Menjadi Blogger Profesional Berkualitas di Tengah Gempuran Teknologi AI

Tomoyo Rin

Updated on:

rahasia menjadi blogger profesional berkualitas

Sebagai seorang blogger, teknologi memiliki peran besar dalam aktivitas blogging. Tidak sekedar untuk mempermudah pekerjaan, Teknologi juga membantu untuk menjadi blogger profesional berkualitas.

Contents

Blogger VS Teknologi AI

Hadirnya teknologi membantu aku dalam membuat rancangan artikel hingga publish. Misalnya untuk riset keyword ada tools khusus yang digunakan sehingga dapat membidik kata kunci yang tepat. Pun, untuk menaikkan artikel agar bisa page one terdapat ilmu SEO.

Selain itu, beberapa tools juga aku gunakan untuk audit blog dan tools agar artikel cepat terindex. Kedepannya pun aku tidak tutup mata dengan kehadiran teknologi yang terus melaju pesat. Seperti hadirnya teknologi AI yang terus berkembang.

Bagaimanapun untuk menjadi blogger profesional berkualitas harus update teknologi terbaru untuk mengetahui trend apa yang sedang berkembang. Karena, inovasi di dunia teknologi bisa saja membawa dampak buruk yang tidak terelakkan.

Perlu blogger garis bawahi bahwa teknologi seperti pedang bermata dua. Di satu sisi memberikan manfaat dan sisi lainnya membawa pengaruh negatif.

Mungkin teman-teman sudah dengar dengan isu yang cukup menggemparkan blogger dengan munculnya ChatGPT. Konon ChatGPT besutan Open AI ini menciptakan momok ketakutan tersendiri di dunia pendidikan dan dapat menggeser profesi blogger.

Bukan tanpa alasan, karena ChatGPT dapat menghasilkan sebuah artikel dalam waktu cepat dan bebas plagiat. Menariknya ChatGPT juga bisa untuk komunikasi dalam menambahkan data lebih kompleks lagi.

Itulah yang menjadi kekhawatiran para dosen karena ditakutkan mahasiswa akan bergantung pada ChatGPT ketika mengerjakan tugas. Pun, dengan profesi blogger yang bisa tergantikan oleh ChatGPT.

Walau begitu, kita bisa melihat dari sudut pandang lain mengenai ChatGPT. Teknologi AI ini bisa blogger manfaatkan dalam membuat artikel yang dapat membidik pembaca sesuai target audiens.

Hal tersebut karena informasi yang Chat GPT berikan berupa kesimpulan dari data yang dimilikinya. Berbeda dengan google search yang menampilkan referensi saja.

Sebagai contoh ketika hendak menulis artikel mengenai Cara Menghasilkan Uang dari Blog. Maka ChatGPT akan menampilkan informasi sesuai pertanyaan yang diajukan dan terus seperti itu hingga mendapatkan informasi yang lengkap.

Tips Menjadi Blogger Profesional Berkualitas

tips menjadi blogger berkualitas

Untuk bisa bertahan di dunia digital, tentunya seorang blogger harus bisa mengikuti arus teknologi. Dengan begitu, sekalipun harus bersaing dengan teknologi itu sendiri tetap bisa menjadi blogger kredibel.

Terutama buat teman-teman yang menjadikan profesi blogger sebagai penghasilan utama, maka penting untuk meningkatkan kemampuan. Baik itu dalam hal blogging itu sendiri maupun skill lainnya yang menunjang aktivitas blogger.

Agar menjadi blogger kredibel yang tidak lekang oleh waktu, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Upgrade Kemampuan Menulis

Menulis bukanlah perkara mudah, bahkan menulis 100 kata saja terkadang butuh effort yang besar. Sedangkan menjadi blogger harus mampu menyajikan artikel secara detail sesuai kebutuhan.

Oleh sebab itu, kemampuan menulis harus terus di upgarde dengan melakukan latihan dan latihan. Ini bertujuan agar tulisan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pembaca. Baik itu dari struktur tulisan, penggunaan tanda baca yang baik dan benar, cara menyampaikan tulisan itu sendiri.

2. Multi Skill

Tidak hanya memahami ilmu kepenulisan, blogger juga harus memahami ilmu lainnya. Seperti public speaking karena bisa saja diundang menjadi pembicara di acara seminar, memahami ilmu SEO, paham algoritma google, dan sebagainya.

