10 Objek Wisata Belitung Mempesona untuk Dikunjungi

objek wisata belitung mempesona

Belitung adalah sebuah pulau yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan memiliki objek wisata andalan untuk wisatawan kunjungi.

Memiliki luas 480.010 ha, penduduk Pulau Belitung menggantungkan hidup pada hasil laut. Terdapat juga pertambangan timah yang sudah ada sejak zaman Hindia Belanda sebagai sumber mata pencahariaan penduduk.

Lokasi pulau yang berada di lepas pantai timur Sumatera membuat Belitung memiliki pulau-pulau cantik yang menarik untuk kita kunjungi. Terlebih setelah munculnya film Laskar Pelangi adaptasi dari novel Andrea Hirata dengan judul yang sama membuat Belitung banyak dijamah para wisatawan.

Latar tempat yang muncul dalam film dengan kisah inspiratif menceritakan keterbatasan kehidupan anak-anak di Belitung berhasil menarik minat orang-orang untuk menikmati keindahan pulaunya. Sehingga, Jika tertarik mengunjungi Belitung jangan lewatkan untuk mengunjungi 10 wisata menarik yang aku rekomendasikan di bawah.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Indonesia

Rekomendasi Objek Wisata Belitung Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah objek wisata Belitung untuk referensi liburan teman-teman di pulau Laskar Pelangi tersebut.

Objek Wisata Danau Kaolin Belitung

objek wisata belitung danau kaolin
Credit fot by Arifdj

Danau kaolin bukanlah danau pada umumnya. Melainkan sebuah tempat bekas tambang timah yang kini membentuk danau cantik dan menarik para wisatawan. Penampakan dari Danau Kaolin Belitung adalah air danau berwarna biru perpaduan endapan mineral putih.

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai ini termasuk dalam salah satu lokasi syuting Laskar Pelangi. Memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih membuat Pantai Tanjung menjadi salah satu objek wisata Belitung yang terkenal bagi wisatwan. Daya tarik lain dari pulau ini adalah batu granit besar yang menjadi ciri khasnya.

Pantai Tanjung Kelayang

Ingin menikmati pemandangan laut yang eksotis maka Pantai Tanjung Kelayang adalah jawabannya. Keindahan yang ditawarkan dari objek wisata Pantai Tanjung Kelayang Belitung adalah pasir putih halus, terumbu karang, batuan besar dan bebatuan yang menyerupai sofa, bentuk hati, serta lainnya.

Pulau Lutong

Pulau Lutong memiliki pasir pantai halus dengan perpaduan air laut yang berwarna hijau. Di pulau ini berdiri kokoh pohon ketapang dan kelapa di pinggiran pantai membuat pengunjung akan betah berada di Pulau Lutong.

Pantai Penyabong

Pantai Penyabong Belitung memiliki daya tarik yang tidak kalah menggoda dari pulau lainnya. Pemandangan air laut kehijauan dengan pasir putihnya membuat keliling pantai Penyabong tidak membosankan. Terdapat juga spot foto menarik untuk mengabadikan setiap momen di sini.

Objek Wisata Belitung Pulau Burung

Dinamakan Pulau Burung karena terdapat batu besar yang menyerupai kepala burung. Ombak di Pulau Burung Belitung relative tenang sehingga tidak khawatir untuk berenang dan bermain air laut di sini.

Baca Juga: Sewa Mobil Belitung Murah di Inblitung

Pulau Batu Berlayar

objek wisata pulau berlayar belitung
Credit foto by Trisno6971

Di pulau ini terdapat formasi batu granit yang menyerupai kapal sehingga tidak heran jika memiliki nama Pulau Batu Berlayar. Terdapat dua formasi batu granit yaitu batu granit dengan ukuran kecil dan besar. Air laut yang jernih dan pasir putihnya membuat batu granit mempercantik pulau di Belitung ini.

Pulau Leebong

Buat teman-teman yang ingin liburan dengan bermain banana boat, jet ski dan snorkeling maka Pulau Leebong adalah pilihan yang tepat. Berlibur di objek wisata alam Belitung satu ini memang paket liburan komplit yang banyak wisatawan kunjungi.

Objek Wisata Museum Kata Belitung

Selain berlibur di pantai menikmati hamparan laut dengan airnya yang jernih dan pasir putih yang menakjubkan, Museum Kata Belitung adalah pilihan wisata yang sayang untuk dilewatkan. Museum Kata didirikan oleh Andrea Hirata, di mana pengunjung dapat menikmati koleksi isi novel Laskar Pelangi yang dipajang dalam sebuah foto.

Gunung Burung Mandi

Terkenal juga dengan sebutan Gunung Mandi menjadi salah satu andalan destinasi wisata Belitung pilihan wisatawan. Keindahan dari objek wisata Burung Mandi adalah pemandangan pantai dengan hamparan pasir putih yang luas.

Baca Juga: Weekend di Bali dan Satu Jejak yang Tertinggal

Kesimpulan

Tidak rugi berkunjung ke Belitung yang memiliki keindahan alam memikat dan menarik tersebut. Selain daftar objek wisata Belitung di atas masih banyak tempat wisata lainnya yang tidak kalah seru untuk dijamah.

Setuju dong ya, berkunjung ke Pulau Belitung tidak cukup satu minggu untuk menikmati semua pariwisata alamanya.

Previous Post Next Post

4 Comments

  1. Reply hallowulandari April 5, 2021 at 13:33

    wahahha iya mbaa, aku juga pernah sekali ke belitong, cantik banget semuaaa pantai nyaa! suka juga pas main-main ke museum kata andrea hirata sama sekolah muhammadiyah

  2. Reply Jihan April 5, 2021 at 14:41

    Kebetulan insyaAllah abis lebaran mau kesana. MasyaAllah pas bangett yaa baca rekomendasi inii. Makasii kak

  3. Reply Auda Zaschkya April 6, 2021 at 07:25

    Nanti kalau udah sehat dan ada duit, aku pengen ke situ, main pantainya.

  4. Reply Maria tanjungd April 6, 2021 at 08:12

    Ya Allah kapan bisa ke Belitung, jauh banget sih ya. Tapi pemandangannya indah bangeett.

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.