Kurkumin, Senyawa Penting Dari Temulawak Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan

manfaat temulawak untuk kesehatan

Bagiku temulawak tidak hanya memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan. Melainkan ada cerita yang tak pernah memudar dari ingatan. Cerita tentang ruang kenangan kegiataan masa kecil saat pergi mencari temulawak di hutan.

Kenangan akan kampung halaman dan masa kanak-kanak tetap melekat kokoh dalam ingatan. Khususnya, saat sibuk mencari tambahan uang jajan dari hasil menjual produk hutan bukan kayu.

Ya, sebagai anak gunung sejak kecil aku sudah belajar untuk menghasilkan uang sendiri. Tanah yang subur dan ditumbuhi berbagai jenis sumber pangan yang melimpah membuatku memanfaatkan sumber daya yang alam berikan. Salah satunya dengan menjual bahan obat-obatan. Seperti temulawak, jahe, lengkuas, kunci dan lainnya.

Kala itu sepulang sekolah aku dan teman-teman SD berbondong-bondong pergi ke kebun atau hutan untuk mencari tanaman obat tersebut. Setelah mendapatkan lumayan banyak kami membawa ke pengepul untuk dijual.

Di tahun 2000 di mana kerupuk masih seharga Rp.500, kami sangat senang saat mendapatkan rupiah dari hasil usaha kami. Lima ratus rupiah per kilo kala itu terbilang besar karena sama dengan uang jajan yang diberikan Emak untuk bekal sekolah.

Uang hasil keringat sendiri itu biasanya kami tabung di celengan ayam atau tabungan sekolah untuk keperluan tertentu. Seperti jalan-jalan akhir tahun atau yang kami sebut piknik. Sekarang masih ada tidak, ya tabungan sekolah di SD?

Sungguh kenangan masa kecil tidak akan pernah terlupakan karena masih jelas dalam ingatan saat aku membawa sabit dan karung beras, lalu belusukan di kebun menghiraukan reftil mematikan seperti ular atau si kecil berbulu ( red-ula) yang tentunya membuat bulu kuduk merinding.

Terkadang bisa menyebabkan jantung memompa darah lebih cepat dari biasanya. Bukan karena takut hanya saja geli kalau melihat ulat berbulu. Apalagi yang tidak ada bulunya, bikin merinding. Akan tetapi, saat niat menggelora apa pun halangan bukanlah apa-apa. Termasuk ketakutan itu sendiri.

Baca Juga: Manfaat Madu untuk Kecantikan dari Komoditas Lokal

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat kurkumin pada temulawak

Kehadiran tanaman obat menjadi penghasilan tambahan bagi warga di kampungku. Bapak hingga saat ini sesekali saat musim temulawak siap panen, maka akan ke hutan untuk memanennya.

Tenaganya yang masih kokoh bisa menghasilkan koneng gede atu temulawak lebih dari 500kg. Bukan angka yang seberapa jika dibandingkan ongkos jual yang masih murah. Tetapi, tetap saja membawa beban berat dari atas gunung ke daratan itu memerlukan tenaga yang kuat.

Manfaat tanaman obat-obatan yang banyak digunakan untuk kesehatan lebih dari cukup untuk menambah penghasilan. Terutam dipedesaan yang kaya akan hasil bumi. Tergantung bagimana kita memanfaatkan peluang saja. Dikarenakan tanaman tersebut berperan penting dalam dunia pengobatan.

Temulawak yang memiliki nama latim Curcuma xanthorrhiza Roxb adalah jenis tanaman rimpang yang memiliki banyak manfaat. Baik dari segi kesehatan maupun kecantikan.

Berikut ini keunggulan yang dimiliki Temulawak.

1. Antioksidan

Temulawak memiliki manfaat yang baik untuk antioksidan karena adanya senyawa kurkuminoid pada tanaman rimpang satu ini. Sehingga saat radikal bebas masuk ke dalam tubuh maka dengan konsumsi temulawak akan membantu tubuh melawan berbagai penyakit yang disebabkan radikal bebas tersebut.

2. Menambah Nafsu Makan

Sejak dahulu temulawak dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak. Hal ini karena kandungan kurkumin yang berwarna kuning mampu meningkatkan aktivitas enzim pencernaan. Di mana saat pencernaan lancar akan berpengaruh pada nafsu makan.

3. Melancarkan Pencernaan

Saat saluran pencernaan terganggu, tentunya akan merasa tidak nyaman. Sehingga saat mengalami permasalahan pencernaan, temulawak bisa menjadi solusi dalam mengobatinya. Hal ink karena saat ada radikal bebas merusak mukosa lambung, maka temulawak sebagai antioksidan bisa menjadi obatnya.

4. Meredakan Nyeri Sendi dan Peradangan

Senyawa kurkuminoid, selain untuk menangkal radikal bebas, berfungsi juga sebgai zat aktif sebagai anti peradangan. Serta manfaat temulawak bisa kita gunakan dalam meredakan gejala nyeri dan sendi.

Kurkumin pada temulawak mampu meringankan gejala osteoarthritis. Ya, temanku contohnya yang sudah dari kecil menderita RA, hingga sekarang masih konsumsi temulawak karena khasiatnya yang dapat meredakan bengkak dan nyeri sendi.

5. Menurunkan Kolestrol dalam Darah

Kolestrol dalam darah tinggi? Segera konsumsi temulawak secara rutin untuk mengatasinya. Karena, temulawak ampuh dalam menurunkan kolestrol dalam darah.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Khasiat kurkumin pada Temulawak memiliki peran penting dalam meningkatkan fungsi otak. Di mana ada hormon yang berperan dalam memperbaiki dan memperbanyak neuron dalam otak manusia.

Dalam meningkatkan kinerja BDNF maka konsumsi temulawak adalah pilihan yang tepat.

7. Mengatasi Jerawat

Jika enam poin di atas temulawak memiliki manfaat bagi kesehatan, maka Curcuma xanthorrhiza roxb juga bisa mengatasi permasalahan kulit wajah seperti jerawat. Pada dasarnya jerawat muncul karena adanya infeksi bakteri. Kandungan antiinflamasi dalam temulawak mampu meredakan peradangan karena jerawat.

Penutup

Temulawak memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tanaman rimpangan dari family Zingiberaceae memang pilihan tepat saat mengalami berbagai masalah kesehatan dan kecantikan seperti yang sudah dibahas di atas. So, jangan ragu buat konsumsi temulawak.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.