilmu.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.