3. Memahami SEO

Blogger harus paham tentang SEO. Tidak harus mahir, setidaknya paham tentang cara kerja SEO. Yang mana SEO sendiri terbagi menjadi onpage dan offpage.

4. Memahami Tools Penunjang Blogger

Menjadi blogger profesional harus paham tentang Google Analytics (GA), Googles Search Console (GSC) dan lainnya. GA dan GSC bisa menjadi bahan acuan untuk mengetahui bagaimana perilaku audiens ketika mengunjungi blog yang dikelola.

Bahkan bisa juga menaikkan artikel dengan kata kunci yang banyak mendapat klik di GSC. Sedangkan untuk GA untuk memantau traffic pengunjung baik secara keseluruhan atau setiap artikel.

5. Mampu Optimasi Blog

Optimasi blog berupa tampilan yang user-friendly, kecepatan loading blog tidak lemot, tidak ada artikel 404, dan SEO Friendly. Setiap blogger, harus bisa optimasi sendiri blog yang dikelola dengan baik agar banyak visitor yang berkunjung.

6. Membangun Relasi dengan Komunitas

Dunia blogger itu luas, ada banyak komunitas yang menunjang aktivitas blogger. Salah satunya Komunitas Bloggercrony Indonesia yang sering mengadakan acara bermanfaat untuk set skill blogger dan memberikan banyak job.

Menjadi Blogger Kredibel Bersama BCC

Bloggercrony Community atau yang akrab disapa BCC merupakan salah satu komunitas blogger yang aku ikuti. Ada banyak kegiatan bermanfaat untuk meningkatkan Skill Set up.

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Program Bloggercrony yaitu Blogger Hangout, Blogger View, Blogger Care, Blogger Preneur, dan Blogger Day. Blogger Day rutin diadakan setiap tahun dalam rangka merayakan ulang tahun BCC.

Bloggercrony Community Indonesia

Namun, hanya 100 peserta terpilih yang bisa ikut Blogger Day. Aku senang banget karena terpilih lagi di tahun 2023 ini. Yang mana di tahun 2022 menjadi 1 dari 100 peserta yang beruntung ikut Blogger Day.

Bahkan di tahun 2022 mendapat kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam penanaman Mangrove bersama Yayasan Mangrove Indonesia Lestari. Sedangkan Blogger Day 2023 acara offline berupa Fun Camp yang berlangsung tanggal 4-5 Maret 2023.

Tetapi, aku tidak bisa ikut karena masih pemulihan pasca melahirkan. Jadi, hanya mengikuti kegiatan online pada tanggal 24 Februari 2023.

Keseruan Blogger Day 2023
Gambar milik BCC

Acara Blogger Day selalu meriah dan mendapat sambutan baik dari peserta. Selain banyak bertabur hadiah, BCC tidak pernah terlewatkan untuk memberikan ilmu baru bagi blogger. Seperti Blogger Day 2023 ini yang menghadirkan Anwar Natari untuk membahas Skill Set yang harus blogger miliki.

Dari pengalaman Kang Anwar Natari yang awalnya seorang editor, lalu ditantang untuk menjadi penulis. Kang Anwar tidak menolak, malah belajar mengenai teknik wawancara.

Skill Set Up untuk Blogger

Oleh sebab itu Skill set up sangat penting blogger miliki. Blogger Indonesia jangan puas dengan mempelajari ilmu kepenulisan saja, melainkan harus mempelajari banyak ilmu untuk lebih mempermudah aktivitas blogging.

Penutup

Bagaimanapun teknologi bekembang, blogger harus mampu bertahan dengan terus asah kemampuan dan memiliki skil set. Tidak terbatas pada satu keterampilan, blogger juga harus bisa bikin desain gambar maupun infografis, menguasai teknik SEO, dan sebagainya.

Cara terbaik untuk meningkatkan skill yaitu dengan gabung komunitas blogger. Karena, komunitas tidak sekedar wadah untuk memperluas relasi, tetapi bisa belajar banyak hal untuk menjadi blogger profesional berkualitas.

Teman-teman yang mau tahu kegiatan Bloggercrony kepoin aja akun media sosial instagram dan twitter @bloggercrony.

Satu pemikiran pada “Menjadi Blogger Profesional Berkualitas di Tengah Gempuran Teknologi AI”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.