7 Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya

Tomoyo Rin

Updated on:

apa penyebab sakit gagi

Pastinya familiar dengan lirik lagu lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Tapi, buatku keduanya sama-sama sakit, apalagi pernah mengalami gigi sakit sampai ke mata dan kepala hingga harus operasi.

Jadi, kalau harus membandingkan, sakit itu tidak ada yang enak. Termasuk sakit gigi yang banyak faktor penyebabnya.

Contents

Penyebab Sakit Gigi

Penyebab gigi sakit yang umum banyak orang alami dipengaruhi oleh faktor kesehatan gigi dan mulut. Seperti gigi berlubang dan sebagainya.

Untuk lebih detail berikut ini beberapa hal yang menyebabkan munculnya sakit gigi.

gigi berlubang faktor penyebab sakit gigi

1. Gigi Berlubang

Saat ada gigi yang berlubang maka akan rentan mengalami rasa sakit ringan hingga tidak tertahankan. Terlebih jika konsumsi makanan pedas atau yang dapat menyebabkan luka maka rasa sakit akan sulit untuk kamu hindari.

Penyebab gigi berlubang karena bakteri jahat dan kurangnya menjaga kesehatan gigi maupun mulut. Untuk itu, rajinlah sikat gigi minimal dua kali sehari.

2. Impaksi Gigi Bungsu

Gigi geraham ketiga atau yang terkenal dengan sebutan gigi bungsu bisa menyebabkan rasa sakit jika mengalami impaksi. Impaksi adalah kondisi dimana gigi bungsu tidak tumbuh dengan sempurna.

Seperti posisi gigi yang miring. Yang mana rasa sakit yang ditimbulkan bisa menyebar ke saraf gigi, mata, bahkan kepala seperti yang aku alami.

3. Gigi Sensitif

Gigi sakit juga dapat disebabkan ketika memiliki masalah gigi sensitif. Hal tersebut karena tereksposnya dentin yang terdiri dari saraf gigi.

Sehingga tidak heran saat konsumsi makanan atau minuman terlalu dingin dan panas akan muncul rasa ngilu, lalu menimbulkan rasa sakit. Makanan dengan rasa asam dan kesalahan menggosok gigi pun menjadi penyebab gigi sensitif.

4. Abses Gigi

Ketika ada benjolan yang berisi cairan nanah pada area gigi dan gusi akan menimbulkan rasa sakit yang menyiksa. Hal ini disebut juga dengan Abses Gigi. Penyebabnya oleh infeksi bakteri yang mana harus segera kamu tangani agar tidak menimbulkan masalah lain.

Seperti gusi bengkak, bau mulut, maupun pipi dan leher menjadi bengkak. Untuk itu hati-hati saat mengalami abses gigi.

5. Radang Gusi atau Gingivitis

Area gusi memang rentan mengalami peradangan saat lalai dalam menjaga kesehatan gigi. Hal ini karena bakteri dapat menyebabkan gusi bengkak dan mengalami peradangan.

6. Gigi Retak dan Patah

Ketika terjatuh dan membuat gigi retak maupun patah dapat menimbulkan rasa sakit karena adanya trauma maupun lapisan dentin terlihat. Dengan begitu, akan ada beberapa kondisi yang menyebabkan munculnya rasa sakit saat saraf gigi terkena suhu terlalu dingin atau panas.

Pun saat proses mengunyah makanan yang membuat rasa sakit akan terus muncul dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk itu, perlu pemeriksaan jika mengalami gigi retak karena terjatuh atau terkena benturan.

7. Sinusitis

Penyakit yang berhubungan dengan hidung ini ternyata dapat mempengaruhi sakit gigi. Hal tersebut disebabkan karena letak gigi dan saluran hidung yang berdekatan. Jadi, ketika seseorang menderita sinusitis maka rongga hidung yang mengalami peradangan akan menekan saraf gigi.

Selain 7 faktor di atas, masih ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit gigi hingga membuat kamu kesulitan menjalankan aktivitas rutin karena rasa sakit yang mengganggu. Pada umumnya berkaitan dengan masalah kesehatan gigi mulut sehingga menimbulkan radang, infeksi, dan lainnya.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi. Agar bakteri jahat yang tidak tumbuh semakin banyak dan hanya ada bakteri baik saja. Perlu dicatat bahwa pada dasarnya bakteri baik akan tumbuh dengan sendirinya.

Baca Juga: Cabut Gigi Pakai BPJS, Kenapa Tidak?

Tips Agar Terbebas dari Sakit Gigi

Sakit gigi bukanlah perkara sepele yang harus diabaikan begitu saja. Karena, jika kamu biarkan begitu saja akan memperparah kondisi kesehatan gigi hingga menyebar ke seluruh organ tubuh.

Untuk itu lakukan beberapa hal berikut ini agar terbebas dari sakit gigi yang bisa mengancam siapa saja.

  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rutin melakukan perawatan ke dokter minimal 6 bulan sekali.
  • Tidak melewatkan rutinitas sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Dengan catatan jangan terlalu kencang saat menggosok gigi sehingga gigi menjadi sensitif.
  • Hindari konsumsi makanan terlalu dingin/panas/keras secara berlebih.
  • Segera periksa ke dokter jika mengalami sakit gigi yang tidak kunjung sembuh.
  • Hindari penggunaan produk kumur yang mengandung alkohol.

Beberapa langkah di atas baik untuk menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari rasa sakit yang membuat makan dan tidur menjadi tidak enak. Mengingat penyebab sakit gigi tidak hanya karena ada gigi yang berlubang tetapi peradangan gusi dan lainnya menjadi faktor yang memicu rasa sakit.

Berbeda ketika gigi dan mulut terjamin kesehatannya. Jadi, mencegah akan lebih baik daripada mengobati.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.