Tips

Menjalankan Puasa Ramadan di Tengah Pandemi Covid19

menjalankan puasa ramadan di tengah covid19

Dalam menjalankan puasa ramadan di tahun 2020 ini tentunya akan sangat berbeda. Kemeriahan saat bulan suci yang penuh ampunan akan terasa sepi. Penyebabnya bukan karena ramadan tidak lagi penuh makna, melainkan virus corona yang mengharuskan untuk #dirumahsaja.

Penyebaran virus corona yang sangat cepat telah menyebabkan kematian ratusan jiwa di Indonesia. Sedangkan secara global angka kematian telah mencapai ratusan juta jiwa. Data di Indonesia saja per tanggal 21 April 2020 dapat di cek pada gambar di bawah ini.

data covid19 21 april
Sumber gambar: Twitter @KemenkesRI

Banyak fasilitas umum yang di tutup. Pun, dengan beberapa perusahaan yang harus tutup sementara mengakibatkan banyak orang kehilangan penghasilan. Dampak yang sangat besar bagi perekonomian dan mengancam kesejahteraan masyarakat. Tak luput tempat-tempat ibadah, sampai virus yang bermula dari Wuhan ini mereda, ikutan ditutup.

Sebagai muslim tentunya sangat sedih, terlebih beberapa hari lagi sudah masuk bulan ramadan. Bulan suci yang hanya datang satu tahun sekali. Satu bulan yang selalu meriah dengan bunyi obrog pada dini hari untuk membangunkan sahur. Lalu malamnya berbondong-bondong ke masjid untuk tarawih.

Kesulitan selama pandemi covid19 memang tidak dapat dihindari. Walau begitu mari kita ambil positifnya saja. Tetap melakukan puasa ramadan dan ibadah wajib serta sunah lainnya di rumah. Tetap khusyuk dalam menjalankan ibadah di bulan ramadan bersama keluarga.

Agar tetap asyik menjalankan ibadah selama ramadan, aku mau berbagi tips menikmati puasa selama di rumah saja.

Baca Juga : Atasi Bau Mulut Saat Puasa dengan Hal Sederhana Ini!

Tetap Asyik Menjalankan Puasa Ramadan Walau #dirumahsaja

membaca al-quran saat menjalankan puasa ramadan

1. Melakukan Aktivitas Seperti Biasanya

Walau sedang berpuasa bukan berarti kegiatan dibatasi. Kita harus tetap beraktivitas seperti biasanya. Entah itu mengerjakan pekerjaan rumah, maupun aktivitas hobi. Agar lebih menyenangkan lakukan bersama-sama dengan anggota keluarga. Selain menyenangkan, aktivitas akan terasa lebih ringan. Membantu sesama keluarga akan mendatangkan banyak pahala.

2. Banyak Berdzikir dan Mengaji Bersama

Berapa kali khatam Al-quran selama satu tahun? Jika hanya khatam di bulan ramadan saja, yuk ajak keluarga lain untuk mengaji bersama. Memanfaatkan waktu luang dengan mengaji mendatangkan pahala yang sangat besar. Selain itu waktu lebih bermanfaat bukan? Tak luput untuk meriahkan rumah dengan suara dzikir.

3. Menyiapkan Menu Buka Puasa dan Sahur

Covid19 membuat beberapa restoran dan tempat makan ditutup. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, sesekali kita memilih buka puasa di luar. Kali ini kita bisa memanfaatkan waktu denga full menyiapka menu buka puasa dan sahur sendiri.

4. Shalat Tarawih Berjamaah bersama keluarga

Walau tidak dapat mengerjakan shalat berjamah di masjid/musola, kita bisa melakukannya di rumah bersama keluarga. Shalat tarawih masih bisa dilakukan di rumah dengan keluarga.

5. Ngabuburit di rumah denga kegiatan yag bermanfaat

Jika biasanya ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa dilakukan di luar rumah, selama #dirumahsaja bisa menonton acara yang bermanfaat seperti menonton acara ceramah. Atau menulis untuk buku/blog dan lainnya. Berselancar di dunia maya pun tidak masalah, sambil mengamati perkembagan Covid19. Namun, harus bijak dalam memilih berita ya teman-teman. Janga sampai termakan hoax. Terutama berita tentang corona virus. Ada fakta-fakta tentang corona virus yang harus dipahami agar tidak salah kaprah, salah satunya tentang penyebaran virus mematikan ini. Fakta lengkapnya bisa cek di postingan Mba Tri tentang Mitos dan Fakta Virus Corona.

Ramadan tahun ini memang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, kita masih bisa menjalani ibadah di bulan suci ramadan dengan penuh hikmat dan penuh berkah. Sekalipun harus menjalankannya di rumah, kita harus melakukan hal-hal yang mendatangkan manfaat. Hindari hal-hal yang mendekatkan pada mudarat. Semoga saja cobaan dari virus ini segera berlalu sebelum ramadan benar-benar berakhir.

Baca Juga : Gosok Gigi Saat Puasa, Bagaimana Hukumnya?

Tetap jaga kesehatan agar terhindar dari Covid19 dan mari ramaikan bulan suci ramadan walau #dirumahsaja.

Tentang Penulis

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

(2) Komentar

  1. Melihat angkat positif corona yang terus menanjak memang semakin membuat khawatir, betul jangan sampai kita panik berlebihan. Semoga Ibadah puasa kita semua dilancarkan, aamiin, dan semoga corona ini segera berlalu aamiin.

  2. Emang bener sekali, Ramadhan kali ini sungguh sangat luar biasa

    Apalagi saya harus menghadapi beberapa ujian langsung dari Allah tidak hanya wabah ini

    Tapi yang pasti, semoga Ramadhan kali ini bisa menciptakan sosok kuat dalam diri kita semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.