Mengenal Berbagai Perbedaan Cloud dan VPS

perbedaan cloud hosting dan vps

Semenjak beralih ke personal hosting untuk blog Tomojikan, istilah cloud dan VPS bukan sesuatu yang asing lagi. Akan tetapi, masih saja tertukar dengan perbedaan dari keduanya. Ada yang mengalami hal sama?

Cloud dan VPS

Btw, di era ketika aktivitas kerja harus jarak jauh dan kolaborasi tanpa tatap muka lebih sering kita lakukan, cloud computing membuat semua pekerjaan serba praktis dan tidak perlu menggunakan infrastruktur yang besar. Ya. tanpa kita sadari, aktivitas keseharian saat ini dalam bertukar informasi dan data menggunakan cloud computing, lho.

Di mana Cloud Computing cukup memanfaatkan jaringan internet dalam mengakses setiap data maupun informasi. Hal tersebut karena Cloud Computing memiliki server yang terpusat. Sehingga Cloud computing dapat meminimalisasi biaya operasional yang perlu perusahaan keluarkan.

Cloud Computing adalah proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet. Cloud berfungsi menjalankan beberapa program melalui komputer yang saling terkoneksi satu sama lain pada waktu yang bersamaan.

Teknologi Cloud Computing menggunakan internet sebagai pusat server yang berperan untuk mengelola data dan aplikasi. Sehingga dapat memudahkan kita saat menjalankan suatu program tanpa harus instal aplikasinya terlebih dahulu. Serta, memudahkan akses data dan informasi melalui internet.

Salah satu rekomendasi perusahaan cloud service yaitu neuCentrIX. neuCentrIX adalah data center dengan ekosistem carrier-neutral yang memberikan solusi serba ada untuk berbagai layanan. Seperti layanan cloud, kolokasi dan internet exchange.

Selain Cloud ada juga VPS yang mungkin tidak asing lagi kamu dengar.

perbedaan cloud hosting dan vps server

Lalu, apa itu VPS?

VPS seringkali menjadi istilah yang tertukar dengan cloud, khususnya untuk pemain digital. Adapun pengertian Virtual Private Server (VPS) adalah sebuah server pribadi yang seluruh penggunaan sumber dayanya oleh satu user saja. Pengguna VPS dapat mengendalikan secara penuh semua konfigurasi-konfigurasi dari sumber daya yang ada pada Virtual Private Server ini.

Teknologi yang digunakan VPS berupa virtualisasi hardware server fisik yang terbagi menjadi beberapa sumber daya berbeda. Disebut “virtual” karena dalam pembagiannya menggunakan software sehingga dalam satu server fisik bisa saja terdapat beberapa VPS yang tengah dijalankan.

Fungsi VPS:

  1. Server Website (Web Hosting)
  2. Sebagai File Hosting
  3. Layanan VPN
  4. Backup Server Utama

Catat 5 Perbedaan Cloud dan VPS Ini!

Berikut ini perbedaan cloud hosting & virtual private server yang perlu kita cermati.

1. Harga

Harga untuk Cloud tentunya lebih terjangkau jika kita bandingkan dengan VPS. Di mana harga layanan Cloud bisa kita sesuaikan sesuai kebutuhan, sedangkan VPS biasanya cenderung harus berlangganan dengan paket tertentu.

2. Performa

Berbicara mengenai performa, VPS cenderung lebih unggul dari Cloud. Di mana pengguna VPS dapat bebas melakukan kustomisasi server virtual. Akan tetapi, ada catatan khusus, karena sifatnya yang unmanaged. VPS mengharuskan pengguna untuk melakukan konfigurasi sendiri. So, kalau kamu tidak mau repot setting server, lebih baik memilih Cloud.

3. Kapasitas

Dari segi kapasitas, keduanya memiliki kapasitas yang hampir sama. Perbedaannya dari spesifikasi penggunaan hardware saja. Misalnya layanan VPS Indonesia untuk VPS teknologi penyimpanannya sudah menggunakan RAID SSD. Di mana RAID SSD memiliki kelebihan 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan SSD biasa. Jadi, walaupun kapasitas sama kita tetap perlu memperhatikan spesifikasi hardware yang akan digunakan karena akan berpengaruh terhadap kecepatan akses website.

4. Kustomisasi

Kustomisasi VPS lebih bebas. Di mana kita bisa memulainya dari install sistem operasi, panel hosting dan aplikasi yang terinstall. Selain itu, untuk tidak membebani server virtual cukup dengan instalasi aplikasi yang penting saja. Berbeda dengan Cloud, kustomisasai server tidak dapat kita lakukan secara bebas karena semuanya sudah tersedia dan tinggal kita gunakan.

Keamanan

Dari segi keamanan, VPS memiliki keunggulan dari Cloud. VPS memiliki satu virtual server untuk satu akunnya. Walau begitu kembali kepada kemampuan pengguna dalam melakukan konfigurasi keamanan server yang dimiliki. Sedangkan kemanan Cloud sudah diatur oleh provider hosting. Akan tetapi dalam satu server cloud saling terhubung antara satu server dengan server lainnya, maka tingkat kerentanan terhadap keamanan server lebih tinggi.

demikianlah perbedaan cloud dan VPS. Pastinya gak bakalan tertukar lagi, dong.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.